Cara Mencegah dan Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Autoblog

Cara Mencegah dan Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Autoblog
Cara Mencegah dan Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Autoblog - Satu pertanyaan muncul dari member grup Blogger Indonesia "Gan cara ngatasin artikel biar gak dicopas sama blog AGC itu gimana sih? Ane udah berapa kali ngelaporin, tapi ditolak mulu sama dmca google, ane juga udah negor gk pernah dihirauan sama yang punya blog". Kamu tau sendiri kan gimana rasanya jika artikel di blog kita diambil oranglain tanpa ijin atau tanpa menyertakan link sumber? Jengkel itu dah pasti

Hal ini juga yang dirasakan seorang blogger yang membuat surat terbuka untuk seorang blogger yang melakukan AGC (Auto Generated Content) terhadap blognya. Dalam postingannya dia katakan, "Gimana sih menurut kalian jika kalian sudah menulis capek – capek bergadang terus artikel kalian di copy paste begitu saja pasti jengkel kan sama yang saya rasakan juga begitu kita tau disini sama – sama belajar di dunia Blogger tapi tidak hargai orang lain dangan karya nya."

"Alasan saya menulis artikel ini agar kalian yang suka AGC dan sejenisnya biar tau kalau menulis itu tidak gampang kita butuh ide, baru kita tulis di blog kita setelah itu kita edit gambar untuk gambar utama agar tidak terkena pinalti oleh google."
lanjutnya

Ya, untuk membuat sebuah artikel tentu bukan urusan yang mudah, dari ide penulisan artikel, mengedit artikel hingga mempersiapkan gambar pendukung sampai pada posting artikel butuh komitmen dan pengorbanan. Apalagi untuk blogger semacam saya yang melakukan aktifitas ngeblog di malam hari karena pagi sampai sore saya bekerja kemudian dilanjut dengan waktu untuk istri dan anak-anak, tentu harus mensiasati waktu yang ada dengan baik

Saya sendiri pun pernah mengalami hal yang sama dengan kawan-kawan blogger diatas, salah satu blog saya menjadi korban AGC oleh beberapa blog sampai sekarang. Setiap saya posting artikel baru otomatis muncul juga di blog milik dia, bahkan dalam sebulan salah satu blog itu bisa memposting ribuan artikel karena dia mengambil dari banyak blog.

Awalnya jengkel juga, namun sekarang saya tidak terlalu memikirkan hal tersebut karena feed blog saya atur singkat dan saya buat umpan ringkas sehingga artikel yang tampil di blog mereka hanya judul dan beberapa kata kemudian jika ingin membaca lengkap langsung mengarah ke URL blog saya, tujuannya agar para pemain AGC ini membantu mempromosikan URL blog kita.

Cara Mencegah dan Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Autoblog


Berikut langkah-langkah cara mencegah dan mengatasi pencurian artikel oleh autoblog


I. Mengaktifkan Layanan Feed Summary di Feedburner


Cara membuat format umpan ringkas adalah sebagai berikut

1. Login ke situs FeedBurner, kemudian klik 'Optimize', lalu klik 'Summary Burner'. Lihat gambar dibawah ini.


Cara Mencegah dan Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Autoblog

2. Langkah berikutnya tentukan jumlah karakter umpan. Misalnya 30 karakter atau 50 karakter. Kemudian tuliskan deskripsi umpan untuk para pembaca dan jangan lupa tuliskan alamat blog kamu. Tujuannya sudah saya tuliskan diatas, agar para pemain AGC membantu mempromosikan URL blog kita. Contohnya bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Mencegah dan Mengatasi AGC

3. Klik 'Save'

II. Mengalihkan umpan dari blog ke FeedBurner.


Cara mengalihkan umpan dari blog ke FeedBurner adalah sebagai berikut:

1. Login ke Blogger, kemudian klik 'Setelan', lalu 'Lainnya'.Lihat gambar dibawah ini.



Cara Mencegah dan Mengatasi Pencurian Artikel Blog
2. Langkah berikutnya menuju ke setelan “Feed situs”. Setel “Izinkan Feed Blog” menjadi Singkat atau Summary. Kemudian masukkan url FeedBurner blog kamu di “URL Alihan Feed Postingan”. Lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Autoblog
3. Setelah itu klik 'Simpan Setelan' di dasbor pojok kanan atas

Setelah selesai maka ketika ada yang mencuri artikel dengan memanfaatkan feeb blog kita, maka tampilan yang keluar hanya judul artikel dan kata-kata yang sudah ditulis pada umpan ringkas. Contohnya pada tampilan 2 blog berikut
Cara Mencegah dan Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Autoblog

Demikian sedikit tulisan saya tentang Cara Mencegah dan Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Autoblog. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel