20 Aturan yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berenang

20 Aturan yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berenang
image by Chicago Parent
Aturan Sebelum Berenang - Renang merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain menjaga kesehatan fisik dan mental, renang juga dapat membuat detak jantung meningkat, membangun daya tahan, menguatkan otot, membantu menjaga berat badan yang ideal, meningkatkan sistem koordinasi tubuh, mengurangi stres, dan berbagai manfaat renang lainnya

Renang yang dilakukan secara teratur juga dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke. Sering kali, olahraga renang juga menjadi pilihan olahraga terbaik bagi penderita penyakit tertentu, seperti penderita radang sendi (arthritis), hernia nukleus pulposus, bahkan dapat digunakan sebagai latihan untuk pemulihan pasca-stroke.

Berenang adalah olahraga yang baik untuk kalangan, baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Anda bisa mengajak keluarga untuk melakukan olahraga ini bersama-sama. Nah, sebelum berenang sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa aturan berenang, terutama bagi Anda yang mengajak anak-anak


  1. Saat sedang berenang disarankan tidak keluar masuk kolam karena perubahan suhu tubuh.
  2. Kalau ada angin, badan harus berendam masuk ke dalam air,  sisakan bagian kepala saja yang di atas. Karena bagian leher dan pundak rawan terkena masuk angin
  3. Saat sedang berenang hanya boleh minum air putih suhu normal atau hangat. Selain itu dilarang apalagi susu karena bisa memicu mual.
  4. Untuk anak laki-laki saat renang sebaiknya hanya memakai celana renang tanpa atasan (2 pieces) karena pakaian bagian atas seringkali malah menimbulkan efek lebih dingin ke badan. Hal ini dikarenakan bahan pakaian selalu basah dibandingkan kulit yang lebih cepat kering. Fungsi baju sebenarnya hanya untuk menahan paparan sinar matahari, jadi bukan untuk menahan dingin. Selain itu baju dapat memberi efek lebih berat (beban) saat renang.
  5. Pelampung tiup yang untuk lengan lebih bahaya untuk anak-anak, sebaiknya memakai jaket pelampung.
  6. Ban pelampung khusus bayi. Bahaya kalau tidak diawasi, karena air yang masuk tertahan dan terkumpul di ban bagian leher bayi. Hal ini dapat membuat bayi menelan air tanpa henti.
  7. Ban pelampung bayi - anak yang ada dudukannya, selama dipakai di kolam harus selalu dibawah pengawasan orangtua. Dudukan yang rendah mengakibatkan tidak seimbang untuk berat tubuh, tentu hal ini cukup berbahaya. Lebih berbahaya karena kalau ban pelampungnya terbalik di kolam, anak sulit melepaskan diri karena kaki tersangkut di dudukan ban
  8. Saat sedang berenang tidak boleh sambil makan. Apalagi kalau latihan endurance/ speed sangat bahaya. Makanan tidak bisa terproses dengan baik oleh usus.
  9. Renang dilakukan kira-kira 1 jam setelah makan agar usus bisa memproses makanan.
  10. Selalu bawa air minum sewaktu renang
  11. Anak atau siapapun jangan dibiarkan teriak-teriak selama di kolam renang. Karena sulit bagi life guard/ coach/ siapapun yang bisa menolong untuk membedakan apakah teriakan itu bercanda atau serius. Pertolongan harus dilakukan secara cepat saat dibutuhkan dengan hanya mendengar teriakan.
  12. Dilarang berlarian atau lompat-lompatan disekitar kolam karena lantai basah sangat berbahaya
  13. Dilarang bermain-main dengan lampu yang berada di dalam kolam
  14. Dilarang melakukan lompatan salto dari darat ke kolam
  15. Dilarang renang saat ada petir atau kilat baik hujan ataupun tidak.
  16. Saat hujan, berteduh di tempat kering, lantai kering dan memakai handuk, tutupi bagian bahu dan leher
  17. Dilarang mendekat atau bermain di daerah yang terdapat aliran listrik selama ada bagian tubuh yang basah
  18. Memakai sunblock khususnya bagian wajah, dilakukan minimal 30 menit sebelum renang agar sunblock tidak meleleh dan masuk ke dalam mata yang dapat mengakibatkan mata sangat perih. Selain itu agar sunblock lebih bisa meresap dulu ke dalam kulit.
  19. Untuk siapapun, wajib memakai kacamata renang selama renang baik latihan ataupun hanya bermain di kolam renang karena untuk mencegah iritasi mata dan sakit mata karena masuk virus. Selain itu disarankan agar mata bisa selalu terbuka selama di air untuk mencegah tabrakan di kolam renang.
  20. Jangan pernah renang di kolam renang yang tidak ada pengawasnya.

Demikian artikel 20 Aturan Sebelum Berenang yang Perlu Diperhatikan. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "20 Aturan yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berenang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel