Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Hal Yang Harus Dilakukan Segera Saat Anda Kehilangan Ponsel

9 langkah yang harus dilakukan saat kehilangan ponsel

Kebanyakan dari kita merasa panik saat kehilangan handphone, baik karena hilang di suatu tempat atau ponsel Anda dicuri Selain panik, Anda harus segera bertindak untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda. Orang-orang cukup sering kehilangan ponsel cerdas mereka, dan tidak ada yang menyimpan lebih banyak informasi pribadi selain di ponsel cerdas kita sendiri.

9 Langkah Saat Kehilangan Ponsel

Jadi, Jangan panik dan lakukan langkah-langkah berikut jika terjadi peristiwa yang tidak menguntungkan.

1. Coba Hubungi Nomor Anda Segera

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah mengetahui bahwa Anda kehilangan ponsel, hubungi dari nomor lain. Jika ponsel Anda tertinggal kemudian ditemukan orang baik, ponsel Anda pasti akan kembali. Mereka dapat segera menjawabnya setelah melihat Anda menelepon. 

Namun jika ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, bisa saja mereka melepas nomer Anda kemudian menggantinya dengan nomer lain atau mematikan ponsel setelah mereka menemukan.

Ada beberapa kemungkinan terkait ini, namun setidaknya Anda harus mencoba cara ini terlebih dahulu

2. Buat Postingan di Grup Melalui Akun Media Sosial dari HP Lain

Jika Anda bisa login di media sosial melalui perangkat lain, Anda bisa membuat postingan pengumuman di media sosial. Semisal postingan di Grup FB. Jika ponsel hilang dan ditemukan orang baik biasanya ponsel akan kembali. Atau jika ponsel di jual di forum jual beli FB biasanya orang akan memberitahu Anda jika mereka melihat hal tersebut

Namun, Anda harus hati-hati jika memposting di grup media sosial, karena bisa saja orang yang tidak bertanggung jawab akan menghubungi Anda dengan mengaku sebagai orang yang menemukan ponsel Anda. Mereka biasanya akan meminta uang tebusan terlebih dahulu  

3. Kunci Ponsel Anda Segera

Ini selalu disarankan untuk pengguna Android dan iOS untuk menjaga ponsel mereka terkunci dengan pola, kunci pengenalan wajah, sidik jari, kunci pengenalan suara, kata sandi, dll. Tetapi Anda juga dapat mengunci iPhone Anda dari jarak jauh sehingga tidak ada yang dapat mengakses informasi pribadi Anda . Anda dapat Mengaktifkan Mode Hilang di iPhone Anda dengan masuk ke perangkat lain dan mengklik opsi Temukan iPhone Saya dengan masuk ke akun Apple Anda.

Jika itu perangkat Android, Anda dapat menggunakan Pengelola Perangkat Android dan mencari lokasi terbaru perangkat Anda dengan opsi Temukan Perangkat Saya dengan id google yang sama. Di sini Anda juga mendapatkan opsi untuk mengamankan perangkat Anda, yang akan mulai menampilkan pesan di smartphone. Anda bahkan dapat menghapus perangkat Anda dari jarak jauh dengan Android Temukan Perangkat Saya.

4. Lacak Ponsel Anda Menggunakan GPS

Jika panggilan tidak membantu, coba cari telepon menggunakan GPS telepon Anda. Namun, jika Anda belum mengaktifkan GPS ponsel Anda dari awal, metode ini tidak akan membantu Anda sama sekali. Perangkat Android Anda dilengkapi dengan layanan pelacakan lokasi bawaan yang melacak aktivitas yang Anda lakukan dengan ponsel Anda. Anda dapat masuk ke akun Google Anda dari perangkat lain dan membuka Riwayat Lokasi Google untuk melacak lokasi ponsel Anda yang hilang saat ini.

Atau dengan bantuan Android Temukan Perangkat Saya untuk Android atau Temukan iPhone Saya, Anda dapat memeriksa lokasi terbaru ponsel cerdas Anda.

5. Hapus Semua Data dari Jarak Jauh

Jika menelepon atau menggunakan GPS tidak cukup untuk mengetahui lokasi ponsel Anda, mungkin orang yang mendapatkannya mengeluarkan baterai dan juga kartu sim Anda. Anda dapat mencoba menghapus semua data Anda dari akun iCloud atau Google Anda, tetapi ini tidak akan memungkinkan Anda melacak perangkat Anda lagi. Tetapi jika Anda telah menyimpan cadangan semua data Anda sebelum kehilangan ponsel, Anda dapat memulihkannya kembali.

6. Laporkan Ponsel Anda yang Dicuri atau Hilang ke Polisi

Langkah lain yang harus Anda lakukan adalah membuat laporan ke kepolisian. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya orang yang mencuri menyalahgunakan akun media sosial yang ada di ponsel untuk melakukan penipuan kepada semua teman Anda, dll. Meskipun kemungkinan mendapatkan kembali ponsel Anda hampir nol, Anda setidaknya dapat menunjukkan bukti jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan diatas

7. Nonaktifkan Kartu SIM Anda

Segera setelah Anda mengetahui bahwa telepon Anda tidak menerima panggilan apa pun dari Anda, hubungi penyedia layanan Anda untuk meminta mereka menangguhkan kartu SIM Anda. Ini tidak akan mengembalikan ponsel Anda, tetapi setidaknya Anda dapat mencegah penyalahgunaan nomor Anda. 

Selain itu, jika akun dompet digital Anda terhubung dengan nomor telepon Anda, maka orang yang mencuri ponsel Anda dapat menyalahgunakan akun Anda, karena OTP akan dikirimkan ke nomor telepon Anda 

8. Amankan Akun Online Anda

Tidak hanya email Anda tetapi akun jejaring sosial Anda juga penting. Saat seseorang menemukan ponsel Anda atau mencurinya dari Anda, orang itu dapat dengan mudah melihat akun media sosial Anda dan berpura-pura menjadi Anda. Mereka dapat mengakses Facebook, Whatsapp, Instagram, dan jaringan lain serta mengirim pesan kepada orang yang biasa Anda lakukan. Untuk mencegahnya, ubah sandi Anda dari semua akun tersebut, termasuk Google dan email lain yang Anda miliki.

Sebaiknya coba bersihkan ponsel cerdas Anda dengan bantuan Pengelola Perangkat Android atau iCloud.

9. Putuskan Tautan Akun Anda

Jika mengubah kata sandi tidak memberi Anda kepuasan, Anda dapat memutuskan tautan semua akun cloud Anda secara manual. Membatalkan tautan penyimpanan cloud Anda seperti Dropbox, Google Drive, dll., juga dapat menghentikan proses sinkronisasi, membuat akun Anda lebih aman. Anda dapat melakukan ini dari desktop atau perangkat seluler lain dengan membuka halaman keamanan akun dan menghapus perangkat Anda yang hilang dari daftar.

Cara Menjaga Perangkat Anda Tetap Aman

Untuk menjaga agar ponsel Anda aman, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan:

1. Coba Aktifkan Lokasi Pelacakan

Dengan Pengelola Perangkat Android, Anda dapat melacak ponsel Anda dari mana saja, tetapi Anda perlu memastikan bahwa lokasi ponsel Anda diaktifkan. Saat Anda mengakses Pengelola Perangkat Android dari ponsel lain, ini akan menunjukkan posisi terbaru ponsel Anda dan kapan terakhir kali online.

2. Amankan Ponsel Anda dengan Kata Sandi

Pastikan untuk mengamankannya dengan kata sandi, pola, pengenalan suara, atau semacamnya. Fitur keamanan ini akan menjaga data Anda tetap aman setidaknya untuk beberapa saat hingga orang tersebut meretas ponsel Anda. Dan itu juga akan memberi Anda waktu untuk mengubah kata sandi Anda, mengunci kartu SIM Anda, dan mengamankan penyimpanan cloud Anda dengan memutuskan tautannya.

3. Tetap Aktifkan Data Internet Seluler Anda

Aplikasi pelacakan membutuhkan lokasi ponsel Anda untuk diaktifkan, tetapi juga membutuhkan koneksi internet ponsel Anda. Bahkan jika Anda memiliki akses ke jaringan WIFI berkecepatan tinggi, selalu aktifkan data seluler Anda meskipun itu memengaruhi masa pakai baterai Anda. 

4. Kembalikan Data Anda Dengan Menyinkronkan ke Penyimpanan Cloud

Anda tidak ingin kehilangan semua foto dan barang yang sudah lama Anda simpan. Sebagai gantinya, coba sinkronkan ke penyimpanan cloud Anda setiap hari untuk melihatnya lagi. Bahkan, ini akan membantu Anda menjaga semuanya tetap di tempatnya ketika Anda mendapatkan telepon baru di tangan Anda. Coba cadangan bulanan data Anda ke google drive, iCloud, atau penyimpanan offline apa pun untuk memastikan Anda memiliki salinan data jika terjadi peristiwa yang tidak menguntungkan.

5. Selalu Beli Ponsel dengan Baterai Non-Removable

Jika baterai ponsel Anda tidak dapat dilepas, mereka tidak dapat melacak Anda dengan melepas baterai. Sebagian besar jenis ponsel hari ini datang dengan fitur ini.

Sekarang setelah Anda mengambil semua langkah keamanan, sulit untuk kehilangan ponsel Anda, tetapi jika Anda masih melakukannya, Anda tahu cara menemukannya.

Posting Komentar untuk "9 Hal Yang Harus Dilakukan Segera Saat Anda Kehilangan Ponsel"