30 Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Untuk Lebaran 2020 M/ 1441 H

Resep Cara Membuat Opor Ayam - Setelah puasa usai, maka umat islam merayakan hari raya idul fitri atau biasa kita kenal dengan hari lebaran. Nah biasanya nih, di hari lebaran opor ayam menjadi salah satu menu spesial di hari yang penuh makna


Opor ayam terbuat dari olahan ayam yang dibalur dengan sejumlah bumbu kuning yang dibuat berkuah. Opor ayam ini paling enak jika disantap dengan ketupat maupun lontong sehingga tidak salah jika opor ayam identik dengan hari raya Idul Fitri.

Berikut saya tuliskan resep opor ayam dari berbagai sumber sebagai persiapan untuk menu lebaran 1440 H/ 2019 mendatang. Selamat mencoba ya! Sajikan menu-menu yang spesial di hari yang juga spesial.



30 Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Untuk Lebaran 2019 M/ 1440 H


Opor Ayam by Ana
 
Opor Ayam by Ana

Bahan-bahan

  • 2 ekor (550 gr)ayam kampung
  • 12 butir telur ayam direbus, kupas
  • 12 ptg tahu kuning
  • 8 lmbr daun salam
  • 8 lmbr daun jeruk
  • 4 btg sereh
  • 6 cm lengkuas
  • 3 buah cabe merah diiris tipis
  • 12 btr bawang merah
  • 8 btr bawang putih
  • 4 cm jahe
  • 1 sdt jinten
  • 3 cm kayu manis
  • Garam , gula, royco ayam secukupnya
  • 12 butir kemiri
  • 3 bungkus santan kara (100 ml )
  • Bawang goreng buat taburan
Cara membuat:
  1. Ayam dipotong kecil jadi 8, lumuri jeruk nipis
  2. Haluskan bumbu bawang merah, b putih, kunyit, kemiri
  3. Tumis bumbu yg dihaluskan, masukan lengkuas, daun salam, daun jeruk, serai sampai harum.
  4. Masukan ayam aduk sampai berubah warna, masukan santan encer. Biarkan mendidih sampai ayam agak empuk.
  5. Tuang santan kental, masukan telur rebus dan tahu. Masak sampai keluar minyak.
  6. Taburi bawang goreng
  7. Selamat menikmati
Opor Ayam Kuah Kuning
Opor Ayam Kuah Kuning

Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong-potong jadi beberapa bagian
  • 500 ml santan kental
  • 1 liter santan encer
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • 2 cm lengkuas, geprak
  • 1 cm jahe, geprak
Bumbu halus:
  • 3 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 5 butir kemiri
  • 1 cm kunyit
  • 1/2 sdt jinten
  • 1 sdt ketumbar
  • garam, gula dan merica secukupnya
Cara memasak:
  1. Sangrai sebentar kemiri, jinten, ketumbar dan kunyit, lalu haluskan bersama bahan bumbu lainnya. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, serai, lengkuas dan jahe. Tumis hingga harum.
  2. Masukkan ayam dan campur degan bumbu halus. Tambahkan garam, gula dan merica secukupnya. Tuang santan encer . Aduk hingga tercampur rata dan masak hingga kuah agak menyusut.
  3. Setelah kuah agak menyusut, tuangkan santan kental dan masak lagi hingga kuah mengental dan bumbu meresap.
  4. Beri taburan bawang goreng. Selamat mencoba di rumah.
Opor Ayam Kuning by Wiji
Opor Ayam Kuning by Wiji

Bahan-bahan

  • 2 ekor ayam potong 16 (1 ekor potong 8 )
  • 1 liter santan kental dari 2 butir kelapa
  • 1 liter santan encer
  • 2 sendok makan garam
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang sereh di geprek
BUMBU HALUS
  • 7 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 1 sendok makan ketumbar sangrai
  • 5 cm kunyit
  • 2 sendok makan gula putih
Cara membuaat:
  1. Rebus ayam dengan santan encer ...masukan daun salam dan sereh
  2. Tumis bumbu halus sampai matang dan harum ....setelah rebusan ayam mendidih kira kira 10 menit .masukan tumisan bumbu dan santan kental
  3. Tambahkan garam dan gula aduk rata
  4. Kecilkan api ..masak sampai ayam benar 2x empuk tapi jangan sampai ayam hancur .
  5. Setelah di rasa cukup matang matikan api dan tambah kan bawang merah goreng .
  6. Opor siap di sajikan .
  7. Bagi yg suka pakai micin /penyedap rasa boleh di tambah kan secukup y saja


Opor ayam merah by yNy
Opor ayam merah by yNy

Bahan-bahan

  • 1 kg ayam (campur ati+ampela)
  • 300 ml santan kaleng (sesuai selera az)
  • 5 lbr daun jeruk
  • 2 lbr daun salam
  • 2 btg sereh (memarkan)
  • 3 cm lengkuas (memarkan)
  • garam n gula merah secukupnya
  • air secukupnya
Bumbu halus :
  • 8 bh bawang merah
  • 5 bh bawang putih
  • 5 bh kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • cabe merah sesuai selera
  • Sedikit jinten bubuk
Cara membuat:
  1. Tumis bumbu halus n rempah hingga harum lalu masukkan ayam aduk2 n ungkep sebentar.tuangkan air n santan aduk,beri garam+gula.rebus hingga ayam matang n bumbu meresap
  2. Kurebus 40mntan nih dah jadi
  3. Selamat mencoba


Opor Ayam Special ala Mamak Yatmi
Opor Ayam Special ala Mamak Yatmi

Bahan-bahan

  • 2 ekor ayam
  • 1 mangkuk santan kental
  • 8 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 8 butir kemiri sangrai
  • 2 jari kunyit
  • 1 jari lengkuas
  • 1 ruas jahe
  • 1 sdm merica
  • 2 sdm ketumbar
  • 2 batang sereh
  • 5 lembar daun salam
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
Cara membuat:
  1. Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, merica, ketumbar. Lalu tumis hingga harum dengan sedikit minyak goreng
  2. Setelah bumbu harum, masukan sereh,daun salam dan lengkuas yg sudah dimemarkan. Setelah harum masukan ayam hingga setengah matany
  3. Masukan santan perlahan smbil di aduk2 dan tambahkan air, gula, garam, kaldu secukupnya, tunggu sampai matang
Opor Ayam Masak Nanas
Opor Ayam Masak Nanas
Bumbu halus:

  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri, sangrai dulu
Bahan:
  • 1 ekor ayam, potong jadi 10 bagian
  • 250 gram nanas, potong dadu
  • 250 ml santan kental
  • 750 ml air
  • 100 ml susu kedelai tawar
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 sdt garam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 sdt air asam jawa
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • gula secukupnya
Cara Membuat:
  1. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk dan air asam jawa hingga harum dan berubah warnanya.
  2. Masukkan ayam, tambahkan air, gula, merica dan garam. Masak hingga ayam empuk.
  3. Tuangkan susu kedelai dan santan kental, serta nanas. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan biarkan hingga mendidih. Angkat, dan siap dihidangkan.
TIPS:
  • Rasanya lebih menggugah selera apabila ditaburi dengan bawang goreng.


Opor Ayam Royco
Opor Ayam Royco

Bahan:

  • 1 ekor ayam (berat sekitar 1 kg), disarankan jenis ayam kampung
  • 1 liter santan encer
  • 500 ml santan kental
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun kunyit
  • 1 ibu jari lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sachet Royco Bumbu Pelezat Serbaguna Rasa Ayam
  • 2 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan
Bumbu halus:
  • 3 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1 sendok teh lada disangrai
  • 1 sendok teh ketumbar disangrai
  • 5 butir kemiri
  • 1 sendok makan gula pasir
Cara Masak:
  1. Campur ayam dengan bumbu halus, lalu biarkan selama sekitar 15 menit hingga bumbu meresap.
  2. Rebus santan encer, lalu masukkan semua bahan (kecuali santan kental) dan Royco Bumbu Pelezat Serbaguna Rasa Ayam. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
  3. Masukkan santan kental, aduk perlahan hingga ayam empuk. Angkat.
  4. Bila Anda menyukai opor dengan kuah yang banyak, Anda bisa menambahkan air sesuai selera.
  5. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.


Ayam Opor Kecombrang
Ayam Opor Kecombrang

Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong 10
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk, buang tulang, iris
  • 2 lembar daun salem
  • 5 lembar kelopak kecombrang, iris
  • 2 sdt air asam jawa dari 1 sdt dan 2 sdm air
  • ½ sdt merica bubuk
  • 350 ml susu kedelai tawar
  • garam, gula, minyak
Bumbu Halus:
  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri, sangrai
Cara Membuat:
  1. Lumuri ayam dengan air jeruk dan garam
  2. Tumis bumbu halus. Tambahkan serai, jahe, daun jeruk, dan kecombrang, hingga harum
  3. Masukkan ayam, masak sampai berubah warna. Tambahkan garam, gula, merica
  4. Koreksi rasanya. Tuang susu kedelai, aduk perlahan
  5. Masak dengan api sedang sampai masak. Masukkan air asam jawa. Siap dihidangkan.


Resep Ayam Panggang with Saos Opor
Resep Ayam Panggang with Saos Opor

Bahan untuk ayam:

  • 1 ekor ayam
  • Garam
  • Lada hitam
  • 3 helai daun thyme
  • Daun salam
  • 1 jeruk lemon
  • Minyak sayur
Cara membuatnya:
  1. Rendam ayam di dalam campuran 50 gr garam, lada hitam, daun thyme, daun salam air jeruk lemon dan juga 1 liter air mineral. Kemudian diamkan selama 30 menit. Lalu keluarkan ayam dan keringkan menggunakan tisu.
  2. Setelah itu keringkan kulit ayam dengan menggunakan hair dryer hingga benar-benar kering (proses ini sangat membantu dalam menghasilkan kulit luar ayam panggang yang renyah dan gurih)
  3. Panggang ayam dalam oven bersuhu 200' selama 30 hingga 40 menit. Lalu diamkan selama 30 menit dengan menutup atas ayam dengan menggunakan alumunium foil.
Bumbu opor:
  • 3 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 3 kemiri
  • 1 sdt biji ketumbar
  • 1/2 sdt pala
  • 2cm lengkuas
  • Gula
  • Garam
Cara membuat:
  1. Haluskan semua bahan ini kecuali daun salam dengan menggunakan blender.
  2. Tumis dan masak di dalam panci hingga harum kemudian tambahkan daun salam , kemudian tambahkan bumbu dengan garam atau gula untuk membuatnya lebih gurih.
  3. Sajikan bersama dengan ayam panggang dan juga karbohidrat lainnya seperti nasi putih, kentang panggang atau rebus.

NB:
Ayam pun bisa digoreng dengan menggunakan butter, goreng sampai cokelat. Dan trik supaya warna butter tidak terlalu gosong tambahkan minyak sedikit, sehingga bisa mendapatkan ayam berwarna cokelat seperti dipanggang
Opor Ayam Kampung
Opor Ayam Kampung

Bahan:

  • 1 kg ayam, potong sesuai selera
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sdt gula merah
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 3 batang serai, memarkan
  • 3 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 750 ml santan encer
  • 250 ml santan kental
  • minyak goreng
Bumbu Yang Dihaluskan:
  • 12 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 1 ruas kunyit, bakar
  • 1/8 sdt jintan
Cara Memasak:
  1. Tumis semua bumbu halus, tambahkan lengkuas, daun salam, serai, dan jahe.
  2. Tumis sampai berbau harum.
  3. Masukkan ayam dan masak sampai berubah warna.
  4. Tuangkan santan encer dan aduk rata.
  5. Tambahkan garam, gula merah, dan merica dan aduk lagi sampai rata.
  6. Masak sampai bumbu dan santan meresap.
  7. Tuangkan santan kental dan masak sampai mengental.
  8. Angkat dan sajikan bersama lontong atau ketupat.
Opor Ayam Kampung by tyasprabowo
Opor Ayam Kampung by tyasprabowo

Bahan-bahan

  • 1 Ekor Ayam Kampung
  • Bumbu Halus :
  • 8 Siung Bawang Putih
  • 6 Butir Bawang Merah
  • 2 cm Kunyit
  • 2 cm Jahe
  • 8 Butir Kemiri
  • 1 sdm Ketumbar
  • 2 Batang Serai (geprek)
  • 500 ml Santan
  • Secukupnya garam, gula
Langkah
  1. Potong2 ayam, cuci bersih, goreng 1/2 matang, sisihkan
  2. Haluskan bumbu halus kecuali serai, bisa diuleg biasa atau pakai blender biar praktis
  3. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum, masukkan serai, beri air kira-kira 2 gelas, masukkan ayam tutup sebentar biar bumbu meresap (pakai api kecil aja)
  4. Masukkan santan, sambil diaduk2 supaya santan tidak pecah, beri garam dan gula hingga rasanya pas
  5. Test rasa..angkat dan sajikan hangat


Opor Ayam Kampung Endess 😍 by Elis Wahyuni
Opor Ayam Kampung Endess 😍 by Elis Wahyuni

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam kampung potong sesuai selera
  • 1/2 ltr santan kental dari 1btr kelapa
  • 2 ltr air
  • 5 lbr daun jeruk
  • 4 lbr daun salam
  • 2 btg serai - geprek
  • 2 ruas jari lengkuas - geprek
Bumbu halus
  • 5 btr kemiri - gongso
  • 2 ruas jari kunyit - bakar
  • 1 sdt ketumbar - gongso
  • 2 ruas jari jahe
  • 8 btr bawang merah
  • 6 btr bawang putih
  • 1/2 sdt jinten
  • 1 sdt merica butir
  • 1 ons gula merah
  • secukupnya Penyedap rasa
  • 2 Sdm garam halus
  • Minyak untuk menumis
  • 2 btng daun bawang - iris
  • 1 sdm bawang goreng utk taburan
Langkah
  1. Tumis bumbu halus sampai layu masukan salam serai dan lengkuas
  2. Masukan ayam ke dalam bumbu sampai ayam kaku, masukan air 2,5 ltr
  3. Tunggu sampai ayam empuk
  4. Setelah ayam empuk masukan santan kental nya tunggu sampai mendidih
  5. Koreksi rasa lalu matikan kompor masukan daun bawang dan bawang goreng
  6. Sajikan....


Opor Ayam Kampung (tanpa msg) by Asih NurlitaSari
Opor Ayam Kampung (tanpa msg) by Asih NurlitaSari

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam kampung (potong 8)
  • 4 butir telur ayam kampung
  • 2 buah kentang ukuran besar
  • 6 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 2 batang serai
  • 1 jari lengkuas
  • 2 ruas kunyit
  • 5 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 sendok makan ketumbar bubuk
  • seujung sendok lada bubuk
  • secukupnya garam
  • secukupnya gula
  • 200 ml santan kental
  • secukupnya bawang goreng

Langkah

  1. Masukan ayam ke dalam air mendidih sebentar saja sampai kotoran dan sisa darahnya terangkat, lalu tiriskan, buang airnya. Rebus telur ayam, potong-potong kentang agak besar
  2. Rebus lg air agak banyak, sementara itu haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri (saya menggunakan blender), geprak lengkuas dan serai
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan lengkuas, serai, daun salam dan jeruk lalu tuang tumisan bumbu ke dalam rebusan air, masukan ayam dan telur, tambahkan garam, gula pasir, ketumbar dan lada, lalu aduk, diamkan hingga mendidih masukkan kentang (dimasukkan belakangan utk menghindari agar tidak terlalu lunak)
  4. Koreksi rasa, tambahkan apa yang terasa kurang (garam dan gula) sedikit demi sedikit sampai terasa pas. Rebus hingga daging ayam empuk, terakhir tambahkan santan kental, aduk terus hingga mendidih. Taburi dgn bawang goreng. Siap disajikan


Opor Ayam Kampung Plus Telor by Suryani Widodo
Opor Ayam Kampung Plus Telor by Suryani Widodo

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 butir kelapa parut ambil santannya
  • 8 siung bawmer
  • 3 siung bawput
  • 8 butir kemiri
  • ketumbar (aku pake bubuk, adanya cuma itu sih)
  • 3 cm jahe (dikeprek)
  • 3 cm lengkuas (dikeprek)
  • garem
  • gula
  • air
  • telur ayam rebus suka2 banyaknya
Langkah
  1. Halusin dulu bawmer, bawput, kemiri. Trus ditumis, masukkan jahe, lengkuas, ketumbar, daun jeruk sampe wanginya keluar
  2. Masukkan potongan ayam. Aduk2 rata... masukin air agak banyak, sampe ayamnya mateng. (Ini maksudku supaya kaldunya keluar)
  3. Setelah ayam mateng, masukin santan. Aduk terus ya. Sampe mendidih, biar santan gak pecah.
  4. Setelah mendidih, terus aduk, sambil masukin garem, gula, suka2. Sampe cucok aja rasanya.
  5. Sdh cucok, tetep aduk sampe kuahnya berkurang. Baru masukkan telur rebus.
  6. Masak sebentar lagi... sebentar lagiiii... udah, matiin deh kompornya. Trus duduklah, berdiri terus cape...


Resep dan bumbu opor ayam khas jawa tengah
Resep dan bumbu opor ayam khas jawa tengah
Bahan bumbu opor ayam enak Kuning :

  • 1/2 kg ayam segar ( kampung )
  • 1 butir kelapa,-yg tua bener
  • 10 buah bawang merah,-yg segar(tidak basah)
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri (utuh)
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • 1/4 sendok makan jintan / jinten
  • 1/4 sendok makan merica bubuk
  • 1 cm laos segar
  • 2 lembar daun salam (kering)
  • 1 batang sereh
  • 1/2 sendok makan gula merah
  • secukupnya garam
  • secukupnya ketupat (pelengkap)
Kiat Cara membuat Opor ayam lebaran enak
  1. Langkah Pertama tama Bersihkanlah daging ayam, kemudian potong potong menurut selera anda (beberapa bagian), dan silahkan sisihkan.
  2. Kemudian Parut kelapa tua, lalu peraslah sampai mendapatkan santan kental & cair.
  3. Selanjutnya gan, Haluskanlah semua bumbu bumbu diatas tadi, kecuali sereh, daun salam & laos.
  4. Nahhhh Sekarang, berilah santan cair di dlm panci besar, kemudian tambahkan bumbu yg halus, aduk-aduk rata hingga mendidih benar.
  5. Lalu cemplungkan / masukan semua daging ayam yg dipotong-potong tadi, tuangi dgn santan kental.
  6. Langkah Terakhirnya, Biarkanlah hingga daging matang (empuk) dan bumbu meresap bener.
Opor Ayam
Opor Ayam

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 3 cm lengkuas
  • 2 batang sereh
  • 1 ekor ayam (dipotong-potong sesuai selera)
  • 1 liter santan
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
Bumbu untuk dihaluskan :
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 3 cm kunyit.
  • 1 sendok teh merica butiran
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh jintan
  • 1/4 butir pala
Cara Membuat :
  1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan jahe, daun salam, lengkuas, dan serai. aduk-aduk hingga rata dan tercium bau harum ya sobat.
  2. Kemudian masukkan daging ayam, aduk sampai tercampur rata, masak hingga berubah warna.
  3. Tuangkan air santan, tambahkan garam dan gula secukupnya.
  4. Tunggu sampai matang setelah itu angkat ya sobat .
  5. Hidangkan bersama cinta ya sobat dan masakan sobat sempurna


Opor Ayam Khas Padang Lezat
Opor Ayam Khas Padang Lezat
Bahan:

  • 1 ekor Ayam kampong
  • Santan kelapa
  • Air jeruk nipis sesuaikan
  • 1 ptg ayam kandis
  • 2 btg serai
  • Minyak goreng sesuaikan
Bumbu opor ayam :
  • 7 btr bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 cm jahe segar
  • 4 btr kemiri
  • 1 lmbr daun salam
  • 1 sdm ketumbar
  • ½ sdt jinten
  • Garam sesuaikan
cara memasak opor ayam :
  1. Setelah ayam di potong-potong, cuci daging ayam dengan bersih kemudian campurkan dan lumuri dengan memasukan air jeruk supaya baunya ilang dan diamkan selama 10 mnt, lalu di bersihkan kembali.
  2. Siapkan wajan dan tumiskan bawang merah dan bawang putih dengan irisan yang lembut. Tumis sampai aromanya harum dan warnanya agak kekuningan, sisihkan
  3. Semua bumbu opor padang di haluskan, kemudian daging di bumbui dan rebus sampai empuk.
  4. Masukan santan sedikit-sedikit, serai, air asam kandis, terus sambil di aduk dan masak sampai mendidih. Jangan lupa matikan apinya
  5. Angkat, Opor ayam padangnya siap untuk di sajikan dengan mencampurkan ketupat atau lontong juga bisa dan di taburi dengan bawang goreng.


Resep Opor Ayam
Resep Opor Ayam

Bahan-bahan Opor Ayam

  • Ayam kampung/negri (poong-potong), 1 ekor
  • Lengkuas, 2 cm
  • Sere, 2 batang
  • Daun salam, 3 lembar
  • Jahe (memarkan), 1 cm
  • Santan kelapa, 1000 ml
  • Gula pasir putih secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
Bumbu Halus Opor Ayam
  • Bawang merah, 6 siung
  • Bawang putih, 4 siung
  • Ketumbar, 1 sdt
  • Pala, ¼ butir
  • Merica butir, 1 sdt
  • Kemiri, 4 butir
  • Kunyit, 2 cm
Cara Memasak Opor Ayam
  1. Terlebih daulu haluskan semua bumbu yang telah dipilah di atas. Kemudian tumis bersama dengan lengkuas, serai, jahe, dan daun salam. Aduk merata hingga tercium aroma harum.
  2. Tambahkan daging ayam yang sudah dipotong-potong (sesuai selera) dan dibersihkan ke dalam tumisan bumbu halus. Aduk merata hingga bumbu dan daging tercampur dan meresap sempurna. 
  3. Masak sampai daging mulai berubah warna, lalu siram dengan santan kelapa yang sudah disiapkan sebelumnya beserta gula pasir dan garam dapur supaya lebih sedap gurih. Tunggu sampai daging menjadi empuk dan matang. Lalu angkat.
  4. Tuang opor ayam dalam wadah saji danhidangkan selagi hangat.
  5. Supaya lebih empuk, rebus terlebih dahulu daging ayam sebelum dimasak bersama dengan bahan dan bumbu yang lainnya.


Resep OPOR AYAM Bumbu Enak Lezat
Resep OPOR AYAM Bumbu Enak Lezat

bahan membuat resep masakan opor ayam bumbu enak:

  • 1 ekor ayam kampung (400 gram), dipotong 4 bagian
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 600 ml santan dari 1/2 butir kelapa

bumbu halus 
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 4 butir kemiri, disangrai
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula merah sisir

Cara membuat resep masakan opor ayam :


Rebus ayam dengan santan, bumbu halus, daun salam, serai, dan lengkuas sampai matang.

Untuk 6 porsi

Resep Opor Ayam Kampung

Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung, di bakar sebentar untuk menghilangkan bulu halus, potong sesuai selera.
  • 3 lembar daun salam.
  • 2 batang sereh, ambil putihnya, kemudian memarkan.
  • 1 cm lengkuas, di memarkan.
  • 2 cm jahe, memarkan.
  • 5 lembar daun jeruk.
  • 1 buah kelapa di parut, ambil santan cair dan kental
  • 1 sdm air asam Jawa.
  • Bawang goreng untuk taburan.
  • 3 sdm minyak, untuk menumis.
Bumbu Halus :
  • 6 buah bawang merah.
  • 3 siung bawang putih.
  • 3 buah kemiri, di sangrai.
  • 1 sdt merica butir.
  • 1 sdm ketumbar, di sangrai
  • 1 ruas jari kunyit.
  • 1 sdt jinten, di sangrai.
  • Beri garam secukupnya.
Cara membuat :
  1. Cuci daging ayam yang sudah di potong potong hingga bersih
  2. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum
  3. Masukkan daun salam, serai, jahe, daun jeruk, garam dan daging ayam. Aduk sampai berubah warna.
  4. Setelah berubah warna dan layu, tambahkan santan encer, aduk rata, masak diatas api kecil sampai mendidih dan ayam mulai empuk.
  5. Setelah agak surut tambahkan santan kental, aduk aduk sekali sekali agar santannya tidak pecah, sampai mendidih, bila ayam sudah empuk baru diangkat.
  6. Sajikan dengan di beri taburan bawang goreng


Resep Opor ayam bumbu kuning
Resep Opor ayam bumbu kuning

Bahan-bahan

  • 3/4 Kg daging ayam
  • 1 bungkus santan kara
  • 1 bungkus masako sapi
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 batang sereh
  • 1 lembar daun jeruk dan salam
  • 7 gelas air
  • secukupnya minyak goreng
bumbu halus :
  • 2 sdt merica
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 biji kemiri
  • 6 buah bawang putih
  • 3 buah bawang merah
  • 1 ruas kunir,Jahe dan lengkuas
  • 1 sdm garam
Langkah
  1. Cuci bersih ayam, dan uleg semua bumbu halus
  2. Panaskan minyak kemudian tumis semua bumbu halus, masukan sereh, daun salam, daun jeruk dan tumis hingga bumbu matang
  3. Masukan ayam,aduk hingga bumbu tercampur kemudian masukan air,dan gula pasir
  4. Tunggu sampai ayam benar2 empuk dan bumbu meresap
  5. Setelah bumbu merasap masukan masako dan santan
  6. Aduk2 ayam dan ayam siap dihidangkan...
Resep Opor Ayam Kampung
Resep Opor Ayam Kampung

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam kampung uk sedang
  • Bumbu halus :
  • 6 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri (sangrai)
  • 1 sdm ketumbar (sangrai)
  • 1 ruas kunyit (kurleb 4 cm)
  • 1 ruas jahe
  • merica (skip)
Bumbu lainnya :
  • lengkuas (geprek)
  • 2 bt serai (geprek)
  • 2 lbr daun salam
  • 6 daun jeruk (msih agak muda dan uk sedang)
  • taburan bawang goreng
  • 2,5 bungkus santan kara
  • secukupnya gula merah
  • secukupnya garam
Langkah
  1. Krena tekstur ayamnya agak keras,jadi saya rebus lebih dahulu kurleb 1 jam di api sedang
  2. Haluskan bumbu dan tumis berasama daun salam,daun jeruk serai dan lengkuas.
  3. Setelah bumbu harum dan matang, campurkan ke dalam air rebusan ayam yang masih mendidih (kondisi ayam sudah direbus selama sejam an)
  4. Tunggu kurleb 20 menit atau ayam benar-benar empuk.. kemudian tambahkam gula garam sesuai selera.
  5. Masukkan santan dan kecilkan api,tunggu hingga mendidih lagi, taburkan bawang goreng. Tunggu sebentar sambil cicip rasa. kemudian matikan kompor
  6. Siap dihidangakan dengan nasi,kerupuk dan sambal terasi nya. hmm


Resep opor ayam sederhana
Resep opor ayam sederhana

Bahan-bahan untuk membuat opor ayam sederhana:

  • 1 ekor ayam kampung utuh
  • 300 ML santan kental
  • 600 ML santan encer
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang sere
Bumbu halus opor ayam sederhana:
  • 8 butir bawang merah 
  • 6 butir bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdm merica butir
  • 1 senti meter kunyit
  • 3 senti meter lengkuas
  • 2 senti meter jahe
  • 1 sdm ketumbar
  • Garam seperlunya
  • Gula seperlunya
Cara membuat opor ayam sederhana:
  1. Bersihkan ayam dan potong-potong.
  2. Siapkan minyak panas dan tumis semua bumbu halus sampai tercium bau harum.
  3. Kemudian masukan ayam yang telah dibersihkan dan dipotong-potong.
  4. Aduk perlahan hingga bumbunya tercampur rata. 
  5. Masukan juga santan encer sembari diaduk kembali.
  6. Setelah santan terihat menyusut, tambahkan santan kental bersamaan dengan bumbu lainnya. 
  7. Masak sampai daging ayam empuk kemudian angkat dan sisihkan.
  8. Siapkan lontong di atas piring dan tuang opor ayam di atasnya.


Resep soto ayam lebaran
Resep soto ayam lebaran

Bahan-bahan:

  • Ayam 1 ekor
  • Santan kara (2 bungkus)
  • Air seperlunya
  • Daun bawang, potong tipis-tipis (3 batang aja)
  • Daun jeruk (3 lembar)
  • Daun salam (2 lembar)
  • Sereh yang digeprek (2 batang
  • )Lengkuas, digeprek (1 ruas)
  • Garam seperlunya
  • Gula pasir seperlunya
  • Bawang goreng
Bumbu halus opor ayam lebaran:
  • Bawang merah (8 buah)
  • Bawang putih (6 buah)
  •  Kemiri yang disangrai (5 buah)
  • Ketumbar (1/2 sdt)
  • Merica (1/2 sdt)
  • Kencur (1 cm)
  • Jahe (2 cm)
Cara membuat opor ayam lebaran:
  1. Ayam dibersihkan dan potong-potong sesuai keinginan.
  2. Bumbu-bumbu halus yang telah disiapkan dicampurkan dengan potongan ayam.
  3. Diamkan beberapa menit agar bumbunya meresap.Siapkan minyak dan panaskan.
  4. Tumis bahan-bahan; bawang, lengkuas, daun jeruk dan daun salam.Jika aromanya sudah harum, masukan ayam dan tumis hingga baunya harum dan wangi. 
  5. Lalu masukan air dan tunggu ayam sampai matang.
  6. Kemudian campurkan santan, garam, gula secukupnya dan biarkan sampai kuah mendidih.
  7. Matikan api dan cek rasanya. Dan opor ayam lebaran siap dihidangkan.


RESEP OPOR AYAM PADANG
RESEP OPOR AYAM PADANG
 

Bahan-bahan:
  • Ayam 1 ekor dan dipotong-potong
  • Garam seprlunya
  • Jeruk nipis (1 bh)
  • Santan kental (400cc)
  • Santan cair (900cc)
  • Daun salam (3 lembar)
  • Sereh, memarkan (2 btng)
  • Lengkuas, digeprek (3cm)
Bahan opor ayam padang yang dihaluskan:
  • Bawang merah (10)
  • Bawang putih (5)
  • Ketumbar (1/2 sdt)
  • Jinten (1/2 sdt)
  • Kemiri (4 butir)
  • Kunyit (4cm)
  • Kencur (1cm)
  • Jahe (3cm)
  • Cabai merah (2 biji)
  • Garam
  • Dan bawang goreng
Cara membuat opor ayam padang:
  1. Seperti biasanya, bersihkan ayam dan lumuri dengan jeruk nipis dan garam. Biarkan kurang lebih 10 menit , lalu bilas bersih.
  2. Campurkan semua bumbu dan haluskan.
  3. Siapkan minyak panas dan tumis bumbu halus bersama dengan daun salam ,lengkuas, daun jeruk dan sereh. Biarkan sampai aromanya harum.
  4. Masukan ayam ke dalam, aduk hingga bumbunya meresap.
  5. Campurkan santan cair dan masak setengah matang.
  6. Tuang santan kental sembari diaduk. Atur apinya sambil dicicipi rasanya.
  7. Biarkan sampai ayam benar-benar matang.
  8. Selesai. Opor ayam padang siap anda sajikan untuk keluarga. Jangan lupa, taburkan bawang goreng biar rasanya makin lezat.


RESEP OPOR AYAM BETAWI
RESEP OPOR AYAM BETAWI
Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam
  • Jeruk nipis (satu buah)
  • Santan kental (400 ml)
  • Air (1 liter)
  • Sereh (2 batang)
  • Daun salam (dua lembar)
  • Daun jeruk (4 lembar)
Bahan-bahan opor ayam betawi yang dihaluskan:
  • 8 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 2 sentimeter jahe
  • 1 sendok makan kemiri yang disangrai
  • 2 sentimeter kunyit
  • 1/4 sendok teh jinten
  • 1 sendok teh garam
Cara membuat opor ayam betawi:
  1. Siapkan ayam dan potong-potong sesuai keingian. Lumuri dengan garam dan jeruk nipis.
  2. Rebus air hingga mendidih. Masukan ayam bersamaan dengan daun salam dan sereh.
  3. Bumbu-bumbu halus kita tumis sampai baunya harum lalu masukan tumisan ke dalam rebusan ayam.
  4. Tambahkan santan dan aduk supaya merata. Coba rasanya apakah sudah pas atau belum.
  5. Matikan api. Opr ayam betawi siap anda sajikan untuk keluarga.


RESEP OPOR AYAM SPESIAL
RESEP OPOR AYAM SPESIAL
 

Bahan-bahan:
  • 1 kg ayam merah
  • 1 buah sereh di geprek
  • 1 buah lengkuas ukuran sedang, geprek
  • Sedikit gula jawa
  • 2 bungkus santan kemasan
  • 4 lembar daun salam
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 cm jahe
  • Garam, Merica dan kaldu ayam secukup
Bumbu opor ayam spesial yang di haluskan:
  • 6 buah bawang merah
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah kunyit
  • 8 butir kemiri
  • 6 buah bawang putih
Cara memasak opor ayam spesial:
  1. Kita bersihkan ayamnya terlebih dahulu kemudian kita potong2 jadi beberapa bagian,
  2. kemudian rebus ayamnya hingga agak matang.
  3. Sementara itu kita haluskan bumbu dengan ulekan, bisa juga dengan blender agar lebih cepat.
  4. Lalu kita sangrai bumbu halus tanpa minyak untuk menghilangkan kandungan airnya agar lebih tiris.
  5. Setelah berubah warna masukkan ayam kedalam tumisan bumbu lalu sangrai lagi sampai rata dan ayam mengeliarkan minyaknya.
  6. Kemudian tuang dengan air panas yg baru sebanyak 500 ml
  7. Kita masukkan sereh, daum salam, daun jeruk, lalu tambahkan merica, gula jawa, garam, kaldu secukupnya.
  8. Yang terakhir tambahkan santan lalu aduk rata. Atau bisa juga ditambah dengan tahu, telor, ati ampela atau yang lain sesuai selera.
  9. Untuk infromasi agar ayam jadi empuk, anda bisa merebus lagi ayamnya hingga kurang lebih 6 jam dan hasil ke-empukan ayam bisa lebih sempurna.


RESEP OPOR AYAM PUTIH
RESEP OPOR AYAM PUTIH
 

Bahan-bahan:
  • 1 ekor Daging Ayam (bisa di potong sesuai selera)
  • 5 siung Bawang merah
  • 250 ml Santan Kental (bisa santan asli atau kemasan)
  • 1 sdm Ketumbar (di sangrai)
  • 5 buah Kemiri (di sangrai)
  • 3 cm Jahe
  • 1 sdt Merica
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 3 sdm Minyak goreng
  • 5 siung Bawang putih
  • 3 cm Lengkuas (di geprek)
  • 1 btg Sereh (di geprek)
  • 2 lmb Daun Salam
  • 2 liter Air
  • 2 lmb Daun Jeruk
  • Garam secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
Cara memasak opor ayam putih:
  1. Pertama kita didihkan 1 liter air sampai mendidih.
  2. lalu rebus ayam +- 15 menit, dan siap di angkat.
  3. Kemudian kita buat bumbu halus: bawang merah, bawang putih, merica , ketumbar, kemiri, jahe, ulek atau blender.
  4. Selanjutnya kita masukkan minyak dalam wajan, dan tak lupa masukan bumbu halus, lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk, tumis sampai harum.
  5. Berikutnya tuangkan 1 liter air, masukan santan kental, masukan ayam yg telah direbus.
  6. Masak sambil diaduk2 pelan agar santan tdk pecah. Masukan garam, kaldu bubuk, gula pasir.
  7. Yang terakhir masak sampai ayam empuk dan santan mulai mengental, lalu taburi bawang goreng. Opor Ayam Putih siap dihidangkan.


RESEP OPOR AYAM PALEMBANG
RESEP OPOR AYAM PALEMBANG
 

Bahan-bahan:
  • 2 lbr Daun salam
  • 1 ltr Santan dari satu buah kelapa
  • 1 sdt Garam
  • 1 batang Serai yang digeprek
  • 1 ruas Lengkuas yang digeprek
  • 1/4 potong Nanas yang dipotong-potong atau diparut halus
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 500 gr Ayam yang dipotong sesuai selera
Bumbu opor ayam bahan yang dihaluskan:
  • 1 ruas Kunyit
  • 3 siung bawang putih
  • 1 Sendok Teh Merica utuh
  • 5 Siung Bawang merah
  • 1 sdt Ketumbar4 butir Kemiri
Cara masak opor ayam Palembang:
  1. Pertama kita tumis dahulu bumbu halus seperti halnya lengkuas, daun salam dan serai sampai harum.
  2. Kemudian Masukkan potongan ayam dan di aduk hingga merata sampai ayam yang masak sedikit berubah warna menjadi agak putih.
  3. Lalu Tuangkan santan, dan aduk rata sampai airnya mendidih.
  4. Tambahkan gula pasir dan garam, lalu masak sampai ayam matang dan sudah empuk.
  5. Yang terakhir kita masukkan nanas, kemudian aduk sebentar lalu angkat.Untuk melengkapi rasa, sajikan dengan taburan bawang goreng.
  6. Di antara banyaknya opor yang ada di nusantara, tentu bagi pecinta kuliner masakan opor akan betah karena tidak akan bosan dengan menu dan rasa yang dihasilkan.


Berikut resep membuat opor ayam
Berikut resep membuat opor ayam

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam, dipotong sesuai selera
  • 300ml santan kental
  • 700ml santan encer
  • 4 lembar daun jeruk, sobek
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang sereh, memarkan
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • Secukupnya garam n gula pasir
  • Secukupnya minyak untuk menumis
Bumbu Halus:
  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 2 sdt ketumbar sangrai
  • 2 cm jahe
  • Seruas kunyit bakar
  • 1 sdt merica butiran
  • 1/4 sdt jinten sangrai
Taburan:
  • Bawang merah goreng
Cara membuat :
  1. Panaskan minyak. 
  2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai sampai harum.
  3. Masukkan ayam. Aduk rata hingga ayam berubah warna. 
  4. Tuang santan encer, gula, garam, masak hingga mendidih dan ayam matang.
  5. Masukkan santan kental, aduk-aduk hingga santan mendidih, koreksi rasanya. 
  6. Angkat, sajikan dengan taburan bawang merah goreng yg banyaaakkk

Belum ada Komentar untuk "30 Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Untuk Lebaran 2020 M/ 1441 H"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel