Cara Cepat Memasak Ketupat Cuma Satu Jam

cara cepat memasak ketupat hanya satu jam
Cara cepat memasak ketupat - Lebaran hari raya idul fitri 1439 H tinggal hitungan hari. Gak afdhol rasanya jika hari lebaran tidak tersedia ketupat. Biasanya untuk memasak ketupat membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 6 jam. Nah, pada postingan kali ini saya tuliskan tips cara cepat memasak ketupat yang di share oleh Nidya Bunga Swandani di Grup Natural Cooking Club. Nidya menyampaikan tips ini di dapat dari grup para Chef (PCPI)

Dengan cara ini, untuk memasak ketupat cuma membutuhkan waktu 1 jam dengan panci biasa. Lebih cepat kan?


Untuk pembuatan ketupat memang berbeda-beda di tiap wilayah seperti sudah pernah saya singgung pada postingan sebelumnya. Masyarakat Jawa pada umumnya mengenal dua kali pelaksanaan Lebaran, yaitu Lebaran Idul Fitri dan Lebaran Ketupat. Lebaran Idul Fitri dilaksanakan tepat pada tanggal 1 Syawal, sedangkan Lebaran ketupat adalah sepekan sesudahnya (8 Syawal)

Cara Cepat Memasak Ketupat Cuma Satu Jam


Berikut langkah-langkah yang bisa bunda coba saat memasak ketupat:

  1. Didihkan air secukup ketupat.
  2. Masukkan ketupat dan rebus selama 30 menit.
  3. Setelah 30 menit direbus, matikan kompor dan diamkan ketupat didalam panci tanpa dibuka tutupnya.
  4. Setelah 30 menit didiamkan, rebus kembali untuk yang kedua kalinya selama 30 menit lagi. Pada rebusan kedua ini, jika sekiranya air berkurang dan perlu ditambahkan, silahkan tambahkan dengan air matang secukupnya.
  5. Setelah direbus yang kedua selama 30 menit, matikan kompor dan keluarkan ketupat untuk ditiriskan.
  6. Ketupat siap dihidangkan.
Mudah dan lebih cepat kan, bunda? Cara diatas sudah teruji dan berhasil. Mungkin ada yang bertanya atau menanggapi, apa tidak cepat basi memasak ketupat dengan cara cepat diatas? Ada memang yang mencoba kemudian ketupat hanya bertahan satu hari saja, namun ada tips lain yang bisa dicoba, setelah ketupat matang langsung digantung atau diangin-anginkan.

Untuk panci yang digunakan bisa juga menggunakan panci presto untuk mendapatkan hasil masakan ketupat yang lebih bagus. Demikian sedikit tulisan tentang Cara Cepat Memasak Ketupat Cuma Satu Jam. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Memasak Ketupat Cuma Satu Jam"

Berlangganan via Email