Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Maskot Piala Dunia FIFA dari Tahun ke Tahun

Maskot Piala Dunia dari Masa ke Masa - Meskipun Piala Dunia pertama kali diselenggarakan di Uruguay pada tahun 1930, namun Maskot Piala Dunia baru pertama kali digunakan di Inggris pada tahun 1966. Selanjutnya, maskot menjadi bagian tak terpisahkan dari event olahraga terbesar dan paling bergengsi di dunia tersebut. 

Maskot Piala Dunia 2018 dan Maskot Piala Dunia dari Tahun ke Tahun

Setiap Piala Dunia selalu memiliki maskot yang melambangkan gelaran acara. 

Maskot Piala Dunia dari Tahun ke Tahun


Tahun 2018 ini nama maskotnya adalah Fuleco. Lalu apa nama maskot untuk tahun-tahun sebelumnya? Berikut ini 14 maskot Piala Dunia dengan ciri khas, gaya, dan keunikannya masing-masing.

1. Maskot Piala Dunia 1966 Inggris: WILLIE



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, WILLIE, Piala Dunia 1966 Inggris

Karakter Willie digambarkan sebagai seekor singa, yang merupakan simbol tipikal dari Kerajaan Inggris, yang mengenakan jersey ‘The Union Jack’ dan terdapat kata ‘WORLD CUP’ di bagian dada.

2. Maskot Piala Dunia 1970 Meksiko: JUANITO



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, JUANITO, Piala Dunia 1970 Meksiko

Nama Juanito diambil dari kata ‘Juan’ yang merupakan nama umum dalam bahasa Spanyol dan banyak digunakan di Meksiko. Sosok ini adalah seorang anak laki-laki yang mengenakan jersey kebanggaan timnas Meksiko dan memakai topi Sombrero [topi tradisional masyarakat Meksiko]. Di bagian depan topi bertuliskan ‘MEXICO 70’.

3. Maskot Piala Dunia 1974 Jerman Barat: TIP dan TAP



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, Tip Tap, Piala Dunia 1974 Jerman Barat.png

Maskot untuk Piala Dunia 1974 yang diselenggarakan di Jerman Barat bernama Tip and Tap. Tip and Tap sendiri adalah dua anak laki-laki yang mengenakan jersey timnas Jerman Barat berwarna putih dan terdapat tulisan ‘WM’, singkatan dari Weltmeisterschaft yang artinya Piala Dunia, dan angka 74.

4. Maskot Piala Dunia 1978 Argentina: GAUCHITO



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, Gauchito, Piala Dunia 1978 Argentina.png

Gauchito adalah seorang anak laki-laki Gaucho [suku asli Amerika Selatan] yang mengenakan kaos motif garis-garis berwarna biru muda dan putih yang merupakan corak warna khas dari jersey timnas Argentina. Ia juga mengenakan topi dengan tulisan ‘ARGENTINA 78’, mengenakan syal di lehernya, dan membawa cambuk yang merupakan tipikal dari seorang Gaucho.

5. Maskot Piala Dunia 1982 Spanyol: NARANJITO



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, Naranjito, Piala Dunia 1982 Spanyol
Di tahun 1982, FIFA tidak lagi menggunakan fauna atau kebudayaan khas negara penyelenggara untuk menjadi maskot. Kali ini FIFA memakai buah jeruk yang merupakan buah khas rakyat spanyol dan diberi nama Naranjito. Nama Naranjito berasal dari kata ‘naranja’ yang mdrupakan bahasa Spanyol dari jeruk dan kata pengecil ‘-ito’. Naranjito digambarkan mengenakan jersey timnas Spanyol dan sedang memeluk bola.

6. Maskot Piala Dunia 1986 Meksiko: PIQUE



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, Pique, Piala Dunia 1986 Meksiko.png

Di edisi piala dunia ini, FIFA kembali menggunakan karakter buah atau tanaman khas negara tuan rumah yaitu lada jalapeño. Lada ini merupakan karakteristik dari masakan tradisional Meksiko.

Nama Pique berasal dari kata dalam bahasa Spanyol ‘picante’ yang artinya rempah-rempah dan saus. Pique digambarkan mengenakan topi Sombrero dan mempunyai kumis tebal yang melengkung.

7. Maskot Piala Dunia 1990 Italia: CIAO



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, Ciao, Piala Dunia 1990 Italia

Ciao merupakan seorang pemain ‘stick figure’ yang mempunyai kepala sebuah bola sepak dan tubuh berwarna bendera Italia. Nama Ciao berasal dari bahasa Italia yang biasanya digunakan oleh masyarakat setempat untuk bertegur sapa. Maskot dengan karakter yang aneh namun unik ya?

8. Maskot Piala Dunia 1994 Amerika Serikat: STRIKER



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, Striker, Piala Dunia 1994 Amerika

Striker adalah seekor anjing yang mengenakan jersey timnas Amerika Serikat dan terdapat kata ‘USA 94’ di bagian dadanya. Anjing dipilih karena hewan tersebut merupakan hewan peliharaan kesayangan dari warga Amerika Serikat.

9. Maskot Piala Dunia 1998 Prancis: FOOTIX


Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, footix, Piala Dunia 1998 Perancis

FIFA menggambarkan Footix sebagai seekor ayam jantan yang seluruh tubuhnya berwarna biru seperti jersey timnas Prancis. Nama Footix sendiri berasal dari kata portmanteau dari ‘football’ atau sepakbola dan akhiran ‘-ix’ dari serial komik yang sangat populer di Prancis, Astérix.

10. Maskot Piala Dunia 2002 Jepang-Korea Selatan: ATO, KAZ, dan NIK



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, ATO, KAZ, dan NIK , Piala Dunia 2002 Jepang-Korea Selatan
Ato, Kaz, dan Nik merupakan makhluk futuristik hasil ciptaan komputer yang mempunyai warna biru, oranye, dan ungu. Ketiga karakter ini diceritakan adalah anggota sebuah tim ‘Atmoball’, sebuah permainan atau olahraga fiksi semacam sepakbola. Ato adalah pelatih dari Kaz dan Nik.

Karakter dan nama dari maskot ini dipilih sendiri dari daftar yang disediakan FIFA oleh masyarakat Jepang dan Korsel di internet dan di semua outlet McDonald yang ada di Jepang dan Korsel.

Pemilihan karakter futuristik ini berhubungan dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh Jepang dan Korea Selatan yang sudah diakui oleh semua negara di dunia.

11. Maskot Piala Dunia 2006 Jerman: GOLEO IV, dan sahabatnya PILLE



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, GOLEO IV, dan sahabatnya PILLE, Piala Dunia 2006 Jerman

Maskot piala dunia edisi ini bernama Goleo IV [atau lebih sering disebut Goleo saja] dan sahabatnya yang bernama Pille.

Goleo merupakan seekor singa yang digambarkan mengenakan jersey kebanggaan timnas Jerman dengan angka 06 di bagian dadanya. Nama Goleo sendiri berasal dari kata portmanteau dari ‘goal’ dan ‘leo’.

Sedangkan sahabatnya, Pille, adalah sebuah bola sepak yang dapat berbicara. Pille sendiri adalah kata sehari-hari yang biasa digunakan untuk menyebut sepakbola oleh warga Jerman.

12. Maskot Piala Dunia 2010 Afrika Selatan: ZAKUMI



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, Zakumi, Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

Zakumi adalah macan tutul yang menjadi maskot Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Zakumi digambarkan dengan warna hijau dan emas [representasi warna jersey timnas Afrika Selatan] dan memiliki rambut nyentrik berwarna hijau.

Nama Zakumi berasal dari kata ‘ZA’, kode ISO 3166-1 alpha-2 untuk Afrika Selatan, dan ‘kumi’, sebuah kata yang mempunyai arti yang sama di semua bahasa Afrika yaitu sepuluh. Uniknya, Zakumi diceritakan lahir pada tanggal 16 Juni 1994 yang bertepatan dengan hari pemuda di Afrika Selatan, dan Piala Dunia 2010 adalah pesta perayaan global untuk hari ulang tahun Zakumi yang ke-16 tahun.

13. Maskot Piala Dunia 2014 Brasil: FULECO



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, Fuleco, Piala Dunia 2014 Brazil

Maskot di Piala Dunia 2014 ini adalah seekor trenggiling – satwa asli Brasil- yang mengenakan kaos putih bertuliskan ‘BRASIL 2014’. Maskot ini bernama Fuleco yang merupakan portmanteau dari kata dalam bahasa Portugal ‘futebol’ (sepakbola) dan ‘ecologia’ (ekologi).

Melalui Fuleco, FIFA ingin mengkampanyekan dan meningkatkan kesadaran warga dunia tentang betapa pentingnya pelestarian ekologi dan lingkungan demi kebaikan bersama serta keberlangsungan kehidupan di atas muka bumi ini.

14. Maskot Piala Dunia 2018 Rusia: ZABIVAKA



Maskot Piala Dunia Dari Masa Ke Masa, Zabivaka, Maskot Piala Dunia 2018 Rusia.png

Zabivaka memiliki makna "sang pencetak gol" dalam bahasa Rusia. Ia dideskripsikan sebagai sosok yang "menarik, percaya diri, dan sosial" dan selalu "bermimpi untuk jadi bintang sepakbola".

15. Maskot Piala Dunia 2022 Qatar: La'eeb

Maskot resmi Piala Dunia 2022 bernama La’eeb yang berbentuk seperti penutup kepala orang-orang timur tengah. Menurut situs resmi FIFA, La'eeb dalam bahasa Arab berarti pemain dengan kemampuan super. La'eeb sendiri menurut FIFA adalah benda yang tidak bisa dijelaskan sehingga para fans sepakbola bisa menginterpretasikan sesuai kemauan mereka.


Maskot Piala Dunia 2022 Qatar


La'eeb digambar mengenalkan semangat bermain, menyebarkan kegembiraan dan kepercayaan diri. Karakter ini diharapkan bisa membakar semangat pemain dan sukacita fans.


Itu tadi Maskot Piala Dunia dari Tahun ke Tahun yang dapat saya sajikan melalui artikel ini. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Maskot Piala Dunia FIFA dari Tahun ke Tahun "