Cara Mudah Mengurangi Pemakaian Memori WhatsApp Di Ponsel - maswarsito.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Mengurangi Pemakaian Memori WhatsApp Di Ponsel

cara mudah mengurangi pemakaian memori whatsapp di ponsel

Cara mudah mengurangi pemakaian memori whatsapp yang dapat menyebabkan kinerja android lambat adalah dengan menghapus file yang tidak diperlukan. Kiriman konten berupa video dan foto di Whatsapp seringkali memiliki ukuran yang cukup besar. Semakin banyak kiriman diterima, tentu ruang memori internal di ponsel semakin tersita. Jika memori yang tersisa sedikit atau hampir habis, biasanya ponsel menjadi lemot. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengurangi pemakaian memori ini dengan beberapa cara, seperti mematikan download konten otomatis atau melakukan penghapusan secara manual. Nah, kini di Whatsapp sudah tersedia fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan hal tersebut. 

Fitur yang saya maksud disini adalah Storage Management. Jika di Whatsapp kamu belum tersedia fitur ini, kamu bisa mengecek update Whatsap di toko aplikasi Play Store bagi platform Android dan App Store bagi pengguna iOS. Setelah melakukan update Whatsapp, fitur storage management biasanya sudah tersedia

Untuk mengelola atau menghapus file melalui fitur ini, caranya sebagai berikut:

  1. Buka menu setelan dengan mengetuk tombol titik tiga vertikal di pojok kanan atas. 
  2. Pilih Storage and Data (penyimpanan dan data) > Manage Storage (kelola penyimpanan). 
  3. Muncul semua file media yang tersimpan di WhatsApp beserta keterangan ukuran file. Pilih kategori mana yang ingin kamu lihat, misal kategori file yang lebih besar dari 5 MB.
  4. Pilih file yang ingin kamu hapus dengan menekan dan menahan (tap and hold). Kamu bisa menyeleksi beberapa file sekaligus. 
  5. Klik klik ikon 'Keranjang Sampah' di bagian atas untuk menghapusnya secara permanen. Muncul notifikasi apakah yakin akan menghapus file tersebut atau tidak
  6. Klik 'Hapus' jika sudah yakin ingin menghapus file tersebut

Pada fitur 'Kelola Penyimpanan' ini muncul informasi berapa besar ruang penyimpanan yang sudah terpakai (warna hijau) dan masih kosong (warna kuning). Di bawahnya ada beberapa kategori file, yaitu file yang diteruskan berkali-kali, file lebih besar dari 5 MB, dan Chat. Kategori Chat menampilkan siapa saja kontak yang paling banyak memberikan kiriman konten dan berapa ukuran file yang terkirim.

Berbagai macam format file yang masuk kategori dalam kategori tersebut akan terpampang lengkap dengan nama dan ukuran file yang diurutkan dari yang paling besar. Dengan memilah file kiriman berdasarkan ukurannya, Storage Management pun mempermudah pengguna dalam melihat file mana saja yang paling menyita ruang memori ponsel dan bisa dihapus kalau sudah tidak diperlukan.

Kamu bisa memilih satu per satu file untuk dihapus permanen  atau menghapus semua file sekaligus dengan memberi tanda centang pada Pilih semua di bagian pojok kanan atas. Sebelum menghapusnya, kamu juga bisa membuka file lebih dulu untuk memastikan apakah benar foto, video, dokumen, atau file jenis lainnya sudah tidak diperlukan lagi. 

Sangat mudah kan? Cara ini tentu lebih mudah, lebih praktis dan aman daripada melakukan penghapusan secara manual. Selamat mencoba

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengurangi Pemakaian Memori WhatsApp Di Ponsel"

Berlangganan via Email