Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot, Wajib Coba!

6 Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot, Wajib Coba!

Hal yang paling tidak menyenangkan ketika menggunakan WiFi dari Indihome adalah lemot sehingga tidak bisa digunakan. Namun, ini bisa disiasati dengan melakukan cara mengatasi WiFi Indihome lemot dalam artikel ini.

Cara mengatasi WiFi Indihome lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah sesuai dengan masalahnya. Anda bisa mengatasinya sendiri atau meminta pihak customer service untuk datang ke rumah dan menanganinya.

Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot

1. Letakkan Router di Dekat Anda Berada

Wi-fi yang digunakan bisa saja lemot jika Anda berada di area yang tidak tercover oleh jaringan. Biasanya jika menggunakan wi-fi dibutuhkan jarak maksimal sekitar 10 meter atau bisa lebih.

Jika sinyal yang ada pada gadget tidak kuat dan sering hilang serta muncul kembali, internet indihome akan menjadi lemot. Jadi pastikan untuk meletakkan router di tempat yang paling sering digunakan untuk bekerja.

Biasanya jika dekat dengan router ke internet yang digunakan akan membaik dengan sendirinya. Jadi tidak akan ada penurunan kecepatan yang membuat internet jadi sangat lemot.

2. Restart Router

Menurut situs EzTekno masalah jaringan bisa saja muncul karena adanya abnormalitas pada router. Ini bisa diatasi dengan mematikan sementara selama beberapa saat agar alat ini kembali dingin dan bekerja secara normal.

Itulah kenapa beberapa orang menyarankan untuk mematikan router pada jaringan internet Wi-Fi paling tidak selama 1 jam dalam 1 hari. Apalagi alat ini akan digunakan selama 24 jam nonstop.

Restart bisa dilakukan secara rutin untuk menghindari gangguan atau tidak bisa digunakannya internet. Misal dimatikan pada malam hari ketika Anda sedang tidak memanfaatkannya.

3. Gunakan Paket dengan FUP Besar

Terkadang internet indihome jadi lemot apabila sudah melebihi batas penggunaan normal. Biasanya, setiap paket internet dengan bandwidth tertentu akan memiliki FUP yang cukup besar atau yang terbatas.

Apabila sudah melebihi batas penggunaan normal atau FUP, kemungkinan besar internet yang digunakan akan mengalami penurunan kecepatan hingga beberapa persen.

Apabila Anda sering menggunakannya, lebih baik memilih paket yang lebih besar. Jadi saat ada penurunan kecepatan, Anda tidak perlu khawatir karena masih dalam batas normal.

4. Ganti Password secara Berkala

Usahakan untuk tidak memberikan password kepada orang lain karena semakin banyak orang menggunakan internet akan menjadi lebih lemot. Selain itu, Anda juga bisa mengganti password secara berkala.

5. Pakai Penguat Sinyal

Apabila ada banyak sekali tempat di rumah yang harus mendapatkan sinyal wifi tetapi router hanya satu, Anda bisa menggunakan penguat sinyal yang saat ini bisa ditemukan di banyak tempat.

Penguat sinyal ini akan menyebarkan sinyal dari wi-fi ke berbagai tempat yang ada di rumah. Jadi meskipun sedikit jauh dari posisi router, Anda tidak perlu khawatir internet akan mengalami penurunan kecepatan.

6. Restart Laptop atau Komputer

Cara mengatasi WiFi indihome lemot yang terakhir adalah dengan melakukan restart pada laptop atau komputer. Disadari atau tidak, biasanya masalah pada gadget yang menyebabkan internet tidak bisa berjalan dengan baik.

Biasanya setelah gadget digunakan selama berjam-jam dan panas terjadi masalah pada jaringan. Jadi meskipun tersambung dengan internet, tidak bisa digunakan sama sekali.

Biasanya setelah mematikan gadget selama beberapa saat dan menunggu dingin, internet bisa digunakan lagi karena perangkat yang dipakai kembali normal dan tidak ada gangguan sama sekali.

Ternyata cara mengatasi WiFi indihome lemot mudah untuk dilakukan. Hal yang paling penting Anda mengetahui apa penyebab dari gangguan sehingga bisa langsung memperbaiki tepat pada sasarannya.

 


Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot, Wajib Coba!"