Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Mencari Calon Pembeli Ideal di Facebook

Kali ini kita akan membahas tentang Facebook Marketing. Apa itu Facebook Marketing? Facebook Marketing adalah strategi pemasaran dengan Facebook. Mulai dari mengenalkan produk, membuat mereka membeli, sampai berubah jadi pelanggan itu dilakukan lewat Facebook.

Anda membuat orang yang awalnya bukan siapa-siapa menjadi pelanggan setia, menggunakan aplikasi Facebook. Mungkinkah? Sangat mungkin sekali, dan banyak yang sudah merasakannya. Menurut laporan dari We are Social bulan Januari tahun 2018 Pengguna Facebook di Indonesia ada 130 Juta orang.

Facebook menduduki sosial media dengan pengguna terbesar di Indonesia. Dalam prinsip pemasaran, dimana orang berkumpul, maka disitu Anda bisa promosi. Karena itu, manfaatkanlah Facebook ini. Siapa tahu jodoh Anda ada di Facebook. Secara garis besar, Pola Facebook Marketing itu ada 2. Pertama, pola berbayar, dan pola gratisan.


Cara Mudah Mencari Calon Pembeli Ideal di Facebook

Cara Mudah Mencari Calon Pembeli Ideal di Facebook

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pola gratisan. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda kerjakan

1. Buat akun Facebook


Setting akun Anda mulai dari profile, gambar cover, Display picture, bio, dan postingan-postingan yang berhubungan dengan produk dan bermanfaat untuk target pasar yang Anda bidik. Jangan lupa setting akun Facebook Anda agar bisa di lihat public atau orang yang belum berteman dengan Anda. Kenapa begini? Karena kalau akun Facebook Anda kosong, maka orang lain tidak mau berteman dengan Anda


2. Tentukan target market


Jika memang ingin menggunakan Facebook sebagai media promosi, maka Anda harus mengisi mayoritas temannya dengan Target pasar Anda. Kenapa demikian? Karena yang melihat postingan kita adalah orang yang paling memungkinkan membeli Produk kita. Kalau yang melihat bukan target pasar, maka sekeren apapun promosinya, akan diabaikan oleh mereka. Mereka terus scroll-scroll kebawah tanpa peduli dengan postingan Anda. Karena itulah Anda harus isi teman Facebooknya dengan Target pasar.

Target pasar adalah orang yang punya kemungkinan besar untuk tertarik kemudian membeli produk Anda. Pertanyannya, gimana cara menemukan Target Pasar produk Anda? Karena Anda penjualnya, tentulah Anda yang paling tahu siapa target Anda. Lakukan analisa siapa target pasar Anda, dan dimana mereka berkumpul. Isi pertanyaan di bawah ini.

Saya menjual produk . . .
Target pasar Saya adalah. . . .

Dan mereka adalah anggota dari Grup. . .
Dan Follower dari Fans Page . . .

Contohnya:
Saya menjual produk Buku bertema Motivasi
Target pasar Saya adalah Sarjana atau para pekerja.

Mereka adalah anggota dari Grup Grup lowongan Kerja.
Dan Follower dari dari Fans Page Ippho Santosa. 


3. Cari Teman


Setelah mengetahui siapa Target pasar Anda, tugas berikutnya adalah mencari tahu "Sarangnya" ada dimana. Caranya mudahnya begini, cari tokoh yang di sukai target pasar Anda, biasanya tokoh tersebut punya Fanpage. Selain tokoh, cari juga Grup yang mungkin diikuti oleh target pasar Anda. Kalau bisa, cari fanspage dan cari grupnya minimal 10. Selain fanspage dan grup, follow juga akun kompetitor Anda yang Anda anggap penguasa Market.

4. Tambahkan teman 


Invite orang-orang yang melakukan like, Share, atau komen di Akun tersebut. Mereka merespon postingan di akun tersebut itu artinya mereka aktif di Facebook. Percuma kan kalau gak aktif, gimana cara jualan ke orang yang gak aktif? Itulah cara untuk mendapatkan target pasar yang ideal. Jadikan mereka teman Anda. Sekali lagi, orang yang paling mungkin merespon promosi Anda adalah teman atau follower Anda.


Itu dulu materi tentang Cara Mudah Mencari Calon Pembeli Ideal di Facebook dari Mas Romli. Semoga bermanfaat