Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Mentok (Buntu Ide) Saat Menulis

Cara Mengatasi Mentok Saat Menulis Copywriting

Cara mengatasi buntu ide saat menulis - Pada postingan kali ini akan dibahas sesuatu yang pasti di alami oleh semua orang yaitu mentok saat menulis. Postingan ini masih sebagai kelanjutan dua postingan tentang Copywriting sebelumnya

Kenapa semua orang? karena memang semuanya mengalami masalah ini. Pada kenyataannya, mereka yang ahli copywriting sekalipun akan mengalami stuck. Ya, tidak selalu lancar dalam menulis iklan.

Karena hal inilah, jika kamu pernah mentok saat menulis, maka jangan langsung menyerah. Semua orang mengalami hal yang sama, tapi mereka yang tidak menyerah akan terus berkembang jadi lebih baik. Justru kalau nyerah, iklannya gak jadi-jadi. .

Walaupun prosesnya
Tulis, hapus
Tulis, hapus
Tulis, hapus
Teruskan aja menulis.

Walaupun yang dihapus lebih banyak daripada yang ditulis, tapi teruslah mencoba. Di awal-awal belajar nulis kan memang seperti itu.

Cara Mengatasi Buntu Ide Saat Menulis 


Nah, di materi ini saya ingin berbagi tips tentang apa yang harus di lakukan jika Anda mentok saat menulis.

Cara Pertama,

Jika kamu mentok, tidak tau mau menulis apa, maka yang harus dilakukan adalah buka kembali Referensi yang kamu miliki. Ya, coba cari kalimat-kalimat atau ide dari buku-buku tentang copywriting yang kamu miliki, atau kursus online yang pernah di ikuti.

Siapa tau dari kalimat-kalimat yang ada disana, kamu mendapat insiprasi untuk melengkapi iklan kamu. Tidak perlu enggan untuk melihat referensi, karena memang kegiatan utama kita bukan menulis iklan.

Kita tidak akan bisa menghapal seluruh kalimat tentang copywriting yang ada di dunia ini. Pasti ada teknik-teknik yang kita lupakan. Karena itu, saat mentok, buka referensi Anda.

Jika menulis copywriting itu di ibaratkan memasak, maka referensi itu seperti buku resep atau guru masak. Ketika kita mulai menulis iklan, maka minimal kita butuh tuntunan. Jangan ngotot nulis asal-asalan karena copywriting asal biasanya hasilnya ikutan asal, hehe

Kita mungkin bisa menjual satuan sampai belasan produk dengan copywriting seadanya. Tapi jika ingin menjual ratusan sampai ribuan produk, kita butuh copywriting yang profesional.

Bayangkan, apa yang terjadi jika seseorang di minta memasak sesuatu tanpa panduan padahal sebelumnya dia tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman satupun?

Bisa jadi masakannya tidak bisa di makan, hehe. Inilah yang saya sadari, banyak orang curhat tidak bisa menulis iklan, bukan karena mereka tidak berbakat. Mereka ngaku tidak bisa menulis, karena mereka tidak pernah belajar dan tidak memiliki referensi.

Cara Kedua yang bisa kamu lakukan saat mentok dalam menulis adalah coba ubah pola kamu

Jika kamu biasa menulis di atas meja, saat mentok, cobalah menulis di lantai. Jika kamu biasa menulis di kamar, saat mentok, coba pindah ke ruangan lainnya.

Jika kamu biasa menulis sambil duduk, saat mentok cobalah pindah posisi jadi berbaring.
atau kebiasaan-kebiasaan kamu lainnya, ketika mentok, cobalah untuk mengubahnya.

Setelah polanya Anda ubah, berusahalah untuk fokus menulis. Pola perlu diubah, untuk menjaga mood. Mungkin kita jenuh dengan aktivitas biasa, maka sesekali ubah polanya dan dapatkan hasil berbeda

Dan dari seluruh ubah pola yang ada, coba menulislah sambil tiduran. Sambil tiduran, coba tenangkan pikiran kamu. Nikmati sensasinya, lalu fokuslah menulis.

Saat kita tiduran, maka pikiran cenderung tenang. Ketika pikiran kita tenang, maka otak kita akan masuk ke gelombang alpha. Kondisi ini akan memudahkan kita mengakses alam bawah sadar kita. Dimana alam bawah sadar, menyimpan puluhan ribu kali lipat informasi di alam sadar kita.

Penelitian membuktikan, ketika otak di paksa mengingat sesuatu, maka yang terjadi adalah otak terlalu stress sehingga kita malah tidak mampu mengingatnya. Sebaliknya, ketika kita tenang, maka kita ingatannya akan lebih bagus.

Coba perhatikan, orang yang tenang, mereka mampu berfikir lebih jernih. Yang tenang, bisa mengambil keputusan lebih matang. Tenang itu berguna saat menulis copywriting.

Tips terakhir, kamu juga bisa memakai cara ini saat mentok dalam menulis. Yaitu Refreshing.

Ya, kalau mentok, segera Refreshing. Mainan, hibur diri Anda. Lagi mentok?Jangan di paksa, kasihan otak nya, hehe. .

Di tubuh kita ini ada hormon-hormon yang membantu kita untuk lebih produktif. Nah, hormon tersebut di stimulasi dengan kondisi mental kita. Kalau lagi stress, suntuk, jangan nulis. Mending mainan aja.

Ketika mentok., coba bawa untuk menonton film, membaca, jalan-jalan. Makan di luar, kumpul bareng teman, pergi kekomunitas yang positif. Intinya lakukan hal yang kamu senangi. Selama halal dan positif tidak masalah.

Coba perhatikan, saat kamu sedang dalam kondisi bahagia dan kamu dalam kondisi jenuh. Saat mengerjakan sesuatu, mana yang selesai lebih cepat? Ketika dalam kondisi senang, seseorang lebih cepat dalam mengerjakan sesuatu.

Jadi, kalau mentok saat nulis, bawa refreshing saja. Jika sudah cukup, kembali aktivitas. 😊

Itulah 3 tips yang terbukti ampuh dan bisa kamu lakukan ketika mentok dan gak tau bagaimana cara menyelesaikan iklan kamu

Pertama, Buka kembali referensi yang Anda miliki.

Kedua, Ubah kebiasaan Anda ketika Anda mentok. Cobalah untuk tenang dan menulis sambil tiduran.

Dan ketiga, kalau benar-benar suntuk, hibur diri kamu. Pergi refreshing, lalu kembali aktivitas lagi

Lakukan hal ini, dan rasakan bedanya 😊

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Mentok (Buntu Ide) Saat Menulis "