5 Langkah Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular Berbisa

 Langkah pertolongan pertama saat digigit ular berbisa
Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular Berbisa - Suatu malam saat jalan sendirian di malam hari, saya merasakan menginjak sesuatu dan seperti ada yang menggigit kaki. Dengan memakai senter yang ada di handphone saya coba mencari binatang yang menggigit, namun tidak ketemu. Setelah sampai rumah, kaki terlihat mulai membengkak dan ada bekas gigitan ular ditandai dengan 2 titik kecil di bawah tumit.

Saat itu karena tidak punya pengetahuan penanganan pertama saat digigit ular berbisa, saya dibawa ke rumah seseorang yang biasa mengobati gigitan ular. Sampai disana, cuma diberikan pijatan pada bagian kaki yang terkena gigitan ular. Pada pagi harinya saya kesulitan untuk sekedar beranjak dari tempat tidur, bagian telapak kaki sampai sebatas tumit terlihat membengkak semakin besar dan seperti mati rasa.

Selain itu saya kemudian menghubungi salah satu teman yang bekerja di Instalasi Gawat Darurat dan diminta untuk segera ke rumah sakit. Sampai di rumah sakit kemudian diberi obat dan saran agar jika ada yang mengalami hal serupa untuk segera dibawa ke rumah sakit. Beruntung, ular yang menggigit waktu itu tidak terlalu berbisa, sehingga racun akibat gigitan ular tidak cepat menyebar

Berikut saya tuliskan langkah pertolongan pertama akibat digigit ular berbisa. Hal ini penting untuk dijadikan pengetahuan agar saat ada kejadian digigit ular bisa dipraktekkan untuk menghambat penyerapan racun/ bisa, mempertahankan hidup korban dan menghindari komplikasi sebelum mendapatkan perawatan medis di rumah sakit. Pertolongan pertama ini dapat dilakukan oleh korban sendiri ataupun orang lain yang berada di tempat kejadian



pertolongan pertama saat digigit ular berbisa


Langkah pertolongan pertama saat digigit ular berbisa


Informasi berikut disampaikan oleh Cholis di Grup Info Cegatan Jogja (ICJ) yang bersumber dari AKJ (Animal Keeper Jogja). 5 langkah pertolongan pertama saat digigit ular berbisa adalah:

  1. Segera cabut/ tarik gigitan ular tersebut karena semakin lama dan semakin dalam gigitannya akan semakin berbahaya.
  2. Jangan diikat karena kalau diikat akan mematikan sel-sel, saraf bahkan tulang yang dilokalisir tersebut. Setiap racun bisa Ular mempunyai karakteristik kerja yang berbeda-beda sehingga kemungkinan amputasi lebih tinggi.
  3. Jangan menghisap darah yang terkena gigitan karena darah yang keluar bercampur dengan racun bisa ular dan hal ini sangat lebih berbahaya jika tertelan kedalam tubuh bersamaan air liur.
  4. Ketika kaki atau tangan yang terkena gigitan ular, topanglah dengan kayu atau penyangga. Hal ini bertujuan agar tidak melakukan gerakan yang menggunakan otot meskipun itu hanya gerakan-gerakan kecil, karena itu dapat mempercepat penyebaran racun/ bisa. Dengan ditopang dan tidak bergerak akan membuat racun/ bisa ular berhenti atau tidak menyebar 
  5. Setelah empat poin diatas dilakukan segera periksakan ke Dokter.
Demikian sedikit pelajaran, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Belum ada Komentar untuk "5 Langkah Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular Berbisa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel