Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan Zakat, Infaq, Dan Shodaqoh Yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah Perbedaan Zakat, Infaq, Dan Shodaqoh
Perbedaan zakat infaq dan shadaqah - Apa bedanya zakat, infak dan sedekah? Pertanyaan tentang perbedaan zakat infak sodaqoh ini memang masih sering ditanyakan banyak orang. Berikut sedikit artikel yang menjelaskan tentang pertanyaan tersebut 


Perbedaan Zakat, Infaq, Dan Shodaqoh 


Zakat merupakan kewajiban harta yang spesifik, memiliki syarat, alokasi dan waktu tertentu. Zakat memiliki kekhususan seperti zakat fitrah yang dilaksanakan hanya setahun sekali menjelang hari raya Idul Fitri. Di samping itu pendistribusian semua dana zakat juga terikat, alokasi dan distribusinya hanya diberikan kepada delapan golongan sebagaimana dijelaskan dalam QS At Taubah 60

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (At-Taubah: 60)

Dari ayat diatas sudah sangat jelas bahwasanya dana zakat tidak boleh diberikan kepada sembarang orang, selain 8 golongan yang sudah ditentukan syari'at.

Infak yaitu membelanjakan harta yang mencakup zakat dan non-zakat. Infak ada yang wajib ada pula yang sunnah. Infak wajib diantaranya kafarat, nadzar, dan zakat. Infak sunnah diantaranya infak kepada fakir miskin sesama muslim, infak bencana alam, dan lain sebagainya. Untuk alokasi dan distribusinya dana infak dapat diberikan kepada siapapun.

Shodaqoh maknanya lebih luas dari zakat dan infak. Shadaqah dapat bermakna infak, zakat dan kebaikan non-materi.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadits riwayat Muslim : “Setiap tasbih adalah shadaqah, setiap takbir shadaqah, setiap tahmid shadaqah, setiap tahlil shadaqah, amar ma’ruf shadaqah, nahi munkar shadaqah dan menyalurkan syahwatnya pada istri juga shadaqah”. 

Termasuk juga menurut hadits Nabi, senyum yang tulus ikhlas dan kata-kata yang baik itu sebagai salah satu bentuk shadaqah. Demikian pula memberikan kebahagiaan kepada orang lain dalam bentuk apapun yang diridhai Allah adalah perbuatan shadaqah. Dengan demikian secara umum shadaqah bermakna semua kebajikan atau kebaikan yang mengharap ridlo Allah SWT.

Demikian sedikit artikel tentang perbedaan zakat infak sodaqoh. Semoga memberikan pencerahan dan bermanfaat

*sumber: https://www.rumahzakat.org/perbedaan-zakat-infak-dan-shadaqah-2/

Posting Komentar untuk "Perbedaan Zakat, Infaq, Dan Shodaqoh Yang Perlu Kamu Ketahui"