Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Logo Piala Dunia FIFA World Cup Dari 1930 - 2022

Logo Piala Dunia FIFA World Cup Dari 1930 - 2022

Piala Dunia FIFA adalah salah satu kejuaraan olahraga yang paling ditunggu dan dirayakan di dunia. Turnamen ini ditonton oleh jutaan penggemar di seluruh dunia. Negara-negara menghabiskan bertahun-tahun dan miliaran dolar untuk mempersiapkan turnamen ini. Sejak saat asalnya, permainan telah banyak berkembang. Perubahan tidak hanya pada permainan, tetapi juga tercermin dalam desain logo Piala Dunia.

Untuk turnamen apa pun, apa pun olahraganya, desain logo itu penting. Adanya logo membantu negara peserta dan bahkan pihak berwenang untuk menciptakan identitas unik untuk turnamen. Jika Anda melihat logo Piala Dunia tertentu, Anda dapat langsung mengaitkannya dengan acara dan sorotan dari kejuaraan tersebut. Selain itu, logo juga menyampaikan unsur-unsur negara tuan rumah.

Mari kita lihat desain logo Piala Dunia FIFA (1930 – 2018) dan bagaimana logo ini berkembang selama bertahun-tahun.

Desain Logo Piala Dunia FIFA 1930 – 2018

01. Uruguay (1930)

Piala Dunia FIFA pertama berlangsung di Uruguay dari 13 hingga 30 Juli 1930. Badan pengatur memilih Uruguay sebagai negara tuan rumah karena negara tersebut menyelesaikan 100 tahun konstitusi pertamanya dan juga karena tim sepak bola nasional negara tersebut memenangkan gelar di Olimpiade Musim Panas 1928.

Meskipun selama turnamen, badan pengatur tidak memiliki logo resmi piala dunia, poster Art-Deco yang menakjubkan mengungkapkan tampilan dan nuansa uniknya. Desainnya memiliki gambar kiper yang menangkap bola di ketinggian bingkai gawang. Dia mengenakan warna nasional Uruguay. Berbicara tentang tipografi, nah, tipe di sini lebih ke sisi dekoratif dari Deco.

02. Italia (1934)

Piala Dunia FIFA kedua berlangsung di Italia dari 27 Mei hingga 10 Juni. Sama seperti turnamen pertama, kali ini juga pihak penyelenggara memasang poster sebagai pengganti logo. Poster tersebut menampilkan seorang pemain sepak bola yang mengenakan jersey dengan bendera Italia di atasnya. Bahkan warna kaos kaki (putih dan hijau) senada dengan warna bendera negara.

03. Prancis (1938)

Pementasan ketiga kejuaraan Piala Dunia FIFA diadakan di Prancis dari 4 hingga 19 Juni. Poster tahun 1938 menampilkan sosok pemenang dengan dunia di atas kakinya. Dunia hanya tahu sedikit tentang konflik menyedihkan yang akan melanda Prancis di tahun-tahun mendatang, tetapi pada tahun 1938, gagasan tentang kesuksesan dan dominasi dunia terbatas pada permainan yang indah. Warna yang digunakan dalam desain berasal dari bendera Prancis dengan sedikit variasi warna.

04. Brasil (1950)

Piala Dunia FIFA 1950 diadakan di Brasil dari 24 Juni hingga 16 Juli. Itu adalah tahun terakhir ketika poster mewakili turnamen. Anda pasti telah memperhatikan jeda dua belas tahun di turnamen keempat. Sekadar informasi, turnamen 1942 dan 1946 yang dimaksud dibatalkan karena Perang Dunia II.

Berbicara tentang desain, desain poster turnamen 1950 menampilkan kaki seorang pemain yang memegang bola. Kaus kaki pemain dirancang dengan menggabungkan bendera negara peserta.

05. Swiss (1954)

Turnamen ini berlangsung di Swiss dari 16 Juni hingga 4 Juli. Tahun ini adalah untuk pertama kali logo resmi Piala Dunia FIFA. Swiss, negara tuan rumah memutuskan untuk mempromosikan identitas nasionalnya sendiri melalui desain logo FIFA. Palang putih di atas merah yang melambangkan bendera Swiss ditempatkan di atas bola merah.

Bola dunia dibuat di latar belakang untuk mengomunikasikan bahwa itu adalah turnamen di seluruh dunia. Teks di seluruh dunia 'Kejuaraan Sepak Bola Dunia' telah diterjemahkan dalam bahasa Italia, Prancis, dan Jerman (bahasa yang paling banyak digunakan di Swiss). Desain ini merupakan inspirasi logo bagi mereka yang ingin menciptakan sesuatu yang retro atau klasik.

06. Swedia (1958)

Piala Dunia FIFA keenam diadakan di Swedia dari 8 hingga 29 Juni. Logo tersebut menampilkan VM yang merupakan singkatan dari Varldsmasterskapet. Itu berarti 'Kejuaraan Dunia' dalam bahasa Swedia.

Gambar dianggap sebagai logo, tetapi hari ini kita hampir tidak menganggapnya sebagai merek dagang. Desain logo sepak bola sederhana ini dibalut oleh bola dan pemain sepak bola.

07. Chili (1962)

Chili menjadi tuan rumah turnamen yang berlangsung dari 30 Mei hingga 17 Juni. Logonya berbentuk setengah bola dan setengah bola. Bayangan sebuah stadion dibuat di antara globe dan bola. Di tengah stadion, bendera Chili telah menunjukkan bagaimana turnamen akan berlangsung di halaman mereka.

08. Inggris (1966)

Turnamen berlangsung di Inggris dari 11 hingga 30 Juli. Logo FIFA dirancang sedemikian rupa sehingga siapa pun dapat menebak siapa yang menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 1966. Untuk membuat logo, desainer telah menggunakan bendera negara di latar belakang.

Di tengah bendera, ada lingkaran di dalamnya, bola dunia dan sepak bola ditampilkan sebagai satu, satu bentuk. Gambar piala Jules Rimet telah digabungkan dengan mulus di tengah. Fakta yang menarik adalah bahwa trofi yang sama diperkenalkan di turnamen Piala Dunia 1974.

09. Meksiko (1970)

Turnamen sepak bola internasional empat tahunan kesembilan ini berlangsung dari 31 Mei hingga 21 Juni di Meksiko. Itu adalah Piala Dunia terkemuka yang diadakan di luar Eropa dan Amerika Selatan. Logo Piala Dunia tahun ini menjadi contoh sempurna bagaimana menggunakan ruang negatif dalam logo olahraga.

Logo tersebut menampilkan sepak bola dengan segmen pentagonal dan heksagonal tidak beraturan. Nama negara dan tahun ditempatkan tepat di bawahnya. Penggunaan font dan desain keseluruhan sangat luar biasa.

10. Jerman (1974)

Turnamen 1974 diselenggarakan oleh Jerman Barat dari 13 Juni hingga 7 Juli. Itu adalah turnamen pertama di mana trofi Piala Dunia FIFA saat ini diberikan. Trofi sebelumnya, Jules Rimet Trophy diberikan kepada Brasil secara permanen pada turnamen 1970 saat negara tersebut memenangkan kejuaraan untuk ketiga kalinya.

Berbicara tentang logo, tahun 1970 dan 1974 adalah tahun ketika para desainer memilih untuk memiliki logo Piala Dunia FIFA yang sederhana daripada menyertakan identitas negara tuan rumah. Dan sejak itu, era kesederhanaan berlanjut selama 20 tahun berikutnya. Logo Piala Dunia 1974 dirancang dalam satu warna-hijau.

11. Argentina (1978)

Pementasan kesebelas dari kejuaraan Piala Dunia FIFA berlangsung di Argentina antara 1 dan 25 Juni. Sama seperti tahun 1970, logo tahun ini juga menjadi contoh sempurna bagaimana menggunakan ruang negatif dalam logo tim olahraga. Logo Piala Dunia kali ini adalah yang terbaik di antara semua ide logo olahraga yang berhubungan dengan sepak bola, terutama untuk tim Argentina

Logo tersebut menampilkan bola bergaya Telstar. Bola dipasang di dalam warna negara tuan rumah yang mungkin melambangkan tangan yang ditangkupkan, gawang atau kaos Piala Dunia. Nama negara beserta tahun ditulis tepat di bawah gambar.

12. Spanyol (1982)

Kejuaraan Piala Dunia FIFA 1982 berlangsung di Spanyol antara 13 Juni dan 11 Juli. Negara ini juga memilih untuk mempromosikan identitas nasionalnya sendiri melalui logo Piala Dunia. Bendera Spanyol ditempatkan terutama di tengah logo dengan sepak bola.

Tahukah Anda bahwa ini adalah tahun pertama 24 tim berpartisipasi dalam kejuaraan? Turnamen ini juga merupakan turnamen pertama di mana lebih dari dua juta penonton berkumpul untuk menonton kejuaraan.

13. Meksiko (1986)

Sekali lagi, pada tahun 1986, Meksiko menjadi tuan rumah kejuaraan Piala Dunia FIFA. Turnamen ini berlangsung dari 31 Mei hingga 29 Juni. Ini adalah turnamen kedua yang menampilkan format 24 tim. Mirip dengan logo 1970, logo Piala Dunia FIFA 1974 didesain dengan sentuhan kesederhanaan.

Logo tersebut menampilkan sepak bola, yang diposisikan di antara dua bagian dunia, menciptakan hubungan dengan slogan tahun ini – The World United by Ball. Warna bendera negara – merah, putih dan hijau terutama digunakan oleh desainer.

14. Italia (1990)

Kejuaraan 1990 berlangsung dari 8 Juni hingga 8 Juli di Italia. Setelah 1934, Italia menjadi tuan rumah turnamen Piala Dunia FIFA untuk kedua kalinya. Dunia tidak hanya melihat perubahan besar dalam acara tersebut, tetapi transformasi dalam desain logo juga luar biasa. Kali ini logo Piala Dunia menampilkan bola yang didesain menggunakan efek 3D. Warna bendera negara – merah, hitam dan hijau telah digunakan untuk mengisi segmen bola.

15. Amerika Serikat (1994)

Logo Piala Dunia FIFA World Cup 1994 di USA.jpg



Kejuaraan ini diadakan di sembilan kota di seluruh Amerika Serikat dari 17 Juni hingga 17 Juli. Meskipun kurang dalam tradisi sepak bola selama waktu itu, turnamen ini adalah yang paling sukses (dalam hal keuangan) dalam sejarah Piala Dunia FIFA. Sama seperti logo-logo lainnya, logo Piala Dunia 1994 juga secara jelas menggambarkan di mana turnamen akan berlangsung.

Logo yang berani dan grafis menampilkan sepak bola biru yang ditendang ke atas secara diagonal. Di latar belakang, garis-garis putih dan merah dibuat dalam bentuk gelombang untuk membangkitkan perasaan gerakan dan energi untuk olahraga.

16. Prancis (1998)

Logo Piala Dunia FIFA World Cup 1998 di Perancis

Turnamen 1998 berlangsung di Prancis dari 10 Juni hingga 12 Juli. Mirip dengan Italia dan Meksiko, negara itu terpilih sebagai negara tuan rumah untuk kedua kalinya. Desain logo tahun 1998 menampilkan sepak bola yang menjulang di atas bumi. Warna yang digunakan dalam logo berasal dari bendera negara. Secara keseluruhan, desainnya sederhana namun kreatif. Kami yakin itu terlihat bagus di kaus tim.

17. Korea/Jepang (2002)

Logo Piala Dunia FIFA World Cup 2002 di Korea Jepang.jpg
Turnamen dunia empat tahunan FIFA ke-17 berlangsung di lokasi di Jepang dan Korea Selatan dari 31 Mei hingga 20 Juni. Logo kali ini dibuat dengan sentuhan modernitas saat kita memasuki milenium baru. Alih-alih bola dan identitas negara tuan rumah, logo Piala Dunia diberi bentuk piala.

Untuk memenuhi ekspektasi kualitas desain (yang terkenal dengan Jepang dan Korea), logo ini dibuat sesuai dengan tradisi dan prinsip artistik kedua negara seperti harmoni, asimetri, dan dinamisme. Pada tahun 2000, angka nol diberi bentuk infinity untuk mewakili kesatuan antara co-organizer dan pihak lain yang terlibat. Ini dianggap sebagai salah satu logo Piala Dunia yang dirancang paling strategis.

18. Jerman (2006)

Logo Piala Dunia FIFA World Cup 2006 di Jerman.jpg
Tahun ini turnamen berlangsung di Jerman dari 9 Juni hingga 9 Juli. Whitestone, agensi Inggris yang menciptakan logo ceria dan penuh warna. Logo ini disebut 'Merayakan Wajah Sepak Bola'. Ide dasar dibalik penggunaan wajah tersenyum adalah untuk menyampaikan bahwa negara tuan rumah ramah dan ingin merayakan pesta dengan seluruh dunia

Dari tiga smiley, dua di antaranya dibuat dalam bentuk '0' dan '6' yang mewakili tahun '2006'. Gambar trofi 2002 (diletakkan di bawah smiley '0' dan '6') berlanjut ke bagian logo Piala Dunia tahun ini dengan perbedaan warna. Warna yang digunakan dalam keseluruhan desain berasal dari identitas nasional negara tersebut.

19. Afrika Selatan (2010)

Logo Piala Dunia FIFA World Cup 2010 di Afrika Selatan.jpg


Afrika Selatan menjadi tuan rumah turnamen Piala Dunia FIFA 2010. Kejuaraan berlangsung dari 11 Juni hingga 11 Juli. Gaby De Abreu – pendiri Switch Design, menciptakan logo Piala Dunia 2010. Logo tersebut menampilkan gambar seorang pemain yang sedang melakukan tendangan sepeda di atas sepak bola.

Warna yang digunakan dalam logo berasal dari bendera negara. Kali ini juga trofi 2002 terus menjadi bagian dari logo. Sesuai dengan perancangnya, logo tersebut dibuat untuk menyebarkan pesan persatuan, keunggulan, perdamaian, dan kemajuan Afrika sebagai sebuah benua.

20. Brasil (2014)

Logo Piala Dunia FIFA World Cup 2014 di Brazil.jpg
Turnamen Piala Dunia 2014 berlangsung dari 12 Juli hingga 13 Juli di Brasil. Untuk kejuaraan tahun ini, otoritas menerima 125 desain dari 25 instansi berbeda. Diantaranya, mereka memilih desain logo sepak bola ini.

Logo tersebut menampilkan tangan yang memegang trofi kemenangan yang membangkitkan sambutan hangat di pantai Brasil. Warna hijau dan kuning yang digunakan pada logo tersebut berasal dari bendera negara. Warna-warna ini juga mewakili daerah tropis dan pantai keemasan Brasil.

21. Rusia (2018)

Logo Piala Dunia FIFA World Cup 2018 di Russia.jpg

Kejuaraan 2018 diselenggarakan di Rusia dari 14 Juni hingga 15 Juli. Sama seperti tahun 2002, tahun ini logo juga dibangun sesuai dengan tuan rumah, tradisi artistik Rusia yang kaya dan sejarah inovasi dan pencapaiannya yang berani.

Logo tersebut menampilkan gambar cangkir yang didesain dengan warna-warna berani seperti biru, merah, hitam dan emas. Bagian atas cangkir telah dirancang dalam bentuk 'bola ajaib' yang tampaknya memberi penghormatan kepada Katedral Lapangan Merah, telur Fabergé, dan Sputnik

22. Qatar (2022)

Logo Piala Dunia FIFA World Cup 2022 di Qatar.png



Posting Komentar untuk "Logo Piala Dunia FIFA World Cup Dari 1930 - 2022"