Cara Mengatur Blog Baru Bagi Pemula

Cara Mengatur Blog Baru Bagi Pemula

Cara Mengatur Blog Baru Bagi Pemula
Cara Mengatur Blog Baru adalah pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh para pembuat blog baru. Sejujurnya tahapan ini adalah tahapan yang sifatnya sekunder, dan ada tahapan lain yang sifatnya primer. Berikut ini adalah langkah langkah awal yang wajib direfleksikan terlebih dahulu oleh para pembuat blog baru sebelum mencoba belajar bagaimana cara mengatur blog baru.
 

Tetapkan tujuan

Tanpa tujuan yang jelas, maka blog yang dibuat hanya akan menjadi blog yang sebentar tumbuh lalu mati karena tak punya tujuan. Ribuan atau bahkan ratusan ribu bahkan jutaan orang mempunyai mimpi untuk mempunyai blog yang sukses. Diantara orang orang tersebut ada yang sudah mempunyai tujuan, dan ada yang belum punya tujuan apa apa. Siapa yang akan sukses? Tidak akan pernah bisa diprediksi. Siapa yang gagal? Sudah dapat diprediksi sejak awal, mereka adalah orang orang yang mendirikan blog tanpa tujuan. Beberapa tujuan orang membuat blog adalah; berbagi cerita, hobi menulis, memberikan opini, mempromosikan sesuatu, menghasilkan uang lewat blog, dan masih banyak lagi. pertanyaannya apa tujuan anda membuat blog?. Jawab  lah dulu pertanyaan ini sebelum membaca ke poin berikutnya.
 

Memilih CMS

Setelah menemukan apa tujuan pembuatan blog anda, kini saat menentukan CMS atau platform yang paling sesuai dengan blog yang anda buat. Sangat penting untuk menentukan hal ini sejak awal agar tidak menimbulkan kerancuan di kemudian hari. Sampai saat ini ada beberapa CMS yang cukup populer seperti; Blogspot, Tumblr, Wix, Weebly, dan WordPress. Tentunya masih ada CMS lainnya, dan masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Jadi pelajarilah hal hal ini terlebih dahulu, lalu putuskan untuk memakai yang mana.
 

Tentukan topik utama

Topik utama sangat penting, dan hal ini terkait erat dengan langkah nomor 1 diatas. Pilihlah topik yang paling anda kuasai dengan baik. Ingatlah bahwa apa pun topiknya, blog yang anda buat sudah mempunyai pangsa pasarnya masing masing. Jadi anda tidak perlu minder jika ternyata topik utama anda sudah banyak diambil orang lain. Paling penting adalah anda menyukai topik itu, lalu menguasai topik itu agar nantinya blog yang dibuat tidak terbengkalai.
 

Tentukan Domain atau URL
Langkah ini sangat penting karena nantinya akan menyangkut identitas blog anda. Usahakan nama URL sesuai dengan topik blog anda, lalu mudah diingat, dilafalkan, dan dituliskan. Jika anda memang serius ingin membuat blog, maka sangat disarankan pula untuk langsung membeli domain yang berbayar. Hal ini akan semakin menunjukkan keseriusan dan profesionalitas seorang blogger.
 

Pilih template

Pemilihan template sebenarnya bebas dan tidak ada aturan yang baku. Tergantung kreatifitas anda, dan yang penting template anda enak dipandang, dan nyaman, serta rapi bagi pembaca blog yang anda buat. Itulah kunci kesuksesan sebuah template.
 

Pilih jenis konten yang tepat
Berdasarkan data suatu forum, saat ini diperkirakan ada hampir tiga juta konten baru yang muncul setiap hari. Jadi pastikan konten yang anda buat selalu up to date dan tepat sesuai tujuan awal anda membuat blog. Hal ini akan membuat yang anda buat tetap disukai.
Setelah anda dapat menemukan jawaban atas ke enam hal tadi, barulah anda layak untuk lanjut ke tahap selanjutnya yaitu Cara Mengatur Blog Baru. Selamat mencoba.



Baca juga: