Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Berjualan Menggunakan Marketplace di Facebook


cara berjualan di marketplace facebook
Cara menggunakan facebook marketplace - Pengguna Facebook di Indonesia kini mulai bisa memanfaatkan fitur Facebook Marketplace, setelah sebelumnya fitur ini hanya tersedia untuk pengguna yang berada di kawasan Amerika Serikat, Inggris, Australia serta Selandia Baru. Fitur Facebook Marketplace yang dirilis sejak November 2016 ini tersedia untuk versi Facebook Mobile

Bagi kamu yang selama ini memanfaatkan facebook untuk jual beli, tentu kabar ini cukup menggembirakan. Produk yang kamu jual memungkinkan untuk dilihat lebih banyak pengguna facebook. Fitur marketplace pada facebook terletak di bagian atas ditandai dengan icon mirip kios kecil. Jika kamu tidak menemukan fitur ini, cobalah perbarui aplikasinya.

facebook marketplace
Sebelum menggunakan fitur ini, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu menu apa saja yang terdapat pada facebook marketplace ini. Facebook Marketplace memiliki setidaknya 3 menu utama, yakni pencarian pembelian, menjual barang serta  pencarian di kawasan sekitar.

Berikut penjelasan 3 menu tersebut:

1. Menu pencarian barang 

 
Menu ini memungkinkan pengguna untuk mencari dan memfilter daftar barang yang dapat kita beli dari sebuah komunitas tertentu. Kemampuan ini dapat dikembangkan berkat adanya teknologi “Text Analysis AI” yang dikombinasikan dengan Facebook Page tertentu yang disukai oleh pengguna 

Dari situlah nanti akan muncul serangkaian daftar produk berdasarkan relevansi produk yang kemungkinan disukai oleh pengguna. Bagi pengguna yang ingin membeli, ada beberapa pilihan instant text yang bisa digunakan untuk membuka percakapan transaksi.  
cara memakai marketplace di facebook

Teks tersebut diantaranya yakni, “Saya tertarik?”, serta "Tanya detail". Jika tombol teks di klik maka otomatis pesan terkirim ke penjual. Dengan begitu, proses jual beli personal semacam ini dapat dilakukan dengan lebih cepat.

2. Menu menjual barang.

cara menggunakan marketplace di facebook

Kamu tinggal mengupload foto dari produk yang ingin dijual kemudian memberikan deskripsi serta harga yang ditawarkan, tanpa perlu membuat halaman khusus yang berisi daftar barang yang kamu miliki. Kamu tinggal memasukkan pada daftar atau listing produk yang telah disediakan.

3. Menu Pencarian sekitar

cara berjualan di facebook marketplace

Menu ketiga yang juga tidak kalah menarik yaitu melakukan pencarian di kawasan sekitar. Dengan Facebook Marketplace, kamu bisa mencari produk-produk yang ditawarkan oleh pengguna facebook lain yang ada di sekitar tempat tinggal kamu. Pada menu ini kamu bisa memfilter beberapa hal seperti jarak, kategori barang maupun harga

Keuntungan dari menu ini yaitu, kamu bisa lebih cepat untuk mendatangi si penjual jika memang tertarik dengan produk yang dijual. Disamping itu, menu ini juga mendorong peningkatan penjualan secara lokal termasuk yang di tawarkan oleh UKM.

Cara menggunakan Facebook Marketplace untuk berjualan


Untuk berjualan menggunakan facebook marketplace caranya cukup mudah, semudah kamu update status di Facebook. Jika biasanya di kotak untuk update status ada pertanyaan “Apa yang Anda pikirkan?”, untuk Facebook Marketplace ini kamu akan menemukan pertanyaan “Apa yang Anda jual?”

Langkah-langkah berjualan menggunakan facebook marketplace:


Cara Mudah Berjualan Menggunakan Marketplace di Facebook
1. Buat foto produk, atau ambil dari gambar yang sudah ada.
2. Beri nama, deskripsi, dan harga.
3. Pilih kategori yang sesuai dan lokasi.
4. Berikan keterangan pendukung
5. Terakhir, posting saja.

Cukup simpel kan? 




Demikian sedikit postingan tentang Cara Mudah Berjualan Menggunakan Marketplace di Facebook. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Berjualan Menggunakan Marketplace di Facebook "