Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memasak Ketupat Agar Tahan Lama, Empuk dan Tidak Berlendir.

Cara Memasak Ketupat Agar Tahan Lama, Empuk dan Tidak Berlendir.
Cara memasak ketupat - Pada lebaran hari raya idul fitri 1439 H/ 2018 besok pasti ada nih diantara pembaca yang membuat ketupat. Waktu memasak ketupat ini mungkin juga berbeda-beda antar daerah, ada yang memasak ketupat sebagai menu utama di hari raya idul fitri namun ada juga masyarakat yang memasak ketupat satu pekan setelahnya. Pada postingan kali ini akan saya tuliskan cara memasak ketupat agar tahan lama, empuk dan tidak berlendir. Namun sebelum menyampaikan Tips memasak ketupat agar tahan lama, empuk dan tidak berlendir sedikit kita lihat sejarah asal mula ketupat

Masyarakat Jawa pada umumnya mengenal dua kali pelaksanaan Lebaran, yaitu Lebaran Idul Fitri dan Lebaran Ketupat. Lebaran Idul Fitri dilaksanakan tepat pada tanggal 1 Syawal, sedangkan Lebaran ketupat adalah sepekan sesudahnya (8 Syawal). Pada lebaran idul fitri dan lebaran ketupat umumnya masyarakat di Jawa membuat ketupat. Ketupat merupakan jenis makanan yang dibuat dari beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur) berbentuk kantong yang kemudian dimasak dalam waktu lama

Menurut cerita, Sunan Kalijaga dalam mensyiarkan ajaran Islam di Pulau Jawa pada waktu itu menggunakan ketupat (kupat) lebaran sebagai simbolisasi ungkapan dari bahasa Jawa ku = ngaku (mengakui) dan pat = lepat (kesalahan). Sedangkan menurut H.J. de Graaf dalam Malay Annal, pada awal abad ke-15 saat pemerintahan Demak dipimpin Raden Patah ketupat merupakan simbol perayaan Hari Raya Islam. De Graaf menduga kulit ketupat yang menggunakan janur berfungsi untuk menunjukkan identitas budaya pesisiran yang ditumbuhi banyak pohon kelapa.
 

Cara memasak ketupat agar tahan lama, empuk dan tidak berlendir.


Nah, ini ada beberapa tips memasak ketupat silahkan disimak.

1. Takaran beras

Untuk yang menggunakan beras pulen, isikan 2/3 bagian ketupat. Jika berasnya sedikit pera, cukup isi 1/3 bagian. Sebaiknya beras direndam dulu kurang lebih 30 menit sebelum digunakan.

2. Rebus dengan panci biasa.

Jika menggunakan panci biasa, isi dan masak air hingga mendidih baru masukan ketupat, pastikan ketupat terendam air seluruhnya. Rebus selama 4-5 jam hingga matang.

3. Rebus dengan panci presto.
Bila menggunakan panci presto, isi air ke dalam panci dan masukan ketupat. Pastikan ketupat terendam seluruhnya agar matang merata . Masak hingga mendidih, ditandai bunyi nyaring yang keluar dari panci presto. Kecilkan api kemudian biarkan masak 1 jam lagi, dengan api sedang. Sebelum membuka panci presto, keluarkan uap dari panci dengan cara ganjal besi yang ada ditutup panci dengan sendok atau benda lainnya. Setelah uap keluar semua, buka tutup panci.

4 . Siram dengan air dingin.


Setelah ketupat matang, Kamu bisa menyiramnya dengan air dingin matang. Penyiraman ketupat bertujuan untuk membuang sisa air rebusan dan juga membersihkan kotoran atau lendir yang mungkin menempel pada daun dan menyebabkan ketupat menjadi lebih mudah basi.

5. Tiriskan
Tiriskan ketupat sampai benar-benar kering, lalu simpan di dalam wadah terbuka yang memungkinkan ketupat terkena udara. Ketupat yang disimpan dalam kondisi basah atau lembab akan mengundang bakteri sehingga ketupat pun jadi lebih mudah basi.

6. Angin-anginkan

Tak cukup hanya ditiriskan saja, ketupat pun perlu diangin-anginkan. Agar lebih mudah, anda bisa menggantung ketupat. Hal tersebut sangat efektif mengeringkan ketupat, karena sisa air dalam ketupat akan menetes ke bawah dan tidak kembali mengenai ketupat. Anda bisa menggantungnya pada jemuran handuk kecil atau buat tali sementara di sepanjang dapur.

7. Simpan dalam kulkas.
Kamu bisa menyimpan ketupat didalam kulkas dengan membungkusnya dengan plastik terlebih dahulu. Pastikan tidak ada celah lubang dalam plastik agar ketupat tidak lembab. Ketupat yang disimpan dalam kulkas bisa bertahan empat sampai tujuh hari. Untuk menghangatkannya kembali, Kamu bisa mengukusnya.

Demikian sedikit tulisan tentang Tips memasak ketupat agar tahan lama, empuk dan tidak berlendir yang bersumber dari Mom Things. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Memasak Ketupat Agar Tahan Lama, Empuk dan Tidak Berlendir."