Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatur dan Menggunakan Google Family Link, Aplikasi Kontrol Orang Tua Google


Google telah meluncurkan fitur manajemen aplikasi dan waktu pemakaian perangkat ke versi Chrome OS dari aplikasi pengawasan orang tua, Family Link, jadi sekarang Anda dapat mengelola dan memantau aktivitas anak Anda dari jarak jauh di laptop dan tablet yang menjalankan OS, serta di perangkat Android apa pun menjalankan Android 5.1 atau lebih tinggi.

Artikel ini akan menunjukkan cara menyiapkan Google Family Link untuk perangkat Android apa pun, serta cara menggunakan semua fitur pengawasan utama—termasuk fitur manajemen waktu dan aplikasi baru yang tersedia untuk pengguna Chrome OS.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu:

  • Beberapa jenis akun yang mungkin dimiliki anak Anda (seperti akun melalui sekolahnya) tidak dapat dikelola dengan Family Link
  • Kontrol orang tua hanya berlaku untuk Akun Google milik pengguna di bawah usia tertentu, dan Google mengizinkan anak-anak di atas usia tertentu untuk memilih keluar dari Kontrol Orang Tua (misalnya, anak-anak berusia 13 tahun atau lebih di AS dapat memilih keluar dari pengawasan Family Link ).

Menyiapkan Pengawasan Family Link di Chromebook dan perangkat lain

  1. Untuk menggunakan aplikasi kontrol orang tua Google, Anda perlu mendownload dan menginstal aplikasi Google Family Link untuk anak-anak & remaja di perangkat yang ingin Anda awasi, serta aplikasi Family Link di perangkat yang akan Anda gunakan.
  2. Di aplikasi Family Link, pilih Akun Google yang ingin Anda kaitkan sebagai akun "Orang Tua".
  3. Ketuk Tambah untuk menambahkan akun baru yang akan dikelola.
  4. Anda akan ditanya apakah anak Anda memiliki Akun Google. Jika ya, ketuk "Ya" dan masukkan kredensial akun. Jika mereka tidak memiliki Akun Google sendiri, Anda dapat membuatnya di aplikasi Family Link dengan mengetuk “Tidak” pada langkah ini, lalu ikuti petunjuk di layar untuk membuat akun.
  5. Setelah Anda menambahkan akun anak Anda, Anda akan diminta untuk menemukan perangkat anak Anda. 6. Ketuk "Selanjutnya," dan Anda akan diberikan kode sembilan digit untuk menautkan perangkat mereka.
  6. Di perangkat anak Anda, buka aplikasi "Google Family Link untuk anak-anak & remaja" dan ikuti petunjuk di layar.
  7. Saat diminta di perangkat anak, masukkan kode sembilan digit dari langkah 5 dan tunggu hingga perangkat terhubung. Setelah selesai, baca informasi terakhir di layar sebelum menyelesaikannya.

Ulangi langkah 3 hingga 7 untuk akun atau perangkat lain yang ingin Anda tambahkan ke Family Link.

Dengan menyiapkan akun Google anak Anda dan perangkat mereka ditautkan, inilah saatnya untuk membuat batas layar, pembatasan aplikasi, dan pemantau aktivitas.

Menyiapkan batas waktu layar dan kunci perangkat

Family Link akan sedikit mengurangi stres karena mengelola waktu pemakaian perangkat anak Anda dengan membantu Anda mengunci perangkat anak Anda secara otomatis dalam situasi yang berbeda. (Anda masih dapat memiliki kontrol manual atas apa yang mereka akses, jangan khawatir.)

Perangkat yang terkunci tidak dapat dibuka dan tidak menampilkan notifikasi. Namun, telepon yang terkunci masih dapat digunakan untuk menerima panggilan masuk dan melakukan panggilan telepon darurat.

Tetapkan batas waktu harian

Di bawah pengaturan akun anak Anda, buka Batas Harian > edit batas, dan atur lama waktu anak Anda dapat menggunakan perangkat setiap hari.

Jumlah ini berlaku untuk semua perangkat yang mereka gunakan, jadi jika mereka memiliki ponsel, laptop, dan batas harian 2 jam, itu berarti mereka dapat menggunakan kedua perangkat masing-masing selama dua jam.

Atur waktu tidur

Buka pengaturan akun mereka di aplikasi Family Link, ketuk "Edit" di bawah kartu Waktu Tidur, dan atur waktu. Anak Anda akan terkunci dari perangkat apa pun yang terhubung ke akun mereka pada waktu tidur setiap hari.

Mengunci atau membuka kunci perangkat anak Anda dari jarak jauh

Buka pengaturan akun anak Anda di Family Link, lalu ketuk "Kunci" atau "Buka Kunci" di bawah perangkat mereka. Anda juga dapat menggunakan kode orang tua untuk membuka kunci perangkat terkunci yang tidak terhubung ke internet.

Pembatasan penggunaan aplikasi

Family Link memberi orang tua kontrol terperinci atas aplikasi tertentu yang dapat digunakan anak mereka. Untuk mengelola penggunaan aplikasi anak Anda di aplikasi Family Link, pilih akun yang ingin Anda kelola (catatan: sebagian besar tindakan ini juga dapat dilakukan di situs web Google Family Link). Dari sini, Anda dapat melakukan hal berikut:

Blokir/izinkan aplikasi

Di layar Aplikasi, ketuk Lainnya. Ketuk aplikasi yang ingin Anda kelola, dan nyalakan atau matikan opsi Izinkan Aplikasi. Ulangi untuk setiap aplikasi yang ingin Anda ubah.

Ubah izin aplikasi

Buka Perangkat > Lihat setelan > Izin aplikasi dan pilih jenis izin yang akan diedit. Memilih "Hanya Orang Tua" akan mengharuskan orang tua untuk memberikan izin aplikasi untuk mengakses fitur/pengaturan itu, sementara "Anak dan Orang Tua" memungkinkan anak-anak memberikan izin aplikasi. Perhatikan bahwa ini hanya berlaku untuk permintaan izin di masa mendatang—mengubah permintaan izin yang sebelumnya diterima atau ditolak dari aplikasi yang sudah diinstal hanya dapat dilakukan dari menu pengaturan aplikasi.

Filter media/aplikasi dewasa

Buka Pengaturan > Kelola > Kontrol di Google Play > “Aplikasi, Game, Film, dan TV”. Ubah batasan konten ke tingkat kedewasaan yang diinginkan. Di bagian “Musik dan Buku”, Anda dapat mengizinkan atau membatasi konten eksplisit.

Lihat riwayat aktivitas aplikasi

Jika Anda ingin mengawasi aplikasi yang digunakan anak Anda, Anda dapat meminta Family Link melacak aktivitas aplikasi anak Anda. Di aplikasi Family Link, pilih akun anak Anda, lalu buka Aktivitas Aplikasi > Siapkan untuk mengaktifkannya. Log penggunaan aplikasi anak Anda akan muncul di menu Aktivitas Aplikasi setelah beberapa jam.

Persetujuan pembelian dan unduhan Google Play Store

Anda dapat meminta persetujuan untuk aplikasi, media, dan transaksi dalam aplikasi Google Play dari halaman Akun Saya di Google Play. Buka Grup Keluarga, lalu klik akun untuk anggota keluarga yang ingin Anda kelola, dan pilih salah satu opsi berikut:

  • Semua konten (Memerlukan persetujuan untuk semua unduhan, termasuk konten dan aplikasi gratis)
  • Semua konten berbayar (Memerlukan persetujuan saat membeli aplikasi dan media berbayar, tetapi tidak untuk unduhan gratis)
  • Hanya pembelian dalam aplikasi (Hanya memerlukan persetujuan saat mencoba membeli produk dalam aplikasi atau game, seperti Fortnite atau Pokemon Go; semua pembelian lainnya diperbolehkan)
  • Tidak diperlukan persetujuan (Anda tidak akan diberi tahu tentang pembelian/unduhan)

Persetujuan dapat dilakukan melalui halaman web Google Play Store atau di aplikasi Google Play dari perangkat induk Family Link. Akun induk juga akan menerima tanda terima email untuk semua unduhan/pembelian yang disetujui jika berlaku.

Filter web dan pencarian

Akun anak yang diawasi memiliki pengalaman Google Chrome yang dibatasi; Mereka tidak dapat menggunakan mode penyamaran atau mengakses Google Play atau toko Web Chrome, dan orang tua dapat mengatur pengalaman penjelajahan web dan Google Penelusuran anak mereka dari jarak jauh melalui aplikasi atau situs Family Link.

Ingatlah bahwa Anda tidak dapat mengakses browser anak Anda atau riwayat pencarian Google dari jarak jauh karena undang-undang privasi data. Anda harus memeriksa riwayat browser mereka langsung di perangkat mereka.

Blokir atau izinkan situs web

1. Pilih akun Anak Anda di aplikasi tautan keluarga, lalu buka Pengaturan > Kelola Pengaturan > Kelola Situs > Disetujui atau Diblokir

2. Ketuk “Tambahkan pengecualian”, lalu ketik alamat atau domain yang ingin Anda blokir. Memblokir alamat hanya akan memblokir halaman tertentu, sementara memblokir domain (seperti facebook.com) akan memblokir semua halaman yang ada di dalamnya.

3. Setelah Anda membuat daftar situs web yang diblokir/diizinkan, Anda dapat menerapkannya dengan membuka Setelan > Kelola Setelan > Filter di Google Chrome. Anda dapat menyiapkan filter berikut:

  • Izinkan semua situs: akses ke semua situs, kecuali yang telah Anda blokir
  • Coba blokir situs dewasa: Chrome akan mencoba memblokir situs/konten yang berpotensi eksplisit (Google memperingatkan bahwa tidak ada filter yang sempurna)
  • Hanya izinkan situs tertentu: Hanya situs yang Anda izinkan secara khusus yang dapat diakses.

Google TelusurAman

  1. Buka Setelan > Kelola Setelan > Filter di Google Penelusuran.
  2. Aktifkan atau nonaktifkan TelusurAman

Anda juga dapat menonaktifkan Google Penelusuran sepenuhnya dengan mengunjungi Kelola setelan > Aplikasi Android > Google, lalu ketuk "Nonaktif" di sebelah opsi Penelusuran. Pengaturan yang sama ini juga dapat diubah di situs web Family Link di bawah Aplikasi Android > Diperlukan.

Hal lain yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi Family Link

Selain pembatasan konten, manajemen waktu layar, dan persetujuan Google Play Store, Anda juga dapat menggunakan aplikasi dan situs Family Link untuk:

  • Bagikan Google Kalender, catatan Google Keep, dan Google Foto dengan anggota grup keluarga lainnya.
  • Perbarui info akun tertentu di akun anak Anda (beberapa atasan)
  • Kelola data dan aktivitas yang dikumpulkan oleh Google
  • Check-in lokasi perangkat
  • Aktifkan/nonaktifkan Asisten Google
  • Mengaktifkan/menonaktifkan kontrol orang tua dari jarak jauh (hanya berlaku untuk anak di atas 13 tahun)
  • Hapus akun Google anak Anda (hanya mungkin untuk akun yang pengguna berusia di bawah 13 tahun)

Hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan dengan Google Family Link

Karena undang-undang privasi data dan kemampuan teknologi, pengguna yang mengelola akun anak tidak dapat:

  • Cerminkan layar anak Anda
  • Akses riwayat browser Chrome anak Anda atau riwayat penelusuran Google dari jarak jauh
  • Lihat atau setel ulang kata sandi akun Google anak Anda
  • Baca email atau pesan anak Anda
  • Dengarkan panggilan telepon anak Anda
  • Pilih kata sandi kunci layar baru di perangkat anak Anda
  • Hapus data di perangkat anak Anda

Selain itu, jika anak Anda berusia di atas 13 tahun (atau berapa pun usia minimum negara Anda untuk memiliki akun Google), Anda juga tidak dapat:

  • Hapus akun anak Anda
  • Cegah anak Anda menonaktifkan pembatasan pengawasan orang tua

Posting Komentar untuk " Cara Mengatur dan Menggunakan Google Family Link, Aplikasi Kontrol Orang Tua Google"