Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa itu Google Family Link dan Bagaimana Cara Kerjanya?


Apakah Anda mempunyai anak yang sering meminjam perangkat seluler? Anak biasanya meminjam perangkat seluler untuk sekedar menonton video di Youtube, bermain game, membuka aplikasi edukasi, dll. 

Saat menggunakan perangkat seluler, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan anak-anak di ponsel atau tablet yang terhubung ke internet. Hal ini yang harus kemudian diperhatikan. 

Jadi, ketika anak Anda meminjam perangkat Android. Anda dapat mengatakan tidak sejak awal, atau Anda dapat menggunakan Family Link, layanan dari Google yang menawarkan beberapa kontrol orang tua.

Berikut cara kerjanya.

Apa itu Google Family Link?

Google Family Link memungkinkan kontrol di seluruh grup keluarga, memungkinkan orang tua mengontrol perangkat anak, hingga tingkat yang berbeda-beda.

Ini memungkinkan Anda membuat dan mengelola akun Google tertentu untuk anak Anda. Akun ini sangat mirip dengan akun dewasa - tetapi ada batasan akses akun dari Google. Family Link kemudian memungkinkan Anda mengelola perangkat anak dari jarak jauh, termasuk hal-hal seperti batas waktu pemakaian perangkat, lokasi perangkat, dan izin pemasangan

Kontrol orang tua apa yang ditawarkannya?

Dengan Family Link, Anda dapat menyetujui atau memblokir aplikasi yang ingin dipasang oleh anak Anda dari Google Play Store. Anda juga dapat memantau dan membatasi waktu layar, termasuk memeriksa berapa banyak waktu yang dihabiskan anak Anda di aplikasi favorit mereka, berkat laporan aktivitas mingguan atau bulanan. Dan, Anda dapat menyetel batas waktu pemakaian perangkat harian untuk perangkat mereka.

Berikut daftar lengkap fiturnya:

  • Kelola kontrol orang tua di seluruh layanan Google
  • Kelola aplikasi yang dapat digunakan anak Anda
  • Setujui atau blokir aplikasi yang ingin dipasang oleh anak Anda dari Google Play Store
  • Lihat berapa banyak waktu yang dihabiskan anak di aplikasi mereka dengan laporan aktivitas mingguan atau bulanan
  • Tetapkan batas waktu pemakaian perangkat harian untuk perangkat anak Anda
  • Tetapkan batas harian untuk masing-masing aplikasi
  • Setel waktu tidur perangkat
  • Lihat lokasi perangkat anak Anda
  • Mengunci perangkat anak Anda dari jarak jauh
  • Lihat semua perangkat tempat akun anak Anda masuk
  • Putar suara untuk menemukan perangkat anak

Family Link tidak mengklaim memblokir konten yang tidak pantas, meskipun beberapa aplikasi memang menawarkan opsi pemfilteran sendiri yang dapat diakses melalui Family Link.

Hal ini berarti Anda dapat menyetel batas usia pada konten Google Play, seperti aplikasi, buku, film - Anda dapat menyetel pemfilteran Telusur Aman di Google Penelusuran dan Anda dapat memfilter lirik eksplisit di Play Musik, meskipun Google menyatakan bahwa tindakan ini tidak semuanya 100 persen berhasil.

Semua aplikasi baru harus diotorisasi oleh orang tua dan itu dapat dilakukan di perangkat anak dengan mengetuk kata sandi Anda, atau di ponsel Anda sendiri melalui notifikasi yang Anda dapatkan.

Apa yang dibutuhkan Google Family Link?

Untuk menggunakan Google Family Link, Anda memerlukan hal berikut:

  • Aplikasi Family Link yang berjalan di perangkat Android yang kompatibel untuk anak Anda
  • Akun Google untuk anak Anda yang dikelola dengan Family Link.
  • Aplikasi Family Link yang berjalan di perangkat Anda sendiri yang kompatibel 
  • Akun Google Anda sendiri.

Cara mengatur Google Family Link

Pertama, Anda perlu mengunduh aplikasi Family Link ke perangkat seluler Anda, lalu membuat Akun Google untuk anak Anda melalui aplikasi, melalui browser di family.google.com, atau menggunakan akun anak yang sudah mereka miliki.

Di family.google.com, Anda dapat membangun keluarga - hingga enam orang. Yang penting Anda akan dapat mengatakan siapa orang tua, dan mereka juga akan mendapatkan hak pengawasan melalui Family Link.

Setelah Anda memiliki pengaturan keluarga, Anda dapat membuka Family Link di perangkat Anda sendiri dan mengikuti langkah-langkah untuk menyiapkan Family Link untuk mengontrol perangkat anak. Anda juga akan diminta untuk menginstal aplikasi versi anak-anak dan remaja di ponsel mereka - pastikan Anda memiliki versi yang tepat di setiap ponsel.

Anda, sebagai orang tua, dapat menjalankan Family Link di perangkat Android atau iOS untuk mengelola akun Google untuk anak di bawah 13 tahun. Saat anak Anda berusia 13 tahun, ia akan lulus ke Akun Google biasa, tetapi Anda dapat tetap mengawasi perangkat melalui Family Link.

Setelah aplikasi dipasang dan ditautkan, Anda akan dapat menyesuaikan kontrol yang diinginkan dari aplikasi induk dan menampilkannya di aplikasi anak.

Kiat dan trik Google Family Link

Kecualikan aplikasi dari batas waktu

Anda dapat mengecualikan aplikasi dari batas waktu yang telah Anda tetapkan. Misalnya, Anda mungkin ingin mengecualikan aplikasi terkait sekolah, atau mengizinkan pengiriman pesan tanpa batas sambil membatasi media sosial, YouTube, atau game. Buka bagian aktivitas aplikasi dan ketuk pengatur waktu di sisi kanan dan Anda dapat memilih untuk memblokir, menetapkan batas, selalu izinkan atau tidak ada batas.

Perpanjang batas waktu perangkat

Anda dapat dengan mudah menambahkan waktu bonus. Cukup buka bagian yang menunjukkan batas waktu perangkat dan saat perangkat terkunci, Anda dapat memperpanjang waktu tersebut. 

Mengapa lokasi tidak berfungsi? 

Family Link menyediakan pelacakan lokasi untuk perangkat. Namun, ini tergantung pada data, jadi jika ponsel kehabisan data, lokasi tidak akan lagi dilaporkan. Hal yang sama berlaku jika telepon tidak memiliki koneksi - misalnya di bawah tanah - itu hanya akan melaporkan sebagai "lokasi tidak ditemukan". Sebaiknya periksa berapa banyak data jaringan yang masih dimiliki ponsel dan jika semuanya telah habis, membeli isi ulang kemungkinan akan membuat ponsel berfungsi kembali. Ini juga berfungsi melalui Wi-Fi, jadi jika perangkat anak terhubung ke jaringan Wi-Fi, itu akan muncul kembali di peta.

Menemukan ponsel yang hilang di rumah

Anda dapat menggunakan Family Link untuk menemukan perangkat yang tidak dapat Anda temukan. Meskipun fungsi lokasi sangat bagus untuk melihat lokasi perangkat di luar rumah, Anda juga dapat menggunakan Family Link untuk memutar suara di ponsel sehingga Anda dapat menemukannya.

Periksa tingkat baterai telepon anak

Telepon anak tidak akan muncul jika tidak memiliki baterai. Anda dapat memeriksa level baterai di Family Link. Cukup gulir ke bawah ke informasi perangkat dan Anda akan melihat tingkat baterai yang terakhir dilaporkan. 

Posting Komentar untuk "Apa itu Google Family Link dan Bagaimana Cara Kerjanya?"