Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang mudah untuk dirawat dan memiliki keindahan yang bisa dinikmati oleh mata. Namun bagaimana cara merawat ikan cupang agar cepat besar?. 

Para breeder yang baru saja mengawinkan ikan cupang terkadang berfikir mengapa ikan yang ia miliki tidak berkembang dengan semestinya. Ukuran yang dimiliki oleh ikan tidak sesuai dengan umurnya.

Oleh sebab itu, silahkan ikuti cara merawat ikan cupang agar cepat besar yang akan kami bahas. Dengan mengikuti cara ini, dipastikan ikan teman-teman akan berkembang dengan pesat, terutama dari besar tubuhnya.

4 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Ikan dengan ukuran yang kecil atau buntet akan terlihat tidak bagus, sedangkan seharusnya ikan cupang haruslah terlihat indah. Salah satu yang membuatnya indah adalah tubuhnya, berikut ini adalah cara merawat cupang agar cepat besar.

1. Siapkan Toples Berukuran 2 Liter

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah menyiapkan toples berukuran 2 liter. Toples ini bisa didapatkan dengan membelinya di toko online dengan harga yang cukup murah, sekitar 3 sampai 5 ribu saja.

Satu toples berukuran 2 liter digunakan untuk 1 ekor cupang saja. Namun jika ingin lebih maksimal bisa menggunakan kolam pembesaran yang ukurannya jauh lebih besar.

Tempat atau wadah ikan cupang yang memiliki ukuran besar memudahkan mereka untuk bergerak, berenang kesana kemari dan juga memudahkan untuk mengambil oksigen. Sehingga ukuran tubuhpun dapat menjadi lebih besar.

2. Gunakan Daun Ketapang dan Garam Ikan

Supaya tubuh tetap sehat terjaga, penggunaan daun ketapang dan garam ikan sangat direkomendasikan. Cara penggunaannya cukup mudah, masukan ketapang dan garam ikan secukupnya kedalam air.

Diamkan selama 24 jam air tersebut, barulah memasukan ikan cupang. Daun ketapang dan garam mampu menstabilkan pH air. Jika tidak ada daun ketapang, bisa menggunakan pengganti daun ketapang untuk ikan cupang.

Karena air yang kotor mampu menyebabkan berbagai penyakit, seperti sisik nanas pada ikan cupang atau lainnya yang akan menghambat perkembangan tubuh ikan cupang itu sendiri. Jadi gunakanlah ketapang dan garam ikan.

3. Aturlah Pola Makan

Poin penting dalam merawat ikan cupang agar cepat besar adalah pola makan. Pola makan yang tepat dapat mempercepat perkembangan ikan cupang itu sendiri. Sangat disarankan untuk memberikan pakan 2x 1 hari.

Pemberian pakan ini dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Untuk jenis pakannya sendiri bisa menggunakan pakan alami ataupun pelet. Jika menggunakan pelet pastikan memilih pelet yang bagus untuk perkembangan tubuh.

Dan jika menggunakan pakan alami pastikan pakan tersebut sudah higienis, bisa dilakukan pembersihan terlebih dahulu. Karena jika makanan tidak higienis dapat memberikan dampak buruk bagi ikan cupang, seperti penyakit.

Pakan alami yang bagus untuk mempercepat pertumbuhan antara lain adalah cacing sutra, jentik nyamuk dan kutu air. Untuk pemberian pakan bisa dicampur, karena jika keseringan diberikan cacing sutra katanya tidak baik untuk tubuh.

4. Rutinlah Mengganti Air

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Kesehatan menjadi kunci utama dalam perawatan ikan cupang. Ikan cupang yang sehat akan mempengaruhi perkembangan tubuh ikan itu sendiri.

Gantilah air pada wadah secara rutin minimal 3 hari 1 kali atau maksimal 1 minggu 1 kali untuk menjaga air tetap bersih. Dan pastikan juga untuk memakai garam ikan dan daun ketapang.

Mungkin cukup sampai disini pembahasan mengenai cara merawat ikan cupang agar cepat besar. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk teman-teman semua.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar"