9 Jenis Kecerdasan Anak Menurut Dr Howard Gardner

9 Jenis Kecerdasan Anak Menurut Dr Howard Gardner
9 Jenis Kecerdasan Anak - Seorang psikolog dan ahli pendidikan dari Universitas Harvard AS, Prof. Dr. Howard Gardner, merumuskan sebuah teori yaitu multiple intelligences (kecerdasan ganda/ majemuk). Menurut penelitiannya, di dalam diri setiap anak tersimpan sembilan jenis kecerdasan yang siap berkembang. Apa saja sembilan jenis kecerdasan itu? Berikut penjelasannya:


  1. Pertama, kecerdasan linguistik (linguistic intelligence). Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan untuk menggunakan dan mengolah kata–kata secara efektif baik secara oral maupun secara tertulis. Mereka yang memiliki kecerdasan ini misalnya pencipta puisi, editor, jurnalis, dramawan, sastrawan, orator.
  2. Kedua, kecerdasan matematis-logis (logical–mathematical intelligence). Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan penggunaan bilangan dan logika. Jalan pikiran bernalar dengan mudah mengembangkan pola sebab akibat. Mereka yang memiliki kecerdasan ini misalnya matematikus, programer, logikus. Tokoh terkenal seperti Habibie yang ahli pesawat.
  3. Ketiga, kecerdasan ruang (spatial intelligence). Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan untuk menangkap dunia ruang visual secara tepat dan kemampuan untuk mengenal bentuk dan benda secara tepat serta mempunyai daya imajinasi secara tepat. Mereka yang memiliki kecerdasan ini misalnya pemburu, arsitek, dekorator.
  4. Keempat, kecerdasan kinestetik-badani (bodily-kinesthetic intelligence). Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan. Mereka yang memiliki kecerdasan ini misalnya aktor, atlet, penari, ahli bedah.
  5. Kelima, kecerdasan musikal (musical intelligence). Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati bentuk–bentuk musik dan suara, peka terhadap ritme, melodi, dan intonasi serta kemampuan memainkan alat musik. Mereka yang memiliki kecerdasan ini misalnya komponis. Tokoh terkenal seperti Beethoven, Mozart.
  6. Keenam, kecerdasan interpersonal (interpersonal intelligence). Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, temperamen orang lain. Kemampuan yang menonjol dalam berelasi dan berkomunikasi dengan berbagai orang. Mereka yang memiliki kecerdasan ini misalnya komunikator, fasilitator.
  7. Ketujuh, kecerdasan intrapersonal (intrapersonal intelligence). Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan berkaitan dengan pengetahuan akan diri sendiri dan kemampuan untuk bertindak secara adaptif berdasar pengalaman diri serta mampu berefleksi dan keseimbangan diri, kesadaran tinggi akan gagasan–gagasan. Mereka mudah berkonsentrasi dengan baik, suka bekerja sendiri, dan cenderung pendiam.
  8. Kedelapan, kecerdasan lingkungan/ naturalis (naturalist intelligence). Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan untuk mengerti flora dan fauna dengan baik, menikmati alam, mengenal tanaman dan binatang dengan baik.
  9. Kesembilan, kecerdasan eksistensial (exixtential intelligence). Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan menyangkut kepekaan dan kemampuan seseorang untuk menjawab persoalan–persoalan terdalam keberadaan atau eksistensi manusia. Mereka yang memiliki kecerdasan ini misalnya persoalan mengapa ada, apa makna hidup ini.
Diatas adalah 9 jenis kecerdasan anak menurut Dr Howard Gardner. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "9 Jenis Kecerdasan Anak Menurut Dr Howard Gardner"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel