Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengirim Gambar dan Video Ukuran Penuh di WhatsApp

Cara Mengirim Gambar dan Video Ukuran Penuh di WhatsApp

Bagaimana cara agar gambar dan video yang dikirim melalui WhatsApp tidak pecah? Ya, jika Anda mengirim gambar dan video di WhatsApp seperti biasanya maka akan terkompres secara otomatis.

Setiap hari WhatsApp digunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia untuk mengirim jutaan meme dan video. File media kecil itu mungkin berfungsi dengan baik untuk meringankan suasana hati Anda di hari kerja yang membosankan, tetapi file tersebut sangat membuat stres bagi server WhatsApp. Itu sebabnya aplikasi perpesanan mengompres file-file itu untuk menghemat bandwidth dan mengurangi waktu pemuatan bagi penggunanya.

Tentu, melakukan itu membantu WhatsApp mempermudah penyimpanan ponsel dan data seluler Anda, tetapi sering kali membuat file media tersebut tidak dapat digunakan di luar aplikasi. Algoritme kompresi WhatsApp tidak jauh dari mode Penghemat Penyimpanan Foto Google, dan penurunan kualitas gambar cukup jelas, terutama untuk foto dengan detail kecil atau font teks kecil. Plus, batas ukuran yang ada mengurangi resolusi gambar dan video cukup signifikan, membuat foto yang diterima tidak dapat dicetak.

Solusi mudah

Solusi untuk masalah ini ternyata sangat mudah, karena Anda tidak perlu menyimpang jauh dari cara Anda untuk mengirim foto dan video. 

Biasanya, Anda akan memilih Galeri setelah mengklik ikon lampirkan di dalam jendela obrolan. Tetapi untuk melewati kompresi WhatsApp untuk mengirim gambar beresolusi penuh, Anda harus memilih Dokumen. Opsi ini biasanya berguna untuk mengirim semua format file non-media, tetapi Anda juga dapat menggunakannya dengan mudah untuk file media yang tersimpan di perangkat Anda.

Klik tombol lampirkan > Dokumen > Jelajahi dokumen lain…

Mengikuti jalur ini akan memunculkan pengelola file ponsel Anda, tempat Anda dapat memilih gambar (harus terdaftar sebagai file *.jpg) yang perlu Anda bagikan di WhatsApp. Dengan cara ini, aplikasi akan memperlakukannya sebagai file non-media dan tidak akan menjalankan algoritme kompresinya. 

Jika Anda ingin mengirim seluruh koleksi foto, zip semuanya bersama-sama akan lebih masuk akal jika Anda tidak ingin daftar panjang file muncul di jendela obrolan WhatsApp Anda. Anda dapat mengikuti jalur yang sama yang disebutkan di atas untuk membagikan folder zip ini di WhatsApp.

Beberapa kelemahan

Kelemahan paling jelas saat menggunakan alat Dokumen adalah baik penerima maupun Anda tidak akan mendapatkan pratinjau gambar atau video di dalam obrolan; yang akan mereka lihat hanyalah nama file dan ekstensi dalam obrolan. 

Mengklik file-file itu akan membuka konten di aplikasi yang didukung yang diinstal di ponsel Anda, alih-alih menggunakan alat interaksi media bawaan WhatsApp. Selain itu, mereka tidak akan muncul di kisi media saat menjelajahi galeri gambar dan video yang dibagikan dalam obrolan tertentu, jadi Anda tidak dapat menemukannya dengan mudah dengan metode itu. Anda harus mencarinya di penyimpanan lokal Anda atau mengingat tanggal file tersebut dibagikan

Hal lain yang perlu diperhatikan di sini adalah Anda tidak dapat menggunakan Dokumen untuk mengirim gambar yang sudah dicadangkan ke Foto Google dan tidak lagi ada di penyimpanan perangkat. Opsi ini hanya berfungsi untuk file yang masih ada di ponsel Anda. WhatsApp juga membatasi ukuran file dokumen pada 100MB (versus 16MB untuk media), yang masuk akal untuk penggunaan pribadi, tetapi itu pasti sesuatu yang perlu diingat ketika mencoba mengirim file video yang lebih besar.

Mengingat semua kekurangan ini yang agak menurunkan pengalaman Anda di WhatsApp, alat dokumen mungkin bukan pilihan terbaik untuk penggunaan sehari-hari. Anda akan lebih baik menggunakan cara Galeri untuk media biasa yang diteruskan sambil menyimpan Dokumen untuk sesekali berbagi kenangan dan jepretan penting yang ingin disimpan oleh penerima Anda dalam kualitas tinggi.

Posting Komentar untuk " Cara Mengirim Gambar dan Video Ukuran Penuh di WhatsApp"