Macam-macam Sihir dan Cara Membentengi Diri Dari Kejahatan Sihir

Macam-macam Sihir dan Cara Membentengi Diri Dari Kejahatan Sihir
Sihir dalam Islam jelas terlarang, disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Ibnu Majah, siapa saja yang mendatangi dukun atau tukang sihir, kemudian ia membenarkan (mempercayai) perkataan mereka, maka sungguh ia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad.

Sejak keberadaan manusia di bumi praktik sihir sudah eksis. Kisah yang paling masyhur adalah kisah Firaun dan komunitas ahli sihirnya. Para nabi dan rasul pun pernah menghadapi kejahatan sihir. Nabi Musa harus menghadapi para penyihir suruhan Firaun. Rasulullah Muhammad saw. pun pernah merasakan dampak sihir. Sihir merupakan praktik kejahatan hasil kolaborasi manusia dan jin. 

Sihir merupakan bentuk kekafiran yang sangat serius dan termasuk dosa besar.Berikut sekilas macam-macam sihir atau bentuk-bentuk sihir dan zikir-zikir perlindungan dari pengaruh jahatnya seperti diajarkan Allah dan Rasulullah saw.

1. Sihir Maridh (Penyakit)

Sihir jenis ini bisa mendatangkan berbagai gangguan dan penyakit seperti lumpuh, buta, bisu, perut membesar, keluar paku dan jarum dari tubuh, luka yang tak kunjung sembuh, atau rasa sakit di sekujur tubuh yang berpindah pindah. 

2 . Sihir Khumul (Stres)

Sihir ini dilakukan penyihir dengan mengirimkan jin kepada korbannya dan memerintahkannya untuk menguasai akal pikirannya. Dampaknya korban akan menyendiri, menjauh dari banyak orang.

3 . Sihir Hawatif (mimpi atau suara tanpa rupa)

Seorang penyihir mengirimkan jin untuk mengganggu seseorang ketika sedang tidur atau dalam kondisi terjaga. Bisa dalam bentuk binatang buas atau suara-suara aneh.

4. Sihir Junun (Gila)

Dimasukan penyihir ke tubuh korban dan menguasai otaknya, hingga ia menekan sel-sel otak yang berfungsi untuk berpikir dan mengingat atau memalingkan pikiran korban.

5. Sihir Mahabbah (Pelet)

Ini dilakukan untuk memikat lawan jenis. Ada juga yang dilakukan seorang istri agar disayang suaminya. 

6. Sihir Tafriq (Pemisah)

Sihir ini bertujuan memisahkan seorang istri dari suaminya, anak dengan orang tuanya, antar dua sahabat sampai berpisah, sesama saudara atau teman karib.

7. Sihir Penghalang Jodoh

Sihir seperti ini dilakukan orang yang sakit hati karena cintanya ditolak. Ia mendatangi dukun untuk menghalangi jodoh orang yang menyakitinya. Bisa juga dilakukan suami yang menceraikan istrinya dengan penuh kebencian. Minta bantuan dukun untuk menghalangi jodoh mantan istri, atau sebaliknya.

8. Sihir Penghalang Rezeki

Bertujuan merusak usaha dan kehidupan. Mengacaukan pikiran target sehingga tidak bisa menjalankan bisnis dengan benar hingga usahanya hancur. Bisa juga dengan menutup penglihatan orang hingga tidak bisa melihat tempat usahanya.

Rasulullah saw. mengancam dan menggolongkan orang yang mendatangi tukang sihir sebagai orang yang kafir. Simaklah: “Siapa saja yang mendatangi dukun atau tukang sihir, kemudian ia membenarkan (mempercayai) perkataan mereka, maka sungguh ia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad.” (HR. Ibnu Majah).

Cara Membentengi Diri dari Kejahatan Sihir

Kejahatan sihir di zaman modern bukannya berkurang bahkan semakin menjadi-jadi. Banyak sudah orang yang jadi korbannya. Berobat pada dukun atau paranormal ibarat membersihkan lantai yang kotor menggunakan sapu kotor pula. Karena itu, Allah dan Rasul saw. telah mengajarkan kepada kita perlindungan dari sihir.

Berikut sekelumit panduannya:

1. Memperkuat Tauhid & Meninggalkan Kemusyrikan

“Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya. Sesungguhnya kekuasaannya (syaitan) hanyalah atas orangorang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah.” (QS. An Nahl 99- 100).

2. Mengerjakan Shalat Dengan Benar dan Khusyuk

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatanperbuatan) keji dan munkar...” (QS. Al Ankabut 45).

3. Membaca Al Quran Setiap Hari

“Dan kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi syifa’ (kesembuhan) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zhalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra’82). Al Quran bukan hanya syifa bagi hati nurani, ia juga syifa bagi badan. Perpaduan terapi Al Quran dan medis harus dikampanyekan secara luas. Karena kesembuhan dan Al Quran sama-sama datangnya dari Allah.

4. Rutin menghadiri majelis taklim

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah Allah, mereka membacakan Kitabullah dan mempelajarinya, kecuali turun kepada mereka ketenangan, dan rahmat menyelimuti mereka, para malaikat mengelilingi mereka dan Allah memuji mereka dihadapan makhluk yang ada di dekatnya...” (HR. Muslim).

5. Selalu berzikir dan berdoa di setiap kesempatan

Nabi saw. mengajarkan agar rutin membaca zikir pada setiap subuh dan petang hari. Hendaknya kita juga membiasakan zikir ketika menunggu di bandara/stasiun, dalam perjalanan, dll. 

“Ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dann janganlah kamu mengingkari.” (QS. Al Baqarah 152).

Setelah subuh dan magrib, hendaknya kita rutin membaca surat Alfatihah, Al Baqarah 1-5, Ayat kursi, 2 ayat setelah ayat kursi (Al Baqarah 256-257), 3 ayat terakhir Al Baqarah (284-286), surat Al ikhlas, Al Falaq dan An nas. Perbanyak membaca istigfar, tasbih, kalimat tauhid dan zikir sunnah lainnya.

6. Selalu bertaqwa (takut) kepada Allah kapan pun jua.

“Siapa saja bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangkasangkanya.” (QS. Ath Tholaq 2-3).

7. Menjaga adab kepada sesama manusia

“Sesungguhnya kalian tidak bisa menarik hati manusia dengan harta kalian. Akan tetapi kalian bisa menarik hati mereka dengan wajah berseri dan akhlak yang mulia.” (HR. Al Hakim dalam Mustadrok-nya. Al Hakim mengatakan bahwa hadits ini shahih). (Naskah: Oki A)

Demikian artikel tentang Macam-macam Sihir dan Cara Membentengi Diri Dari Kejahatan Sihir yang dimuat dalam majalah Al Falah. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Macam-macam Sihir dan Cara Membentengi Diri Dari Kejahatan Sihir"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel