Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Oleh-Oleh Khas Padang yang Perlu Kamu Ketahui

6 oleh oleh khas padang yang perlu kamu ketahui

Oleh-Oleh Khas Padang - Jalan-jalan ke Kota Padang, belum lengkap rasanya bila tidak membeli buah tangan khas ibu kota Provinsi Sumatera Barat ini. Oleh-oleh khas Padang ada banyak macamnya, bukan hanya sebatas kulinernya saja yang terkenal, namun ada pula berbagai jenis kerajinan tangan yang menawan.

Sebagai salah satu kota Industri di Sumbar, Padang juga memiliki banyak sekali pelaku industri kreatif, yang menghasilkan karya-karya seperti kerajinan tangan yang bernilai tinggi.

Belum lagi, budaya Minangkabau yang masih kental di kota ini, sehingga terdapat cukup banyak hal yang perlu kamu hadiahkan untuk keluarga di kampung, usai berkunjung dari Kota Padang.

Berikut, beberapa Oleh-oleh Khas Padang yang wajib kamu ketahui dan miliki untuk dibawa pulang, dilansir dari Minangku.com :

1. Kain Songket Khas Minangkabau

Kain songket merupakan salah satu oleh-oleh khas Padang yang tidak boleh dilewatkan. Songket khas suku Minang ini memiliki ciri yang cukup unik khususnya terletak pada jenis benang yang digunakan.

Songket khas Padang menggunakan benang emas dan perak yang dibuat menjadi berbagai motif. Penggunaan benang emas dan perak pada kain songket menghasilkan motif-motif yang sangat cantik, contohnya seperti kaluak paku, pucuak rabuang, bungo antimun, bijo, dan ilalang rabah.

Kain songket khas Padang bisa dengan mudah ditemukan di daerah Silungkang ataupun di Pandai Sikek. Proses pembuatan kain songket terbilang rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Bukan hanya diperlukan keterampilan namun juga ketelatenan saat menenun benang menjadi kain songket, maka dari itu tidak  mengherankan jika songket dijual dengan harga yang cukup tinggi.

2. Mukena Kerancang

Mukena kerancang juga sangat cantik bila dijadikan sebagai buah tangan. Pada dasarnya, kerancang merupakan sebutan untuk teknik menyulam khas Padang. Ciri yang paling menonjol dari kerancang adalah lubang-lubang kecil pada sulaman sehingga menghasilkan kain yang halus dan indah.

Sulaman kerancang ini sebenarnya bisa dijadikan berbagai macam busana, namun di Padang paling banyak terdapat mukena yang dibuat dari teknik sulam kerancang. Mukena kerancang biasanya juga dihiasi dengan berbagai motif, mulai dari motif tumbuhan, hewan dan kaligrafi.

Biasanya pembuatan satu mukena yang dikerjakan oleh tenaga ahli membutuhkan waktu selama 2 bulan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika harga mukena kerancang termasuk tinggi, mulai dari Rp. 400.000 hingga Rp. 2.000.000.

3. Serunai

Serunai merupakan sebutan alat musik tiup klarinet khas Padang. Bahan untuk membuat serunai ini biasanya dari kayu atau bambu. Serunai sangat cocok jika dijadikan sebagai oleh-oleh khas Padang apalagi jika Anda memberikan buah tangan tersebut kepada orang yang mencintai seni musik.

4. Saluang

Padang juga memiliki alat musik tradisional seperti seruling yang disebut dengan saluang. Bahan pembuat alat musik tiup yang memiliki 4 lubang pengatur suara ini biasanya terbuat dari bambu atau pipa. Saluang khas Padang dihiasi dengan motif unik yang cantik sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

5. Tas Bordir

Oleh-oleh khas Padang lainnya yang tidak kalah cantik adalah tas bordir. Sesuai namanya, tas ini dihiasi dengan berbagai macam motif bordir bahkan ada yang menyerupai seperti motif-motif pada kain songket. Tas bordir mudah ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan dan dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Aneka Makanan Ringan

Selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan yakni perihal perut. Kota Padang memang terkenal dengan olahan keripiknya yang beraneka rasa. Dari sini, kamu bisa mendapatkan olahan seperti keripik sanjai, jarak kaliang, sala lauak, galamai, tandang talua, kipang kacang, bika, arai pinang dan lainnya.

Demikian, informasi mengenai beberapa oleh-oleh khas Padang yang wajib dibawa pulang sebagai hadiah liburan untuk keluarga. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " 6 Oleh-Oleh Khas Padang yang Perlu Kamu Ketahui"

Berlangganan via Email