Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Cara Cepat Meningkatkan Jam Tayang di YouTube

9 Cara Cepat Meningkatkan Jam Tayang di YouTube

Bagaimana cara meningkatkan jam tayang di Yuoutube agar mencapai 4000 jam tayang? Ya, bagi Anda yang ingin memonetize channel Youtube dengan Google Adsense, salah satu persyaratannya adalah jam tayang mencapai 4000 di 12 bulan terakhir

4000 jam tayang disini berarti video-video yang ada di channel Anda telah ditonton sebanyak 4000 jam selama 12 bulan terakhir, dilihat dari akumulasi total jumlah jam tayang dari semua video. 

Nah, bagi Anda yang belum memiliki channel dengan jam tayang diatas, tentu harus meningkatkan atau menaikkan jam tayangnya. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya? Berikut ini beberapa cara terbaik untuk meningkatkan jam tayang YouTube Anda. 

Cara Meningkatkan Jam Tayang di YouTube 

Anda bisa mencoba cara berikut ini untuk meningkatkan jam tayang channel Youtube Anda

1. Buat Video Menarik 

Anda perlu membuat dan memposting video yang menarik untuk mendapatkan interaksi yang lebih baik di konten Youtube Anda. Video yang menarik seperti apa? Setidaknya video YouTube Anda harus mengandung salah satu dari 3 hal berikut: informatif, menghibur, atau menarik. Sebelum membuat video Youtube, Anda bisa bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut

Video yang Anda buat tentang apa?

Anda harus memiliki ide yang jelas dan spesifik untuk video Anda. Sebaiknya Anda membauat konten sesuai dengan kebiasan, minat atau bakat yang Anda miliki. Jangan paksakan untuk membuat tema yang tidak dikuasai di tahap awal

Video Anda ditujukan untuk siapa?

Menentukan target audience Anda sebelum membuat video YouTube adalah langkah selanjutnya. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, mengingat target audiens Anda saat merencanakan video YouTube sangatlah penting. Dengan begitu, Anda bisa membuat berbagai konten yang sesuai dengan usia, jenis kelamin, pekerjaan, lokasi, dan lainnya.

Apakah video Anda unik dan tidak ditemukan di channel lain?

Konten Video juga harus sesuatu yang unik atau berbeda dengan yang lain untuk penonton Anda. Anda bisa melihat video YouTube di channel pesaing dan melihat bagaimana konten mereka dapat meningkatkan subscriber, jam tayang, dll. Anda juga dapat mencari ide topik yang belum mereka bahas dan fokus pada topik tersebut untuk video Anda sendiri. 

Setelah Anda melakukan hal diatas, Anda dapat mulai memposting konten video Anda secara teratur. Channel Youtube yang memposting setidaknya 1 video per minggu mendapatkan hasil yang lebih baik.  Anda juga dapat menyematkan video di situs web Anda untuk mendapatkan lebih banyak orang melihat video menarik Anda

Dengan begitu, pengunjung situs web Anda dapat melihat video Anda dan meningkatkan jam tayang Anda. Karena mereka ada di situs Anda, orang-orang ini juga cenderung tertarik dengan konten Anda. 

2. Optimalkan Video untuk SEO

Untuk meningkatkan jam tayang Anda di YouTube, Anda bisa dengan cara menggunakan teknik SEO untuk video Anda. Dengan SEO yang lebih baik, video Anda akan mendapat peringkat lebih tinggi di hasil mesin pencari. Jadi, orang yang tertarik dapat dengan mudah menemukan video Anda kapan pun mereka mencari di YouTube. Cara untuk mengoptimalkan video YouTube Anda untuk SEO sangatlah mudah.  Anda dapat mengikuti panduan sederhana ini:

Langkah 1: Temukan Kata Kunci Utama

Anda harus memutuskan istilah pencarian atau kata kunci mana yang harus diperingkat oleh video Anda, dan itu akan menjadi kata kunci utama Anda. Jika video Anda adalah panduan Affiliate yang ditargetkan untuk pemula, kata kunci Anda bisa seperti “panduan bisnis affiliate untuk pemula.” Jadi, orang yang menelusuri istilah tersebut dapat menemukan video Anda dan menontonnya.

Langkah 2: Sertakan Kata Kunci Anda di Video

Langkah selanjutnya adalah mengucapkan kata kunci itu dengan lantang di video YouTube Anda. Dengan begitu, YouTube dapat mendeteksi kata kunci saat memproses video Anda. Dan karena YouTube dapat melihat bahwa konten Anda sesuai dengan kata kunci, hal itu akan membuat peringkat video Anda lebih tinggi.

Langkah 3: Tambahkan Kata Kunci di Judul Video

Saat mengunggah video YouTube, Anda juga dapat mencoba menambahkan kata kunci itu ke judul. Semisal seperti "Panduan bisnis affiliate untuk pemula anti gagal."

Langkah 4: Tambahkan Kata Kunci di Deskripsi dan Tag Video

Setelah itu, Anda juga dapat menambahkan berbagai versi kata kunci Anda ke deskripsi dan tag untuk video tersebut.

3. Sematkan Channel YouTube di Situs Web Anda

Anda punya website? Jika belum Anda dapat menghubungi untuk dibuatkan website. Jika sudah punya website, Anda dapat menyematkan channel YouTube dan semua video Anda di situs web Anda. Setelah Anda melakukannya, siapa pun yang mengunjungi situs Anda dapat melihat video YouTube Anda. Jadi, Anda dapat mengubah lalu lintas situs Anda menjadi penonton dan pelanggan. 

4. Buat Playlist Video Anda

Playlist YouTube dapat menjadi cara sederhana namun sangat efektif untuk meningkatkan Jam Tayang video Anda. Orang dapat melihat semua video Anda di tempat yang sama, saat mereka mengunjungi channel YouTube Anda. Jika mereka mencari jenis video tertentu, mungkin sulit menemukannya. Namun dengan playlist YouTube, orang dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari. Misalnya, Anda memiliki channel YouTube dengan tutorial tentang facebook marketing. Anda kemudian dapat membagi tutorial Anda ke dalam daftar putar YouTube yang berbeda.

5. Tambahkan Thumbnail yang Menarik dan Relevan

Pernahkah Anda melihat Thumbnail yang menarik kemudian tertarik untuk melihat konten videonya? Ya, gambar thumbnail dapat meningkatkan rasio klik hingga 40%. Dan ketika lebih banyak orang mengklik video Anda, Anda mendapatkan lebih banyak penayangan. Plus, YouTube akan memberi peringkat lebih tinggi pada hasil pencarian sehingga lebih banyak orang akan melihat video Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan thumbnail menarik yang sesuai dengan konten video YouTube Anda. 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda gunakan dari gambar thumbnail ini untuk video Anda:

  • Warna yang menonjol dan menarik perhatian orang
  • Ukuran font yang besar dan dapat dibaca dengan jelas
  • Teks yang memperjelas topik video
  • Logo terlihat sehingga orang tahu itu video Anda

Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat segera memiliki thumbnail YouTube yang akan memberi Anda lebih banyak jam tayang. 

Anda bisa menggunakan template seperti Levidio Youtuber untuk membuat gambar thumbanail yang menarik. 

6. Siaran Langsung

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan Jam Tayang di YouTube adalah dengan membuat siaran langsung atau live di Youtube

Tidak seperti video YouTube lainnya, siaran langsung memungkinkan interaksi waktu nyata dengan penonton dan lebih lama. Jadi, Anda bisa mendapatkan lebih banyak Jam Tayang dan membangun hubungan dengan penonton Anda secara bersamaan. Dan ketika Anda mengenal penonton dengan lebih baik, Anda juga dapat mengetahui jenis video yang mereka inginkan dari Anda. Plus, cukup mudah untuk membuat siaran langsung. Untuk memulai, Anda dapat mencoba ini:

  • Sesi tanya jawab
  • Pengumuman dan berita
  • Demonstrasi produk
  • Webinar dan video pelatihan
  • Video di balik layar
Cobalah untuk melakukan siaran langsung, dan Anda dapat membuat orang menonton konten Anda lebih lama. 

7. Gunakan YouTube Analytics untuk Melihat Progress Channel Anda

Anda akan lebih mudah mendapatkan lebih banyak Jam Tayang di YouTube dengan menggunakan YouTube Analytics.  Dengannya Anda dapat memeriksa banyak statistik YouTube yang berguna, termasuk jam tayang Anda.

Jadi, setiap kali Anda mencoba strategi baru untuk meningkatkan Jam Tayang, Anda dapat memeriksa seberapa efektifnya di sini. Katakanlah Anda mulai melakukan siaran langsung mingguan di channel YouTube Anda. Dengan YouTube Analytics, Anda dapat melihat dengan jelas seberapa banyak peningkatan Jam Tayang Anda menggunakan siaran langsung. 

Dan jika itu menunjukkan hasil yang baik, Anda dapat mulai fokus pada siaran langsung untuk pertumbuhan jangka panjang channel YouTube Anda. Anda juga mendapatkan banyak informasi lain tentang channel Anda di sini, termasuk data tentang penonton Anda. Kemudian, Anda dapat mengenal mereka lebih baik dan mulai membuat konten yang sesuai dengan audiens tersebut.

8. Tambahkan Cuplikan Menarik di Awal Video

Agar orang-orang tetap menonton video YouTube Anda, Anda dapat menambahkan video pendek yang membikin penasaran untuk konten utama Anda di awal video. Anda bisa saja menampilkan cuplikan konten menarik dari video 

Dengan begitu, Anda dapat memikat orang setelah mereka membuka video Anda dan membuat mereka terus menonton. Setelah Anda menambahkan video yang membikin penasaran orang akan langsung melihat video Anda. Selain itu, Anda juga menciptakan kesan pertama yang luar biasa dari konten video Anda. Selain itu, Anda dapat share konten tersebut ke situs media sosial lain dan menautkan video YouTube lengkap Anda.

9. Menjalin Interaksi dengan Komunitas

Dengan berinteraksi dengan komunitas YouTube, Anda dapat mulai membangun hubungan dengan mereka. Dan hubungan itu dapat membantu Anda mengubah mereka menjadi penonton khusus untuk channel YouTube Anda. Jadi mereka akan melihat lebih banyak konten video Anda dan Anda akan mendapatkan banyak Jam Tayang YouTube.

Untuk mendapatkan lebih banyak komentar, yang harus Anda lakukan adalah mengajukan pertanyaan di video YouTube Anda. Kemudian, Anda dapat menyukai, memasang pin, atau menanggapi komentar ini untuk berinteraksi dengan orang lain dan ikut serta dalam diskusi. Anda juga dapat menggunakan bagian komunitas di YouTube untuk memposting pembaruan channel, jajak pendapat, dan interaksi lainnya dengan komunitas YouTube Anda.

Itu saja beberapa panduan tentang cara meningkatkan Jam Tayang di YouTube. Seperti yang Anda lihat, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat orang menonton konten Anda. 

Posting Komentar untuk "9 Cara Cepat Meningkatkan Jam Tayang di YouTube "