Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Membuat Air Nabeez

cara membuat air nabeez
Cara membuat air nabeez - Air Nabeez adalah air rendaman buah kurma atau kismis. Minuman ini merupakan salah satu minuman kegemaran Rasulullah SAW.

Rasulullah merendam beberapa butir kurma atau kismis di dalam air dalam yang wadah tertutup selama semalam dan meminum air rendaman tersebut di pagi harinya. Rasulullah meminum airnya dan buah kurma yang sudah lembut langsung ditelan tanpa mengunyah terlebih dahulu.

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

1. Dapat memberikan dan memulihkan tenaga

Inilah salah satu sebab mengapa kita disunahkan untuk memakan buah kurma pada saat berbuka puasa, yaitu agar tenaga kita pulih setelah seharian menahan haus dan lapar. Sehingga kita akan lebih siap untuk menjalani ibadah selanjutnya.

2. Mencegah dan mengobati Sembelit
Kandungan fiber yang tinggi dalam buah kurma bermanfaat untuk menghilangkan kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Sehingga sangat bagus dalam menghilangkan sembelit atau meredakan dan memulihkan sembelit

3. Kaya akan zat besi

4. Kandungan pottassium dalam buah kurma bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Khasiat Air Nabeez untuk Kesehatan
Jika buah kurma direndam dalam air semalaman, maka akan menghasilkan minuman kesehatan yaitu air nabeez. Minuman mengandung alkali yang berkhasiat untuk mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh, membantu proses pembuangan asam berlebih pada perut dan memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada air nabeez dapat melancarkan proses pencernaan, mempertajam fikiran agar tetap fokus dan tidak mudah lupa.

Jenis Kurma dan Kismis yang Dianjurkan dalam Membuat Air Nabeez

Jenis kurma yang dianjurkan untuk dibuat Nabeez adalah kurma Ajwa, namun jika tidak tersedia bisa menggunakan kurma biasa. Sedangkan kismis yang dianjurkan adalah kismis Manaqqa.

Bagaimana cara membuat Air Nabeez?

Ada beberapa hadits yang menyebutkan tentang cara membuat air nabeez ini, salah satunya yang diriwayatkan Imam Muslim sebagai berikut :

"Aisyah pernah ditanya tentang nabeez, kemudian ia memanggil seorang budak wanita asal Habasyah, 'Bertanyalah kepada wanita ini!' kata Aisyah. 'Karena ia dahulu pernah membuat nabeez untuk Rasulullah ,” tambahnya.

Lalu wanita asal Habasyah itu berkata, 'Aku pernah membuat nabeez untuk beliau dalam sebuah kantung kulit pada malam hari. Kemudian aku mengikatnya dan menggantungnya. Lalu di pagi harinya beliau meminumnya.'"

Dari Aisyah dia berkata,

“Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” (H.R. Muslim)



Cara Mudah Membuat Air Nabeez


Proses pembuatan air nabeez ternyata sangat mudah. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat air nabeez.

Membuat air nabeez dengan bahan kurma :


1. Siapkan beberapa butir buah kurma (disarankan dalam jumlah ganjil) dan segelas air matang
2. Rendam selama kurang lebih 8 sampai dengan 12 jam
3. Tutup gelas tersebut dengan tutup gelas ataupun plastik.
4. Jika kamu membuat nabeez pada sore hari atau menjelang malam, maka kamu baru boleh meminum nabeez keesokan harinya. Sedangkan buah kurma yang lembut karena direndam semalaman, dapat dimakan seperti biasa.

Membuat air nabeez dari kismis :

1. Siapkan segenggam buah kismis dan segelas air matang
2. Rendam selama 8 sampai dengan 12 jam
3. Nabees baru dapat dikonsumsi setelah 8 - 12 proses perendaman.

Tips!
Sebaiknya nabeez dibuat pada sore atau menjelang malam hari agar dapat diminum di pagi hari. Sebaliknya, jika kamu ingin meminum air nabeez sore hari, sebaiknya pembuatan nabeez bisa dimulai dari pagi hari.

Larangan dalam membuat Air Nabeez❗

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat air nabeez diantaranya yaitu:

1.Tidak boleh menggunakan dua bahan (kurma dan kismis) sekaligus dalam membuat nabeez. Maksudnya jangan ditempatkan dalam satu wadah yang sama.Jika air nabeez disimpan di dalam lemari es, dapat bertahan hingga 2 hari.

2.Air rendaman kurma (nabeez) yang memasuki lebih dari 3 hari jangan diminum, karena sudah memasuki masa fermentasi yang dapat menjadikan air rendaman kurma atau kismis tersebut menjadi arak yang hukumnya haram untuk diminum.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Air Nabeez"