Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Cara Tepat Menyimpan Daging Cincang di Freezer

Cara Tepat Menyimpan Daging Cincang di Freezer
Tips cara menyimpan daging cincang/ bacon/ daging olahan dalam jumlah besar ini ditulis oleh 'Lily Chan di Grup Langsungenak

Saya posting ulang disini semoga tips ini berguna buat yang baru belajar masak. Simak tips menyimpan daging sampai selesai


Jika membeli daging cincang/bacon/daging olahan dalam jumlah besar dan tidak berniat sekali pakai, sebaiknya daging dibagi-bagi dalam beberapa porsi.

Daging yang melalui proses dicairkan dan dibekukan beberapa kali bisa mudah rusak. Jadi bagilah menjadi beberapa porsi sesuai kebutuhan. Korban beberapa kantung plastik lebih baik daripada membuang daging yang rusak, malah lebih buruk lagi kalau rusak masih dikonsumsi. Butuh sedikit ambil satu kantong, butuh lebih ya tinggal ambil beberapa kantong lagi sesuai kebutuhan

Tips Menyimpan Daging Olahan di Freezer


Berikut beberapa langkah yang harus dikerjakan sebelum menyimpan
1. Cairkan dulu jika membeli daging cincang/ daging olahan dalam keadaan beku.
2. Bagi menjadi beberapa kantong sesuai porsi yang diinginkan.
3. Celupkan plastik berisi daging ke dalam baskom air untuk mengeluarkan udara dalam plastik (mencegah freezer burn/ muncul kristal di permukaan daging. Daging mengering dalam freezer. Mengering beda dengan membeku. Ini bisa mempengaruhi rasa daging itu sendiri)
4. Lipat bagian atas plastik. Pastikan udara dalam plastik keluar semua.
5. Las menggunakan korek api.
6. Daging siap disimpan.

Mudah kan? Selanjutnya tulisan Febi Anindyakirana di vemale.com ini juga bisa menambah pengetahuan tentang berapa lama daging bisa disimpan di freezer.

Sebenarnya berapa lama bisa menyimpan daging di frezer? Simak daftar panduan berikut berdasarkan panduan dari USDA (United States Department of Agriculture, semacam departemen pertanian, kehutanan, dan pangan di Amerika Serikat)

Waktu simpan di freezer:

  • Daging unggas (ayam, bebek, burung dara dll) yang sudah dimasak - 4 bulan
  • Daging unggas potong mentah - 9 bulan
  • Daging unggas utuh mentah - 12 bulan
  • Daging sapi matang/sudah dimasak - 2 hingga 3 bulan
  • Daging steak/daging mentah yang sudah dipotong-potong - 4 hingga 12 bulan
  • Daging sapi cincang atau giling - 3 hingga 4 bulan

Namun yang harus diingat juga, jika sekali daging sudah dikeluarkan dari freezer dan mencair, harus segera dimasak dan tidak dapat disimpan kembali ke dalam freezer karena sudah terkena udara dan bakteri sehingga tidak tahan lama.

Selain itu salah satu cara untuk menjaga daging dari bakteri, perhatikan juga plastik yang digunakan untuk menyimpan daging. 


Sebaiknya gunakan plastik bening dengan zip-sealed. Kemudian beri catatan tanggal berapa dimasukkan ke dalam freezer sehingga bisa tahu sampai kapan daging layak diolah dan dikonsumsi.

Demikian Cara Tepat Menyimpan Daging Cincang di Freezer. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Tepat Menyimpan Daging Cincang di Freezer"