Cara Mengatasi Spam 'Cari Tau Siapa Yang Mengintip Facebook Kamu'

“PERINGATAN: Teman-teman, ada serangan virus atau spam "siapa yang melihat profilmu" di Facebook. Harap jangan klik link atau tautan di komentar yang berbunyi seperti itu, meskipun munculnya dari akun teman sendiri. Begitu juga bila ada link dari teman yang menawarkan video atau gambar porno, jangan diklik. Itu juga jebakan virus yang berbahaya untuk HP atau komputer. “ Demikian peringatan yang ditulis oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam akun facebooknya, Rabu (10/08/16)

Ya, belakangan ini sebuah program (bot) yang menyeret sebuah situs bernama siapalihat.com mengiming-imingi para pengguna Facebook untuk melihat siapa saja yang mengintip akun Facebooknya. Hal ini tentu membuat penasaran dan menarik para pengguna Facebook untuk mencoba.

cara mengatasi spam facebook

Hanya dalam waktu 3 hari, sebanyak 750.000 pengguna Facebook dari Indonesia telah menjadi korban program (bot) tersebut. Jika akun kamu menjadi korban, dan menjalankan apa yang diperintahkan, maka secara otomatis akun Facebook kamu akan mengirimkan pesan Facebook Chat ke seluruh kontak. Untuk meyakinkan korbannya, program (bot) ini mengirimkan tulisan di profil dan komentar yang seakan-akan menunjukkan siapa saja teman yang pernah melihat profil itu dan seberapa sering.

Sebenarnya Facebook sudah mempersulit pengembang aplikasi untuk membajak akun Facebook seseorang. Setiap pengguna Facebook yang menggunakan apps di Facebook harus secara sadar memberikan persetujuan kepada apps tersebut untuk melakukan postingan menggunakan akunnya dan segala macam peringatan selalu dimunculkan sebelum memberikan hak posting kepada apps tersebut.

cara mengatasi spam di facebook

cara mengatasi spam di facebook

cara mengatasi spam fb

Jika diperhatikan peringatan di atas, pemilik akun Facebook harus mengklik tombol ‘Okay’ beberapa kali sampai akunnya bisa digunakan untuk melakukan posting menggunakan aplikasi tersebut.

Lalu, bagaimana jika secara tidak sadar kamu sudah memberikan persetujuan apps tersebut untuk melakukan posting? Jika hal ini didiamkan, kemungkinan bot akan terus menerus melakukan posting secara teratur mempromosikan situsnya dan mempermalukan kamu karena akan dianggap melakukan spam.

Mengubah password Facebook pun tidak akan banyak membantu, karena hal ini terjadi bukan karena username dan password Facebook kamu yang dicuri, akan tetapi karena kamu di giring untuk memberikan kode akses sehingga bisa melakukan posting masif menggunakan celah keamanan dari apps Facebook.

Cara menghentikan atau menghilangkan program ini dari akun Facebook kamu adalah menghapus apps HTC Sense dari akun dengan langkah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi browser yang sering kamu gunakan (mozilla, google chrome, opera mini, dll)

2. Masuk ke akun Facebook, dan ketik alamat https://www.facebook.com/settings?tab=applications, maka akan muncul semua pengaturan apps di Facebook

cara mengatasi spam pada facebook

 
3. Arahkan mouse ke "HTC Sense" dan klik [X] untuk menghapus (remove) apps ini. Kamu akan mendapatkan konfirmasi seperti pada gambar di bawah ini.

cara mengatasi spam status facebook

 
Pastikan kamu memilih centang "Delete all your HTC Sense activities including posts, photos and videos on Facebook. This may take few minutes" dan klik 'Remove' untuk menghapus aplikasi HTC Sense dan membebaskan kamu dari eksploitasi bot ini

4. Kunjungi wall seluruh teman kamu dan hapus satu persatu posting yang dilakukan bot dan informasikan bagaimana cara menghapus bot pada teman yang terinfeksi.

5. Kunjungi satu per satu notifikasi pada akun Facebook kamu dan jika ada posting bot, segera hapus dan informasikan kepada rekan kamu supaya tidak ikut tertipu.

*sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Spam 'Cari Tau Siapa Yang Mengintip Facebook Kamu'"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel