Strategi Jualan Menggunakan Whatsapp (WA) Marketing

Strategi Jualan Menggunakan Whatsapp (WA) Marketing
Whatsapp adalah aplikasi chat yang saat ini paling banyak digunakan oleh orang Indonesia, melebihi pengguna Facebook dan Instagram. Jadi, bagi para pebisnis tentu sepakat bahwa menggunakan Whatsapp Marketing adalah keputusan yang smart. Namun pastinya untuk menjalankan Whatsapp Marketing, diperlukan strategi yang bisa bikin profit bisnis Anda naik

Nah, berikut ini beberapa strategi Whatsapp Marketing dari Mas Iswan Febriyanto yang bisa Anda lakukan dalam bisnis. Cara ini sudah terbukti efektif menaikkan profit bisnis

1. Bangun Database Kontak WhatsApp

Penjualan itu butuh keramaian, kalo sepi itu namanya kuburan, hehe. Jadi, untuk bisa mempromosikan produk, tentunya Anda membutuhkan list kontak para calon customer, agar bisa menciptakan keramaian. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah membuat Lead Magnet atau Umpan.

Gunanya untuk apa? Agar calon-calon customer Anda yang berada diluar sana, ter-trigger atau dengan senang hati memberikan kontak mereka kepada Anda. Imbalannya adalah, mereka mendapatkan Lead Magnet Anda tadi. Lead Magnet bisa berupa e-Book Gratis, Video Gratis, Voucher Diskon atau yang lainnya.

Nah, setelah dapat data kontaknya, sapalah mereka secara personal. Ingat! Secara personal. Kenapa demikian? Agar mereka merasa dekat dengan Anda, sebab kebanyakan orang menggunakan Whatsapp sebagai kanal komunikasi personal.

Oh iya, sebelum Anda mulai masuk pada proses untuk nawarin produk ke list kontak whatsapp Anda, mintalah mereka untuk menyimpan nomor whatsapp Anda, begitu pun dengan Anda. 

Agar saat melakukan Broadcast, pesan yang Anda kirimkan bisa terkirim dan dibaca oleh list kontak Anda. Tapi, jika ingin mereka tetap menerima pesan whatsapp Anda meskipun mereka gak nyimpan kontak kita, Anda bisa menggunakan tool pihak ketiga untuk melakukannya. Klik disini untuk info jelasnya

2. Kirim Konten Yang Menarik

Saat pertama kali mengirimkan pesan ke List Kontak Whatsapp Anda, pastikan Anda tidak melakukan promosi terlebih dahulu. Ingat loh ya, transaksi terjadi kalau sudah ada interaksi

Jadi, pastikan Konten yang Anda kirimkan ke mereka, adalah konten yang menarik dan juga berisi edukasi-edukasi yang berhubungan dengan Produk atau Jasa yang nantinya Anda tawarkan. Jangan langsung promosi ya, bisa dipastikan mereka akan terganggu, dan ujung-ujungnya mereka akan memblokir nomor WA kita.

Usahakan bahasa yang digunakan singkat dan lugas namun bisa memikat mereka, karena bahasa iklan berbeda dengan bahasa sehari-hari. Selain itu, Anda tidak boleh meremehkan produk lainnya apalagi menjelek-jelekkan produk tersebut.

3. Broadcast Secara Berkala Agar Engagement Naik

Perlu Anda ketahui jika memberikan penawaran yang menarik masih belum cukup untuk membuat calon customer berminat membeli produk Anda. Broadcast yang masuk ke nomor calon customer sifatnya pribadi sehingga usahakan Anda tidak mengirim pesan-pesan berulang yang membosankan.

Untuk memberikan suasana baru, terkadang Anda perlu mengirimkan kalimat-kalimat yang berhubungan dengan dunia bisnis atau info-info menarik lainnya. Info-info seputar kesehatan juga bisa dikirimkan untuk membuat mereka terkesan pada perhatian yang Anda berikan.

Bahkan, lebih bagus lagi, saat Anda mengirimkan pesan ke List Kontak, sebutlah nama mereka, agar Interaksi menjadi lebih terjalin. Kalau ribet harus copas satu persatu nama mereka saat ngirim pesan, gunakanlah tools pihak ke-3, seperti WBS Pro. Hal tersebutlah yang dinamakan dengan meningkatkan engagement, yakni dengan cara membangun komunikasi yang baik.

4. Rekrut Supertim

Setelah List Kontak Whatsapp Anda membeli produk yang Anda tawarkan, pasti sebagian dari mereka ada yang ingin ikut serta memasarkan produk Anda. Kenapa? karena mereka sudah merasakan manfaatnya, dan ingin orang lain juga merasakan hal yang sama dengan mereka.

Untuk itu tugas selanjutnya adalah tawarkan mereka untuk menjadi bagian dari Tim Penjualan Anda, jadikan Reseller, Agen bahkan mungkin Distributor. Memiliki Pasukan Penjualan adalah keuntungan yang sangat besar, sebab usaha Anda akan lebih berkembang jika memiliki banyak reseller. Otomatis Profit Penjualan Anda akan meningkat dengan signifikan. Oleh karena itu, pastikan Anda membina mereka secara maksimal.

Nah, setelah mengetahui berbagai cara serta keuntungan yang bisa Anda dapatkan, kini saatnya beralih menggunakan aplikasi WhatsApp marketing untuk sarana bisnis Anda. Sebab, prospek marketing dengan WhatsApp ini bisa sangat menjanjikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel