Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Keistimewaan Doa

Keistimewaan do'a
Keistimewaan do'a - Pada postingan kali ini, saya tuliskan tentang keistimewaan doa. Dalam berbagai aktifitas sehari-hari, seorang muslim diperintahkan untuk senantiasa memperbanyak berdoa. Allah dan Rasulullah pun banyak mengajarkan berbagai macam do'a di dalam Al qur'an maupun hadits.

Nah, berikut ini berbagai keistimewaan doa yang bisa dijadikan sebagai pengetahuan dan menambah motivasi dalam berdoa

7 Keistimewaan Doa


1. Do'a adalah Ibadah karena Allah SWT memerintahkannya.

Sesuatu yang diperintahkan oleh Allah bagi siapa yang melaksanakannya adalah ibadah.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (Ghafir, Ayat 60)

2. Do'a merupakan sari pati Ibadah.
Jadi, apabila ibadah tanpa diiringi do'a, sama saja seperti buah tanpa isi. Shalat itu tiang agama Islam. Lalu, roh dari shalat adalah do'a.

عن أنس رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ((الدعاء مخُّ العبادة)) رواه الترمذي
Dari Anas ra bahwasanya Rosulullah saw bersabda : do'a adalah intinya ibadah (HR At-Tirmidzi)

3. Tidak ada yang lebih mulia di sisi Allah selain do'a.


Sebab, di dalam do'a terdapat hakikat penghambaan manusia kepada Tuhan yang menciptakannya. Sejahat-jahatnya manusia, pada kondisi terjepit, pasti yang diharapkan adalah pertolongan Tuhan, "Ya Rob, tolonglah aku ya Rob." dan Allah senang bila ada hamba-Nya memanggil-manggil meminta pertolongan.

فعن ابن مسعود أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : سلوا الله من فضله؛ فإن الله يحب أن يُسأل. رواه الترمذي (3571)

Dari Ibnu Mas'ud ra bahwasanya Rosulullah saw bersabda : memohon lah kalian kepada Allah karena sesungguhnya Allah itu senang jika dimintai (do'a). HR At-Tirmidzi

4. Tidak ada yang dapat menolak takdir buruk selain dengan do'a kepada Allah SWT.


Sebab, jika kita berdo'a dengan sungguh-.sungguh, Allah berkenan menghapus daftar takdir menurut kehendak-Nya. Inilah hikmah mendalam dari dahsyatnya do'a. Tidak ada yang dapat mengusik kehendak Allah selain berdo'a meminta izin-Nya.

قال عليه الصلاة والسلام : ولا يرد القدر إلا الدعاء. أخرجه أحمد5/277، وابن ماجة (90) في المقدمة، باب القدر، والترمذي (139)

Rasulullah saw bersabda : tidak ada yang dapat merubah taqdir kecuali do'a HR Ahmad, Ibnu Majjah dan At-Tirmidzi.

5. Do'a itu dapat menghilangkan bala' yang sedang menimpa seseorang.


Seperti yang pernah dialami oleh Nabi Ayyub as.

وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika dia berdo'a kepada Tuhannya, “(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.”

فَاسْتَجَبْنَا لَهُ فَكَشَفْنَا مَا بِهِ مِنْ ضُرٍّ ۖ وَآتَيْنَاهُ أَهْلَهُ وَمِثْلَهُمْ مَعَهُمْ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَذِكْرَىٰ لِلْعَابِدِينَ

Maka Kami kabulkan (doa)nya, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan (Kami lipat gandakan jumlah mereka) sebagai suatu rahmat dari Kami, dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Kami. (Al-Anbiya', Ayat 83 - 84)

6. Allah dan Rasulullah banyak mengajarkan do'a

Allah banyak mengajarkan do'a-do'a di dalam Al-Quran, begitu pula dengan Rasulullah SAW, beliau juga banyak mengajarkan do'a untuk siang dan malam hari agar dapat diamalkan oleh umatnya. Sebab, do'a itu memang sudah ada sejak Nabi Adam diciptakan, dan pengabulan do'a oleh Allah sudah ada sejak itu.

7. Do'a merupakan senjata ampuh bagi orang beriman.

Do'a adalah kekuatan batin, pembuka pintu rezeki, jalan menuju keberkahan, dan kemenangan dunia-akhirat.

Inilah sebagian rahasia dan keajaiban do'a dijelaskan dalam nash-nash (dalil) Al Quran dan hadits dalam berbagai kisah dan peristiwa masa lalu, seperti keajaiban dan kedahsyatan do'anya para nabi, orang-orang shaleh, do'a orang tua untuk anaknya, do'a dari orang-orang yang teraniaya, dan lain sebagainya.

Rahasia do'a di ataslah yang memunculkan kedahsyatan do'a-do'a mereka. Do'a-do'a mereka itu langsung menembus langit, bahkan sampai mengguncang Arasy sehingga Allah SWT pun mengabulkannya.

Demikian sedikit tulisan tentang 7 Keistimewaan Doa. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "7 Keistimewaan Doa"