Tips Cara Memilih Cobek Batu Asli

Tips Cara Memilih Cobek Batu Asli
Bagaimana cara memilih cobek batu asli yang baik? Saat hendak membeli cobek, kadang kita ragu karena banyak cobek palsu yang terbuat dari semen. Berikut ini tips cara memilih cobek asli yang terbuat dari batu:

1. Cobek batu lebih mahal dari cobek semen.

Karena pembuatan cobek batu prosesnya lebih panjang dimulai dari bongkahan batu. Pembuatan cobek batu melewati beberapa tahap diantaranya memahat bentuk bulatan, membuat ceruk, membentuk seperti mangkok sampai ke tahap menghaluskan.

Sedangkan pembuatan cobek semen cuma dicetak, jadi tahap pembuatannya lebih pendek dibanding cobek batu.

2. Perhatikan pantat cobek.

Cobek batu asli bagian bawahnya sebagian besar tidak rata dan tidak bisa rata karena pembuatannya dipahat. Jadi pasti ada rompal. Sedangkan cobek semen, sebagian besar pantatnya rata karena cobek semen dicetak bukan dipahat.

3. Perhatikan bagian pinggir cobek.

Pada cobek batu, bentuk lengkungannya tidak akan sempurna, pasti ada mencong mencong sedikit. Penyebabnya karena pinggiran cobek dipahat dengan tangan sedangkan batu bahan baku cobek mudah rompal, jadi lengkung pinggiran cobek hasilnya pasti akan mencong, tidak rata atau bergerigi.

4. Pori pori pada cobek batu ukurannya lebih besar daripada cobek semen.

Pori pori pada sebuah cobek semen juga cenderung seragam, sama semua. Sedangkan pori pori pada sebuah cobek batu akan beragam, ada yang kecil dan ada yang besar.

5. Berat.

Cobek batu, jika diangkat terasa lebih berat daripada cobek semen. Dikira-kira saja, untuk cobek diameter sekian beratnya harus sekian.

6. Goresan.

Coba gores cobek dengan benda tajam lalu lihat hasil goresannya. Pada cobek batu, bagian tepi goresan akan terlihat bergerigi dan besar besar. Ini sama halnya anda membuat garis menggunakan crayon dibandingkan membuat garis dengan pensil warna. Garis hasil crayon, bagian tepi harisnya akan bergerigi besar besar.

Warna cobek bukan lagi jaminan pasti terbuat dari batu atau bukan, karena cobek semen bisa diwarnai mirip dengan batu sedangkan warna cobek batu juga bisa berbeda beda.

Demikian tips cara memilih cobek batu asli yang baik. Semoga bermanfaat.

*source: Diar Seonubi

Belum ada Komentar untuk "Tips Cara Memilih Cobek Batu Asli"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel