Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengubah Layar HP Android Menjadi Hitam Putih

Cara merubah HP Android menjadi hitam putih - Generasi milenial seperti kalian saat ini dapat menikmati perkembangan teknologi komunikasi yang semakin pesat dengan berbagai fitur dan tampilan yang menarik. Tahukah kamu, layar handphone dulunya hanya didominasi dengan tampilan dua warna dasar, hitam dan putih. Bagi kamu yang mengalami masa remaja di tahun 1990 hingga awal 2000-an kalian pasti masih ingat. Tidak hanya handphone, televisi dan koran pun di era itu hanya berwarna hitam putih. 

Nah, bagi kamu yang ingin bernostalgia kembali mengulang masa lalu atau kamu termasuk generasi milenial yang penasaran dengan era saat itu, kamu bisa mencoba mengubah tampilan smartphone kalian dengan warna hitam putih (monokrom). Bagaimana caranya? Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengubah layar ponsel android yang warna-warni menjadi hitam putih tanpa menggunakan aplikasi tambahan. 

Dengan mengubah tampilan menjadi hitam putih, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan di android seperti
- Baterei menjadi lebih hemat. Jika baterai kamu mau habis dan tidak tersedia pengisi daya kamu bisa memakai cara ini
- Mengobati mata lelah. Mengubah layar android menjadi hitam putih dapat menjadi alternatif saat mata mulai capek karena terlalu sering menatap layar android
- Mengatasi rasa bosan dengan tampilan yang berbeda

Mengubah Layar Android Menjadi Hitam Putih


Berikut ini saya tuliskan tutorial cara mengubah warna layar smartphone android menjadi warna hitam putih. Kali ini saya menggunakan HP smartphone xiaomi dan samsung. Lalu untuk android yang lain bagaimana caranya? untuk pengguna android lain caranya sama, namun yang membedakan biasanya letak menu pada pengaturan . 


Menggunakan HP Android Xiaomi


Langkah 1
Alt Text!

Pertama masuk ke menu Pengaturan di android kamu lalu masuk ke Tentang Ponsel (About Phone). Selanjutnya tap (ketuk layar) Versi MIUI (MIUI version) sebanyak 7 kali.

Langkah 2
Alt Text!

Setelah itu pergi ke Setelan tambahan (Additional Settings) dan pilih Opsi pengembang (Developer Options). Di menu ini kamu bisa menemukan menu untuk mengubah warna layar android menjadi hitam putih.

Langkah 3
Alt Text!

Scroll terus ke bawah dan temukan pilihan 'Simulasi ruang warna' (Simulate Color Space). Untuk membuat warna layar android menjadi hitam putih maka pilih opsi Monokromasi (Monochromacy).


Menggunakan HP Android Samsung


Langkah 1

Pertama masuk ke menu Pengaturan di android kamu lalu masuk ke Masuk ke Tentang Perangkat (About Phone) > Nomor model (Build Number) > Tap atau ketuk sebanyak 7 Kali.

Langkah 2

Setelah itu pergi ke 'Pilihan pengembang' (Developer Options). Disitulah kamu bisa menemukan menu untuk mengubah warna layar android menjadi hitam putih.

Langkah 3

Scroll terus ke bawah dan temukan pilihan 'Simulasi ruang warna' (Simulate Color Space). Untuk membuat android hitam putih maka pilih opsi Monokromasi (Monochromacy)

Mudah kan? Bagaimana cara mengembalikan ke warna semula? caranya tinggal pilih pada opsi warna yang diinginkan. Selain monochrome kamu juga dapat mengubah warna layar dengan filter warna lain di menu simulate color space tadi. Selamat mencoba