Jenis Blog Ini Penting Diketahui Sebelum Menjadi Blogger

Jenis Blog Ini Penting Diketahui Sebelum Menjadi Blogger
Anda tertarik untuk membuat dan mengembangkan blog? Ada baiknya Anda mengetahui berbagai jenis blog. Agar lebih konsisten dalam memposting artikel dan digemari banyak netizen. Jadi kenali dulu macamnya, sebelum Anda membuat sebuah blog.

Blog Pribadi

Blog ini dibuat bukan dengan tujuan komersil. Karena hanya sebatas sebagai buku catatan online atau sekadar mengisi waktu luang. Biasanya bahasan postingannya juga bermacam-macam. Biasanya terkait dengan aktivitas hariannya, perasaan atau kejadian istimewa yang dialaminya, opininya terkait dunia politik, dan lain sebagainya.

Pemilik blog tidak memiliki tuntutan harus menulis topik tertentu. Sehingga merasa selalu enjoy dalam menulis. Tanpa adanya keharusan postingan rutin dan bahasan khusus. Mereka bebas untuk memposting konten kapan saja, sesuai keinginan dan waktu luangnya.

Blog Otoritas

Nah, kebalikan dari blog pribadi atau blog otoritas. Kalau blog ini memang dikerjakan secara serius dan profesional. Penulisnya harus sangat memahami tema yang dipostingnya. Agar memikat pengunjung dan terus meningkat trafiknya, maka blog ini tidak hanya mengandalkan mesin pencari saja. Akan tetapi juga menggaet netizen melalui berbagai media sosial, sepertyi Twitter, Pinterest, Instagram, Facebook dan sebagainya.

Oleh karena itu, seandainya akses dari mesin pencari kurang optimal, maka blog ini masih tetap mendapatkan kunjungan dari pengguna akun media sosial. Blog otoritas tidak begitu mengutamakan kata kunci atau keyword di setiap postingan kontennya. Biasanya blog ini menggambarkan tema seperti teknologi, pengembangan diri, kesehatan, olahraga, rumah, otomotif dan sebagainya.

Blog Niche

Kalau blog otoritas tidak fokus pada penggunaan kata kunci, maka blog niche menganut pemahaman yang sebaliknya. Oleh karena itu, blog niche dirancang untuk fokus mengembangkan kata kunci tertentu. Dengan harapan, konten yang dipublikasikan di blog bisa bertengger di halaman pertama mesin pencari. Sehingga dalam pembuatannya mempunyai pola berupa riset keyword, merancang konten dan kemudian melakukan optimasi di mesin pencari.

Trafik blog ini sangat bergantung pada rekomendasi mesin pencari terutama Google. Karena itu, untuk menunjangnya biasanya pemilik blog akan bekerja keras mencari backlink sebanyak mungkin. Tujuannya sangat jelas, agar bisa menduduki halalan satu di Google.

Sebagian besar kunjungan ditunjang oleh Google, sehingga bila terjadi pembaharuan algoritma pencarian biasanya trafik blog bisa menurun sangat drastis. Untuk itu jangan sampai ada ketentuan yang dilanggar oleh blog. Supaya trafik terus meningkat maka sangat penting memastikan konten serta backlink blognya bermutu.

Blog Perusahaan

Perusahaan biasanya tidak hanya mengembangkan website sebagai pendukung bisnisnya. Tapi juga mengembangkan blog, sebagai media untuk pengenalan produk atau jasa terkini, memberikan informasi penting dan menjalin komunikasi dua arah dengan pelanggan setianya. Oleh karena itu, jenis blog ini tidak akan dimonetisasi oleh iklan dari pihak ketiga.

Blog Spam

Unsur kualitas sangat tidak diperhatikan dalam pembuatan blog spam. Biasanya blog tersebut dirancang sebagai blog AGC atau Automatically Generated Content. Oleh karenanya bisa dibuat dengan jumlah masif secara mudah. Pemilik blog ini tinggal mengandalkan perangkat lunak atau software khusus. Bisa juga menggunakan plugin atau kode khusus.

Tujuan dari cara itu adalah untuk mengambil konten dari website atau blog lain. Sehingga blog spam bisa terisi oleh banyak konten dengan mudah dan cepat. Oleh karena mengambil konten tanpa seizin pemiliknya, maka dianggap sebagai pelanggaran hak cipta. Wajar saja bila pemilik konten tidak menyukai aktivitas tersebut.

Akan tetapi Google juga tidak tinggal diam dengan kondisi tersebut. Mesin pencari ini akan melakukan pembersihan terhadap blog spam atau yang kontennya tidak berkualitas. Jadi, sebaiknya kalau ingin menjadi blogger sejati, jangan pernah membuat jenis blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Blog Ini Penting Diketahui Sebelum Menjadi Blogger"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel