Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Kebiasaan Kecil Yang Membuat Anda Tetap Sehat & Hidup Seimbang

6 Kebiasaan Kecil Yang Membuat Anda Tetap Sehat & Hidup Seimbang
6 Kebiasaan Kecil Yang Membuat Tetap Sehat & Hidup Seimbang - Anda pasti ingin tetap sehat dan hidup seimbang kan? Berikut ini adalah tips dari dr Sung dalam SB30 Health tentang 6 kebiasaan kecil, ringan dan mudah dilakukan agar Anda tetap sehat dan hidup seimbang 

Kebiasaan kecil yang pertama adalah bersyukur. 

Kita bisa memulai hari kita dengan bersyukur. Caranya bagaimana?. Anda bisa memanjatkan doa dan mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT karena telah diberikan kesempatan untuk bernapas. Anda bisa tersenyum. Anda bisa bertemu dengan istri Anda. Anda bisa bertemu dengan anak-anak Anda dalam suasana bahagia. Pada saat mengawali hari, banyak orang yang lupa bersyukur. Banyak orang yang langsung mengambil HP mereka, bahkan lupa mengucapkan selamat pagi untuk istri di sampingnya. 

Yang diambil adalah HP mereka terlebih dahulu. Mungkin membaca status orang atau membaca kegalauan orang lain. Jika Anda melakukan hal-hal seperti ini, maka mood Anda akan terasa tidak baik sepanjang hari itu. Kemudian, Anda bisa bersyukur tanpa harus melihat BOS. Apa itu BOS? Yaitu Barang, Orang dan Situasi. 

Banyak orang yang baru bersyukur ketika mereka misalnya mendapatkan kenaikan pangkat, kenaikan gaji, dapat rezeki, atau ketika anak mereka lulus ujian. Tetapi ketika mereka mendapatkan masalah, mereka lupa bersyukur. Ketika mendapatkan masalah, mereka malah menyalahkan orang lain. Menyalahkan istrinya, menyalahkan anaknya, bosnya, atau karyawannya. 

Dengan demikian, mereka lupa yang namanya bersyukur. Terutama bagi mereka yang misalnya sedang sakit kepala. Apabila Anda menderita sakit kepala, maka Anda harus tetap bersyukur. Justru sakit kepala ini merupakan teguran untuk Anda. Jadi Anda harus memikirkan, “Kenapa saya diberikan sakit kepala? Mungkin saya kurang istirahat. Mungkin saya terlalu tertekan. Pekerjaan saya terlalu banyak. Mungkin makanan saya tidak baik”. 

Jadi Anda harus bersyukur karena Anda tidak langsung kena stroke. Banyak orang yang tidak sadar mengapa mereka sakit kepala. Jadi, cobalah untuk bersyukur dan mengerti mengapa Anda bisa sakit kepala. Begitu pula dengan sakit-sakit yang lainnya. Itu merupakan tAnda atau gejala yang masih ringan untuk Anda. 

Kebiasaan kecil yang kedua adalah cukup mengkonsumsi air putih. 

Yang dimaksud air putih disini adalah air mineral bukan air susu. Yaitu air yang mengandung mineral. Mengapa? Karena tubuh kita 70% adalah cairan. Sehingga air sangat penting bagi metabolisme di dalam tubuh Anda. Kemudian, air juga berperan untuk sirkulasi darah. Anda bisa bayangkan jika tubuh Anda dehidrasi atau kekurangan cairan, maka sirkulasi di dalam tubuh Anda akan terbebani. 

Jantung Anda akan bekerja lebih berat. Mungkin Anda sering ke bandara, bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri atau luar kota menggunakan pesawat. Ketika di toilet, disitu ada ukuran warna air seni Anda. Mulai dari warna kuning pekat, kuning dan putih. Sebenarnya itu merupakan suatu peringatan untuk Anda bahwa Anda harus cukup minum. 

Dan jika tubuh Anda kekurangan cairan, maka Anda akan mudah mengalami demam karena cairan berfungsi untuk membantu dalam mengontrol suhu tubuh Anda. Air juga berperan penting dalam membantu proses detoksifikasi. Mengapa? Karena tubuh kita mengeluarkan racun melalui Buang Air Besar, melalui pernapasan, melalui air seni dan melalui keringat. Disini air berperan penting melalui air seni dan keringat. 

Kebiasaan kecil yang ketiga adalah menghirup udara bersih. 

Mengapa udara bersih? Karena Anda tidak makan 1-2 hari, Anda masih tetap hidup. Anda tidak minum 1 hari, misalnya ketika berpuasa. Anda masih hidup. Tetapi coba Anda tidak bernapas 5-10 menit. Anda sudah tahu jawabannya. Anda tidak bisa hidup lagi. Anda bisa memperoleh udara bersih tersebut dimana? 

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, Anda bisa bangun pagi lebih awal. Anda keluar, Anda buka jendela Anda, maka Anda bisa menghirup udara bersih. Atau mungkin Anda bisa rekreasi ke pegunungan. Disana Anda bisa mendapatkan udara bersih. Dan poin penting yang ingin saya sampaikan mengenai udara bersih ini adalah cobalah menjaga lingkungan kita dimulai dari diri kita sendiri dulu. Jadi Anda harus menjaga lingkungan Anda agar udaranya tetap bersih. 

Caranya bagaimana?. Yang pertama adalah tidak membakar sampah sembarangan. Dengan Anda membakar sampah sembarangan, sebenarnya Anda telah mencemari udara di lingkungan Anda. Kemudian yang kedua adalah kurangi jumlah rokok Anda. Dan kalau bisa, hentikan kebiasaan merokok tersebut. Bisa bayangkan jika beberapa juta orang yang merokok, polusi udaranya seperti apa? Anda mungkin bisa melihat di suatu tempat banyak orang yang merokok. Maka udaranya akan seperti kabut. Atau mungkin kalau Anda memang harus merokok, pergilah ke tempat khusus yang disediakan untuk para perokok. 

Kebiasaan kecil yang keempat adalah berolahraga kecil ditambah sinar matahari. 

Olahraga kecil yang dimaksud adalah untuk memperbaiki metabolisme tubuh Anda. Dengan melakukan olahraga kecil, maka tingkat stress Anda akan menurun. Mengapa?. Karena otak Anda akan mengeluarkan suatu hormon yang namanya hormon endorfin. Ketika Anda bahagia, otak Anda akan menghasilkan hormon yang namanya hormon endorfin. Lakukan olahraga kecil. Jangan terlalu berat untuk Anda. 

Sesuaikan dengan usia Anda, sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Dan Anda boleh berolahraga bersama teman-teman Anda. Mungkin itu akan membuat Anda lebih happy. Membuat Anda lebih bahagia. Kemudian sinar matahari. Apa sih pentingnya sinar matahari bagi tubuh Anda?. Mungkin di waktu SD Anda belajar bahwa sinar matahari itu bisa menghasilkan vitamin D. 

Sebenarnya, bukan sinar mataharinya yang menghasilkan vitamin D. Jadi di dalam tubuh dan kulit manusia terdapat kolesterol yang mengandung pro vitamin D. Dengan bantuan sinar matahari, pro vitamin D ini akan diubah menjadi vitamin D dan dapat digunakan oleh tubuh kita. Jika jumlah vitamin D di dalam tubuh kita cukup, maka kita tidak akan mudah sakit. Jadi, imun kita akan lebih kuat. 

Kebiasaan kecil yang kelima, yaitu makan teratur. 

Apa tujuan kita makan teratur?. Supaya kita bisa mendapatkan energi setiap harinya dari makanan kita. Dengan makan teratur, kita juga bisa mencegah penyakit-penyakit masalah pencernaan, contohnya seperti sakit maag. Banyak orang karena sibuk bekerja sampai lupa makan. 

Akhirnya, maag mereka sering kambuh, Ada yang sampai tukak lambung. Tukak lambung yaitu lambungnya bolong. Orang tua merupakan figur atau merupakan contoh bagi anak-anak mereka. Jadi kebiasaan orang tua akan ditiru oleh anak-anaknya, termasuk kebiasaan makan. Jika orang tua makanannya tinggi gula, suka makan larut malam, atau suka makan makanan berat tanpa diukur. Maka anak-anak mereka akan meniru. 

Dengan demikian jika orang tuanya terkena diabetes, kemungkinan besar anaknya pun akan terkena diabetes. Jadi untuk Anda para orang tua, Anda dapat mengajarkan anak-anak Anda untuk hidup yang lebih baik. 

Kebiasaan kecil yang keenam yaitu tidur/istirahat yang cukup. 

Jadi tidur yang cukup dan berkualitas 6-8 jam per hari. Apa sih pentingnya tidur di malam hari? Jadi setelah capek beraktivitas dari pagi hingga sore hari, bahkan hingga malam hari, tubuh Anda membutuhkan recovery. Jadi di saat Anda tidur, sel-sel di dalam tubuh Anda, sel-sel syaraf di dalam otak Anda itu akan di-recovery. Akan regenerasi kembali. Terutama bagi mereka yang banyak menggunakan otak mereka untuk berpikir. Mereka yang menggunakan otaknya untuk menganalisa sesuatu. Mereka yang seperti itu butuh waktu tidur yang lebih lama. Butuh “tidur yang berkualitas”. 

Tidur Anda harus berkualitas dan jumlah waktu tidur Anda harus cukup. Dan satu lagi, bagi para remaja yang ingin tubuhnya bertambah tinggi. Pada malam hari, Anda harus tidur cukup. Jangan habiskan waktu Anda di malam hari untuk main game. Jangan habiskan waktu Anda di malam hari untuk menonton drama Korea. Anda boleh nonton, tetapi aturlah waktu Anda dengan baik. Dan jika waktunya untuk tidur, maka Anda harus tidur. 

Oke, semoga 6 kebiasaan kecil ini dapat Anda mengerti dan dapat Anda jalani. Ini sangat mudah untuk Anda. 

Posting Komentar untuk "6 Kebiasaan Kecil Yang Membuat Anda Tetap Sehat & Hidup Seimbang"