Cara Live Streaming Zoom di Youtube dan Facebook - maswarsito.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Live Streaming Zoom di Youtube dan Facebook

Cara Live Streaming Zoom di Youtube dan Facebook

Bagaimana cara membuat live streaming zoom di youtube dan facebook? Hal ini sering ditanyakan oleh para pengguna akun zoom yang sering menyelenggarakan acara webinar atau seminar online untuk umum.

Live streaming di Youtube dan Facebook tentu cukup menarik karena bisa dinikmati oleh banyak orang tanpa harus bergabung dengan webinar di aplikasi zoom. Selain itu dengan live streaming zoom di youtube dan facebook juga berpotensi untuk menambah jam tayang, maupun menaikkan subscriber atau follower fanspage

Jika jam tayang, subsciber atau follower sudah mencapai batasan tertentu, channel maupun fanspage bisa di monetisasi untuk mendapatkan uang. Lebih lanjut tentang ini bisa dilihat pada

Sekilas Tentang Zoom

Zoom merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang. Pada umumnya, para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio.

Seiring dengan mewabahnya virus corona, zoom yang bermarkas di Lembah Silicon, Amerika Serikat telah meraup keuntungan sebesar USD 186 juta dari pendapatannya sebanyak USD 663,5 juta pada akhir kuartal 31 Juli lalu. Pada periode yang sama tahun lalu pendapatan Zoom hanya USD 5,5 juta dolar. Zoom pun memiliki 370.000 pelanggan, meningkat 4 kali lipat daripada tahun sebelumnya. 

Harga Langganan Zoom Meeting

Berapa harga zoom premium? Besaran biaya yang harus dibayarkan jika berlangganan zoom adalah:

  • Zoom Basic (Personal Meeting), tidak dibebankan biaya sepeserpun dengan maksimal 100 peserta selama 40 menit. Untuk meeting one on one tanpa batasan waktu.
  • Zoom Pro (Great For Small Teams), dikenakan biaya sebesar USD 150 per tahun per lisensi. Jumlah partisipan rapat dapat mencapai 100 orang dengan waktu tidak terbatas, streaming media sosial, dan cloud recording 1 GB (per lisensi)
  • Zoom Business (Small & Med Business), dikenakan biaya USD 200 per tahun per lisensi. Jumlah partisipan rapat dapat mencapai 300 orang dalam waktu bersamaan, transkrip perekaman cloud, pengelolaan domain dan branding perusahaan
  • Zoom Enterprise (Large Enterprise), dikenakan biaya USD 200 per tahun per lisensi. Jumlah partisipan rapat dapat mencapai lebih dari 1000 orang, cloud storage tidak terbatas

Selain tarif diatas, kamu bisa menambahkan host maupun menambah kapasitas peserta sesuai kebutuhan. Jika ingin berlangganan satu bulan saja pun cukup memungkinkan, untuk biaya langganan zoom satu bulan dikenakan biaya USD 15 per host

Cara live streaming youtube dan facebook dari zoom

Sebelum melakukan live streaming dari zoom ke youtube maupun facebook, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan

  • Menggunakan akun zoom berbayar, fasilitas live streaming tidak tersedia pada zoom yang free atau gratis, dimana hanya memberikan kesempatan pada penggunanya waktu penggunaan selama 40 menit. 
  • Host, pengguna yang dapat melakukan streaming hanya pada level host. Co host tidak dapat melakukan streaming apalagi hanya undangan yang mengikuti aktivitas zoom
  • Delay, ada waktu jeda yang terjadi, perbedaan beberapa menit waktu tayang pada zoom dan youtube secara langsung.

Jika sudah memilik akun zoom premium, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

Mengatur Akun Zoom

  1. Login akun melalui link zoom.us
  2. Masuk sebagai pengguna dengan email yang sudah didaftarkan
  3. Pilih settings dan atur pada In Meeting (Advanced) dengan menggeser pada posisi on: Allow live streaming meetings, kemudian centang pilihan youtube dan facebook. 
    Cara Live Streaming Zoom di Youtube dan Facebook

Mengatur Zoom Meeting Agar Live Streaming 

  1. Masuk ke aplikasi zoom
  2. Lihat bagian bawah sebelah kanan aplikasi, pada pilihan 'More' tersedia pengaturan untuk live streaming ke youtube dan facebook. Klik saja pada pilihan yang tersedia. Jika belum ada fitur ini, maka lakukan langkah di atas. 
  3. Atur tampilan pada youtube, pada pengaturan ini adalah mengisi Judul live streaming yang akan dilakukan, kemudian memilih Privacy. 

Privacy adalah mengatur siapa sajakah pemirsa yang dibolehkan untuk menyaksikan streaming, ada 3 pilihan, yaitu Public, Unlisted dan Private. Jika memilih Public siapapun bisa menyaksikan live streaming, Unlisted untuk yang memiliki alamat streaming sedangkan pilihan private hanya untuk admin.

Saat ingin live streaming dengan youtube dan facebook, sebaiknya login ke masing-masing akun terlebih dahulu agar dapat langsung terhubung.

Sangat mudah kan? Demikian tutorial tentang cara live streaming di youtube dan facebook dengan zoom. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk " Cara Live Streaming Zoom di Youtube dan Facebook"

Berlangganan via Email