Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Cara Menghemat Kuota Internet Saat Menggunakan Zoom

8 cara menghemat kuota saat menggunakan zoom

Bagaimana cara menghemat paket data saat memakai zoom? Artikel berikut akan coba saya berikan tips agar hemat kuota atau paket data internet saat menggunakan aplikasi zoom. Di tengah pandemi seperti saat ini, kuota internet seakan sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. 

Bagaimana tidak? kegiatan sekolah anak, acara rapat, acara seminar hampir semuanya dilakukan melalui online. Maka sudah seharusnya, kita pandai-pandai dalam mengatur agar penggunaan paket data internet tidak boros

Cara Menghemat Kuota Saat Memakai Zoom

Ada beberapa strategi yang dapat Anda coba untuk mengurangi penggunaan paket data selama menggunakan aplikasi zoom.

1. Matikan kamera atau video saat tidak dibutuhkan

Untuk rapat yang tidak terlalu penting untuk bertemu satu sama lain, mematikan kamera atau adalah cara termudah untuk mengurangi kuota. Kamu dapat menyesuaikan pengaturan, jadi saat bergabung dalam zoom selalu dengan kamera mati, dan memilih untuk menonaktifkan kamera peserta untuk rapat yang kamu buat

Untuk mematikan kamera, Anda cukup memilih opsi "Turn Off Camera" ketika awal bergabung ke dalam ruang rapat. Jika Anda menjadi host, Anda juga dapat menonaktifkan fungsi kamera partisipan lain untuk mengurangi koneksi internet yang terpakai.

2. Matikan video HD

Menyediakan video dalam resolusi HD (High Definition) memerlukan lebih banyak kuota secara signifikan, jadi pertimbangkan untuk menonaktifkannya saat kualitas gambar yang kamu kirim tidak terlalu penting. Untuk mematikan HD di aplikasi Zoom Anda:

  • Pada aplikasi Zoom desktop Anda, klik Pengaturan (ikon roda gigi).
  • Klik Video di menu sebelah kiri.
  • Di bagian Video Saya, hapus centang pada kotak di samping Aktifkan HD jika dicentang.

3. Gunakan fitur Share Screen hanya selama benar-benar dibutuhkan

Pastikan untuk menghentikan berbagi layar saat Anda tidak lagi perlu menampilkan layar Anda. Selain itu, minta pengguna lain untuk menonaktifkan berbagi layar mereka ketika mereka selesai dengan contoh mereka.

Untuk detail tentang menyalakan dan mematikan berbagi layar, lihat Berbagi Layar Anda di situs web Zoom.

4. Gunakan dokumen online daripada berbagi layar

Anda bisa memanfaatkan platform dokumen online apabila ingin membagikan sesuatu, misalnya presentasi yang memungkinkan banyak orang membuka dan mengedit file sekaligus. Layanan ini dapat menggunakan lebih sedikit data daripada streaming video, sambil tetap memungkinkan semua orang untuk melihat perubahan saat terjadi atau di dekatnya.

Ada sejumlah layanan yang bisa digunakan seperti yang paling populer saat ini adalah Google Sheet, Docs, atau layanan lainnya. Dengan demikian, peserta rapat bisa saling berbagi dokumen tanpa menggunakan fitur share screen yang memakan banyak kuota.

5. Matikan audio Anda saat tidak berbicara

Meskipun tidak menggunakan paket data sebanyak video, Anda juga dapat sedikit mengurangi penggunaan kuota dengan mematikan audio saat tidak berbicara. Gunakan tombol Mute di sudut kiri bawah layar Zoom untuk mematikan dan menghidupkan audio

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan panggilan telepon untuk menyambungkan ke audio rapat Zoom daripada menggunakan audio komputer dalam rapat. Nomor telepon untuk terhubung ke sesi Zoom biasanya disertakan dalam undangan yang Anda terima dari tuan rumah di bawah judul "Dial by your location."

Berikut ini adalah cara untuk mematikan mikrofon secara otomatis saat bergabung dalam rapat Zoom:

- Buka aplikasi Zoom versi desktop, kemudian klik ikon pengaturan di sudut kanan atas

- Setelah kolom pengaturan dibuka, pilih opsi Audio di sisi kiri

- Pada kolom Audio, pengguna dapat mencentang empat opsi berikut:

  • "Automatically join audio by computer when joining a team"
  • "Mute my microphone when joining a meeting"
  • "Press and hold SPACE key to temporarily unmute yourself"
  • "Sync button on headset"

- Ketika empat opsi telah dicentang, artinya mikrofon milik pengguna akan secara otomatis dinonaktifkan ketika bergabung dalam sebuah rapat.

6. Gunakan opsi perekaman cloud untuk rapat Zoom

Anda dapat memanfaatkan opsi perekaman video di layanan cloud yang disediakan oleh Zoom. Rekaman awan secara langsung ditransfer ke layanan Video on Demand Cornell dan tidak perlu diunggah dari komputer Anda. Nantinya, rekaman video akan langsung ditransfer ke layanan cloud, sehingga tidak perlu di-upload kembali dari komputer.

7. Meningkatkan kinerja Zoom Anda secara keseluruhan

Jika Anda menggunakan zoom dengan akses internet menggunakan wifi, batasi orang lain untuk sementara membuka website yang menghabiskan banyak kuota semisal membuka streaming video atau musik, memainkan game online, atau mengupload dan mendownload file besar, karena semua aktivitas ini dapat memengaruhi performa Zoom.

8. Hindari menjalankan aplikasi lainnya selama menggunakan Zoom

Tingkatkan kinerja aplikasi Zoom Anda secara keseluruhan dengan tidak menjalankan aplikasi lain selama menggunakan zoom. Contoh aplikasi yang menghabiskan banyak penggunaan data seperti situs streaming video atau musik,  game online, atau meng-upload dan download file besar selama rapat berlangsung.

Demikian artikel tentang 8 Cara Menghemat Kuota Internet Saat Menggunakan Zoom . Semoga bermanfaat


Posting Komentar untuk "8 Cara Menghemat Kuota Internet Saat Menggunakan Zoom "