5 Tips Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

5 Tips Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar
Cara menangani luka bakar - Sebagian besar orang akan mencari odol (pasta gigi) untuk di gunakan sebagai pertolongan pertama saat terjadi luka bakar semisal terkena cipratan minyak panas atau terkena knalpot. Namun, pertolongan pertama luka bakar dengan menggunakan odol, mentega maupun diolesi bahan lain sebenarnya tidak boleh. Bukannya sembuh, hal tersebut bisa menyebabkan iritasi, menambah peradangan bahkan dapat menyebabkan infeksi pada jaringan kulit yang justru makin memperparah luka bakar

Lalu bagaimana cara yg tepat untuk menangani luka bakar? berikut 5 tips pertolongan pertama saat terjadi luka bakar

1.  Siram luka bakar dengan air yang mengalir

Untuk menghilangkan rasa panas dan nyeri, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyiram bagian tubuh yang terluka dengan air mengalir selama 20 menit. Untuk menyiram luka bakar ini, gunakan air biasa. Jangan merendam luka bakar atau menyiram dengan air dingin karena dapat memicu kerusakan jaringan tubuh dan membuat luka semakin dalam karena perubahan suhu secara tiba-tiba. 

2.  Jika tidak ada air mengalir, kompres luka bakar dengan kain basah

Untuk menghilangkan panas dan mengurangi rasa sakit bisa juga dengan cara mengompres luka bakar selama 15 menit dengan menggunakan kain basah  . Gunakanlah air biasa, jangan yang terlalu dingin karena air dingin akan membuat luka menjadi iritasi

3.  Oleskan lidah buaya pada luka bakar

Cara ketiga gunakan lidah buaya murni. Ambil daun tanaman lidah buaya kemudian oleskan gel lidah buaya langsung pada luka bakar. Jika tanaman lidah buaya tidak ada, bisa menggunakan gel lidah buaya yang tersedia di toko, namun pastikan persentase lidah buayanya tinggi dan hindari produk yang memiliki zat tambahan, terutama pewarna dan parfum.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan sebuah bukti bahwa lidah buaya cukup efektif dalam menyembuhkan luka bakar tingkat satu sampai tingkat dua. Lidah buaya bermanfaat sebagai anti-inflamasi, meningkatkan sirkulasi udara, dan menghambat pertumbuhan bakteri.

4.  Gunakan madu

Selain untuk diminum, ternyata madu mempunyai manfaat anti inflamasi jika dioleskan pada luka bakar. Selain anti inflamasi, madu juga anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat membantu menyembuhkan luka bakar ringan secara alami.

5.  Lindungi dari infeksi

Memecah bagian kulit yang melepuh dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, jangan menggunakan minyak karena minyak juga dapat menyebabkan infeksi. Jika kulit yang melepuh itu pecah, bersihkan area dengan air dan oleskan salep antibiotik. Tutup luka dengan perban atau kain bersih.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel