Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Mesin Pencari Terbaik Di Dunia Update 2021

10 Mesin Pencari Terbaik Di Dunia Update 2021

Apa saja search engine yang terbaik dan terpopuler di dunia? Selain Google yang selama ini kita kenal, ternyata masih ada search engine lain dengan jutaan permintaan pencarian per hari.

Nah, di artikel berikut saya tuliskan 10 daftar search engine terpopuler dan terbaik selain Google. Daftar ini mencakup mesin pencari hebat yang layak dipertimbangkan 

Jadi, Google bukan satu-satunya mesin pencari yang tersedia di Internet saat ini. Ada beberapa mesin pencari alternatif yang ingin mengambil alih tahta Google namun belum ada yang berhasil.

10 Mesin Pencari Paling Populer Di Dunia

Daftar 10 mesin pencari terbaik di tahun 2021, diurutkan berdasarkan popularitas.

  1. Google
  2. Microsoft Bing
  3. Yahoo
  4. Baidu
  5. Yandex
  6. DuckDuckGo
  7. Ask.com
  8. Ecosia
  9. Aol.com
  10. Internet Archive

Kita jabarkan satu-satu ya,

1. Google

Google memegang posisi pertama dalam pencarian dengan perbedaan yang menakjubkan, 89,43% dari poisi kedua yang ditempati Bing.

Menurut statistik dari statista dan statcounter, Google mendominasi pasar di semua negara pada perangkat apa pun (desktop, seluler, dan tablet).

Mengapa Google menjadi mesin pencari paling populer?

Yang menjadikan Google sebagai mesin pencari paling populer dan terpercaya adalah kualitas hasil pencariannya. Google menggunakan algoritma canggih untuk menyajikan hasil yang paling akurat kepada pengguna.

Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin mengemukakan gagasan bahwa situs web yang dirujuk oleh situs web lain lebih penting daripada yang lain dan karenanya berhak mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Selama bertahun-tahun, algoritme peringkat Google telah diperkaya dengan ratusan faktor lain (termasuk bantuan machine learning) dan masih tetap menjadi cara paling andal untuk menemukan dengan tepat apa yang Anda cari di Internet.

2. Microsoft Bing

Pada Oktober 2020, Bing diubah namanya menjadi Microsoft Bing

Mesin pencari alternatif terbaik untuk Google adalah Microsoft Bing. Pangsa mesin pencari Bing adalah antara 2,83% dan 12,31%.

Bing adalah upaya Microsoft untuk menantang Google dalam pencarian, tetapi terlepas dari upaya mereka, mereka masih tidak berhasil meyakinkan pengguna bahwa mesin pencari mereka dapat diandalkan seperti Google.

Pangsa pasar mesin pencari mereka selalu rendah meskipun Bing adalah mesin pencari default pada PC Windows.

Bing berasal dari mesin pencari Microsoft sebelumnya (MSN Search, Windows Live Search, Live Search), dan menurut peringkat Alexa adalah situs web #30 yang paling banyak dikunjungi di Internet.

3. Yahoo

Yahoo adalah salah satu penyedia email paling populer dan mesin pencari webnya menempati posisi ketiga dalam pencarian dengan rata-rata 1% pangsa pasar.

Dari Oktober 2011 hingga Oktober 2015, pencarian Yahoo didukung secara eksklusif oleh Bing. Pada Oktober 2015 Yahoo setuju dengan Google untuk menyediakan layanan terkait pencarian dan hingga Oktober 2018, hasil Yahoo didukung oleh Google dan Bing.

Yahoo juga merupakan mesin pencari default untuk browser Firefox di Amerika Serikat (sejak 2014).

Portal web Yahoo sangat populer dan menempati peringkat ke-11 situs web yang paling banyak dikunjungi di Internet (Menurut Alexa).

4. Baidu

Baidu memiliki pangsa pasar global antara 0,68% dan 11,26%.

Baidu didirikan pada tahun 2000 dan merupakan mesin pencari paling populer di Cina. Pangsa pasarnya terus meningkat dan menurut Wikipedia, Baidu melayani miliaran permintaan pencarian per bulan. Saat ini peringkat di posisi 4, di Peringkat Alexa.

Meskipun Baidu dapat diakses di seluruh dunia, namun Baidu hanya tersedia dalam bahasa Cina.

5. Yandex.ru

Yandex, mesin pencari paling populer di Rusia memiliki pangsa pasar global antara 0,5% dan 1,16%.

Menurut Alexa, Yandex.ru adalah salah satu dari 30 situs web paling populer di Internet dengan posisi peringkat 4 dalam bahasa Rusia.

Yandex menampilkan dirinya sebagai perusahaan teknologi yang membangun produk dan layanan cerdas yang didukung oleh machine learning

Menurut Wikipedia, Yandex mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan sekitar 65% pangsa pasar di negara itu.

6. DuckDuckGo

Pangsa pasar mesin pencari DuckDuckGo adalah sekitar 0,45%.

Menurut statistik lalu lintas DuckDuckGo, mereka melayani rata-rata 47 juta pencarian per hari tetapi pangsa pasar mereka secara keseluruhan tetap di bawah 0,5%.

Tidak seperti yang diyakini kebanyakan orang, DuckDuckGo tidak memiliki indeks pencarian mereka sendiri (seperti Google dan Bing) tetapi mereka menghasilkan hasil pencarian mereka menggunakan berbagai sumber.

Dengan kata lain, mereka tidak memiliki data sendiri tetapi mereka bergantung pada sumber lain (seperti Yelp, Bing, Yahoo, StackOverflow) untuk memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna.

Ini adalah batasan besar dibandingkan dengan Google yang memiliki serangkaian algoritme untuk menentukan hasil terbaik dari semua situs web yang tersedia di Internet.

Sisi positifnya, DuckDuck Go memiliki antarmuka yang bersih, tidak melacak pengguna dan tidak penuh dengan iklan.

7. Ask.com

Sebelumnya dikenal sebagai Ask Jeeves, Ask.com menerima sekitar 0,42% dari pangsa pencarian. ASK didasarkan pada format tanya jawab di mana sebagian besar pertanyaan dijawab oleh pengguna lain atau dalam bentuk polling.

Ini juga memiliki fungsi pencarian umum tetapi hasilnya kurang berkualitas dibandingkan dengan Google atau bahkan Bing dan Yahoo.

8. Ecosia

Ecosia adalah bisnis sosial berbasis di Berlin yang didirikan oleh Christian Kroll pada tahun 2009. Alasan utama ecosia diciptakan adalah untuk membantu mendanai penanaman pohon dan proyek restorasi. Dengan demikian dikenal sebagai "mesin pencari penanaman pohon".

Bagaimana cara kerja ecosia? Ecosia adalah mitra Bing, artinya hasil pencariannya didukung oleh Bing. Ecosia menghasilkan uang untuk mendukung perencanaan pohon dengan menampilkan iklan di hasil pencarian mereka. Setiap kali iklan diklik, ecosia mendapat sedikit bagian. Diperkirakan dibutuhkan sekitar 45 pencarian untuk membiayai penanaman satu pohon.

Dalam hal pangsa pasar mesin pencari, pangsa Ecosia sekitar 0,10%.

9. AOL.com

AOL lama yang terkenal masih berada di 10 mesin pencari teratas dengan pangsa pasar mendekati 0,05%.

Jaringan AOL mencakup banyak situs web populer seperti engadget.com, techchrunch.com, dan huffingtonpost.com. Pada 23 Juni 2015, AOL diakuisisi oleh Verizon Communications.

10. Internet Archive

archive.org adalah mesin pencari arsip internet. Anda dapat menggunakannya untuk mengetahui bagaimana tampilan situs web sejak tahun 1996. Situs ini sangat berguna jika Anda ingin menelusuri sejarah domain dan memeriksa bagaimana perubahannya selama bertahun-tahun.


Posting Komentar untuk "10 Mesin Pencari Terbaik Di Dunia Update 2021"