Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Cara Mudah Membedakan Akun Facebook Asli dengan Akun Facebook Palsu

7 Cara Mudah Membedakan Akun Facebook Asli dengan Akun Facebook Palsu
Facebook
Facebook merupakan jejaring sosial yang bisa dibilang paling populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tercatat, jumlah pengguna Facebook saat ini mencapai 2 miliar.

Namun demikian, tidak semua akun yang ada di Facebook adalah akun asli. Bisa jadi, di antara teman-teman kita di Facebook ada satu atau dua akun palsu.

Akun palsu perlu diwaspadai, bisa jadi digunakan untuk hal-hal negatif, contohnya akun tersebut digunakan untuk penipuan. Lantas, bagaimana cara membedakan antara akun Facebook asli dan palsu? Berikut 7 Cara sederhana yang bisa kamu lakukan

1. Foto Profil

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah foto profil yang dipakai di Facebook seseorang. Kamu bisa mengeceknya dengan bantuan fitur pencarian gambar di Google.

Caranya, simpan foto tersebut di komputer kami, setelah itu kamu buka laman image.google.com dan mengeklik logo kamera (pencarian berdasarkan gambar). Pilih foto yang kamu simpan tadi lalu lakukan penelusuran.

Google akan memeriksa foto tersebut. Jika Google menampilkan situs-situs dewasa, sudah pasti akun tersebut palsu.

2. Foto Profil Cewek Seksi
Akun Facebook palsu seringkali menggunakan foto gadis manis atau seksi untuk menambah pertemanan atau memperbanyak pengikut. Dengan demikian, pengguna lain akan mengonfirmasi permintaan pertemanan mereka lalu meneruskan ke chating.

Nah, kalau kamu di-add oleh akun Facebook yang foto profilnya cewek cantik (atau cowok ganteng) dan ujung-ujungnya meminta sesuatu, kamu bisa mengecek dengan metode pencarian gambar di Google atau mengabaikannya sama sekali.

3. Cek Unggahan Foto

Akun Facebook palsu biasanya mengunggah foto yang berubah-ubah dalam jangka waktu yang agak lama. Sehingga ketika mereka mengganti profil, tidak akan ada yang curiga jika foto yang diunggah ternyata berbeda dengan unggahan foto sebelumnya

4. Cek Timeline

Cara berikutnya untuk mengidentifikasi akun Facebook palsu adalah mengecek timeline akun yang dicurigai. Saat kamu mengecek timeline dan pengguna tersebut jarang memperbarui status dan tidak pernah membalas komentar sama sekali, mungkin akun tersebut palsu.

Sekadar diketahui, kebanyakan akun palsu sering sekali mem-posting link spam secara berkala.

5. Ulang Tahun Pada 1 Januari
Dari banyak akun palsu yang telah terdeteksi, penggunanya memilih tanggal 1 Januari sebagai tanggal lahirnya. Hal ini karena orang yang menciptakan akun palsu biasanya tidak mau repot-repot mengatur tanggal lahir dan cenderung memilih tanggal default.

Oleh karenanya, kamu perlu meneliti lebih lanjut kalau ada orang asing, menggunakan foto cewek cantik, timeline-nya berisi link spam, dan berulang tahun tanggal 1 Januari. Bisa jadi itu adalah akun palsu.

6. Log Aktivitas Pengguna

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengecek akun Facebook palsu adalah dengan mengecek log aktivitas pengguna.

Jika pengguna tersebut hanya menambah teman baru, mengajak menyukai halaman, atau meminta kamu join group tertentu mungkin saja itu adalah akun palsu yang ingin memiliki banyak teman guna mempromosikan sesuatu.

7. Nomor Kontak di Profil Cewek Cantik

Kamu patut waspada saat ada akun dengan foto perempuan cantik dan seksi serta mencantumkan nomor kontak di bagian info profile Facebook-nya. Kemungkinan akun tersebut palsu sangatlah besar.

Sekarang kamu sudah tahu kan cara mudah untuk mengecek apakah akun Facebook seseorang asli atau palsu? Jangan ragu untuk mempraktikkannya jika ada akun mencurigakan ya.


Posting Komentar untuk "7 Cara Mudah Membedakan Akun Facebook Asli dengan Akun Facebook Palsu"