Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Cara Coach Armala Belajar Mandiri Melalui Buku

10 Cara Coach Armala Belajar Mandiri Melalui Buku

Membaca buku merupakan salah satu aktifitas yang memiliki beragam manfaat yang sangat berguna untuk pribadi, keluarga, maupun masyarakat secara luas. Namun minat baca masyarakat di Indonesia masih sangat rendah.

UNESCO menyebutkan Indonesia berada di urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca! 

Data lain, Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 menyebutkan tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia secara keseluruhan berada di angka 59,52 dengan durasi membaca 4-5 jam per minggu dan 4-5 buku per triwulan.

Miris kan? Nah, pada tulisan kali ini admin sajikan alasan mengapa harus membaca buku dan cara belajar mandiri melalui buku

Alasan Mengapa Harus Membaca Buku

Ada banyak alasan mengapa seseorang harus membaca buku, diantaranya:

  1. Menambah Pengetahuan: Membaca buku dapat menambah wawasan dan pengetahuan seseorang tentang berbagai bidang, seperti sejarah, ilmu pengetahuan, sosial, ekonomi, dan lainnya.
  2. Meningkatkan keterampilan bahasa: Membaca buku dapat membantu dalam meningkatkan ketrampilan bahasa, seperti kemampuan memahami kosakata baru dan tata bahasa yang lebih baik.
  3. Meningkatkan daya ingat: Membaca buku dapat meningkatkan daya ingat seseorang, karena membaca memerlukan pengalaman dan ingatan untuk mengingat informasi yang dibaca.
  4. Memperluas perspektif: Membaca buku dari berbagai genre dapat membantu seseorang untuk memperluas perspektifnya dan memahami pandangan orang lain.
  5. Menghilangkan stres: Membaca buku dapat menjadi sarana relaksasi yang efektif dan dapat membantu untuk mengurangi stres dan ketegangan.
  6. Meningkatkan kapasitas kognitif: Membaca buku dapat meningkatkan kapasitas kognitif seseorang, seperti kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif.
  7. Menjadi sumber inspirasi: Membaca buku dapat menjadi sumber inspirasi dan memberikan ide-ide baru bagi seseorang.

10 Cara Belajar Mandiri Melalui Buku

Nah, berikut ini adalah cara belajar mandiri melalui buku yang disampaikan oleh coach armala pada salah satu postingan di akun Instagramnya. 

  1. Untuk dapat belajar diperlukan buku yang berkualitas, yang biasanya ditulis oleh orang yang ahli di bidang tersebut. Pilihlah buku berkualitas
  2. Sediakan waktu khusus untuk belajar (niatkan untuk belajar, bukan sekedar membaca). Jangan disambi (sambilan)
  3. Ambil posisi duduk, buku dipegang tangan (tidak diletakkan di meja) dengan sudut sekitar 45 derajat dari mata (sejajar dengan mata lebih bagus), hal ini untuk menngkondisikan pikiran dalam menyerap informasi, dan agar tidak mengantuk
  4. Fokus dan konsentrasi. Pusatkan pikiran kepada bahan bacaan. Jangan sampai ada terlintas hal lain dalam pikiran (kondisi ALpha)
  5. Baca seluruh bab sampai selesai dengan kecepatan membaca normal (setiap oranhg berbeda kecepatan membacanya). Terus baca, jangan berhenti
  6. Setelah bab tersebut dibaca, ulangi kembali dari awal dengan tempo yang lebih lambat. Beri tanda (warna atau garis bawah) pada kalimat-kalimat penting. Pada bagian-bagian yang tidak jelas, baca berkali-kali sampai isinya dipahami
  7. Tulis istilah-istilah penting dalam sticky note dan tempatkan diatas pembahasan materi tersebut
  8. Setelah selesai membaca yang kedua, periksa catatan penting yang ditulis dalam sticky note atau kalimat yang diberi warna
  9. Jika telah menangkap isinya. Berhentilah sejenak. Minum seteguk kopi, berdiri dan menggeliatlah sebanyak 3 kali
  10. Sekarang kita siap untuk meneruskan. Ulangi lagi dari tahap ke 3 dan masuklah ke bab berikutnya, dan seterusnya hingga buku dilahap sempurna

Dengan cara diatas, setiap bulan coach armala rata-rata mengonsumsi 8 - 12 buku, bagaimana dengan kamu? 


Posting Komentar untuk "10 Cara Coach Armala Belajar Mandiri Melalui Buku"