Tips Agar Menjadi Blogger Produktif

Tips Agar Menjadi Blogger Produktif
Konsisten untuk terus menulis artikel adalah salah satu permasalahan besar bagi blogger. Kondisi ini sangat banyak dialami oleh blogger pemula. Sehingga bagi yang tidak tahan akan tereliminasi dari kancah blogging. Nah, agar menjadi blogger produktif, Anda bisa mengikuti sejumlah tips penting ini.

Temukan Ide Tulisan

Supaya tidak kehabisan ide untuk tulisan, sangat dianjurkan bagi pemula untuk membuat konten sesuai keahlian atau kegemarannya. Dengan demikian, akan sangat banyak gagasan yang bisa digali. Selain itu, isi artikelnya juga lebih akurat dan bermanfaat.

Nah, kalau sedang mengalami kebuntuan dalam menulis, karena kehabisan ide maka jangan langsung menyerah. Untuk memotivasinya Anda bisa menyimak postingan blogger lain, membaca buku atau majalah, menonton televisi, memahami permasalahan orang lain, dan sebagainya. Cara lainnya dengan mengandalkan Google AdWord Keyword Planner.

Mulai Menulis Artikel


Kalau ide tulisan sudah ditemukan, maka Anda sudah bisa memulai merangkai tulisan. Draft penulisan sebaiknya disusun dari awal. Terkait dengan judul, kalimat pembuka, isi artikel, dan kesimpulan. Nah, jika artikelnya menawarkan produk atau jasa tertentu, Anda bisa mengakhiri artikel dengan ajakan untuk bertindak atau call to action.

Tips supaya lebih lancar dalam menulis adalah memisahkan proses menulis dengan mengedit tulisan. Jadi tulislah terlebih dahulu secara keseluruhan, lalu barulah untuk mengeditnya. Agar tidak terjadi salah ketik, meringkas tulisan atau mengubah kalimat tertentu. Dengan begitu, akan lebih mudah dipahami oleh pembacanya.

Penting juga untuk memilih tempat yang nyaman dan tidak bising saat menulis. Anda bisa memilih kamar, ruang kerja, perpustakaan, kafe dan sebagainya. Durasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu artikel, tentunya berdasarkan panjang artikelnya. Selain itu, kebutuhan sumber yang memadai.  Dengan melakukan cara ini secara konsisten, maka bisa mengantarkan Anda menjadi blogger produktif.

Menyunting Artikel


Kalau Anda sudah merampungkan artikel tertentu, maka tahapan yang tidak boleh dilewatkan adalah proses penyuntingan atau mengedit. Langkah ini diterapkan agar tidak sampai terjadi kesalahan ketik atau typo, menyederhanakan kalimat, menyisipkan kata kunci atau keyword, memiringkan kata berbahasa asing, menambahkan kata tertentu agar lebih menarik dan sebagainya.

Publikasikan Artikel


Nah, kalau dirasa artikelnya sudah layak tayang, maka Anda bisa segera mempostingnya di blog. Sejumlah komponen yang harus diperhatikan saat akan mempublikasikan tulisan Anda. Tahapan pertamanya adalah melakukan format tulisan supaya tampil lebih bagus. Cara ini bisa dengan mengaplikasikan H3 di berbagai poin bahasan. Termasuk menyematkan fitur read more, supaya postingannya tidak terlalu panjang penampilannya.

Tahapan kedua dengan memasang link atau tautan menggunakan postingan sendiri atau dari blog lain. Kemudian untuk langkah ketiga bisa dengan menambahkan gambar pada kontennya. Dengan begitu, semakin menambah estetika penampilan halaman blog Anda. Sehingga konten blog semakin memikat orang untuk membacanya.

Saat akan menyelipkan gambar, pastikan fotonya tidak melanggar hak cipta. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan sumber pada fotonya. Bila semua komponen tersebut sudah terpenuhi, maka Anda tinggal menekan menu tombol publish. Dalam sesaat artikel Anda sudah bisa diakses oleh warganet.

Supaya lebih memastikan postingan tetap menarik dan tidak terjadi kesalahan apapun. Ada baiknya Anda membuka dan membaca postingannya berulang kali. Tujuannya agar bisa memperbaiki berbagai hal yang sekiranya kurang optimal. Dengan mengikuti berbagai tips di atas maka, keinginan menjadi blogger produktif akan lebih mudah terealisasi.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Menjadi Blogger Produktif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel