Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jangan Sampai Keliru, Ini Bedanya Mobil Hybrid Dengan Mobil Listrik yang Semakin Populer

Aplikasi Mobbi platform jual beli kendaraan bekas

Saat ini mobil hybrid dengan mobil listrik memiliki kepopuleran yang sama, apalagi keduanya juga sudah menggunakan energi listrik. Jika mobil listrik sudah 100% menggunakan energi listrik maka hal ini berbeda dengan mobil hybrid. Untuk mobil hybrid menggunakan 2 sistem tenaga, ada yang berasal dari motor listrik dan ada juga yang berasal dari pembakaran di mesin. Tetapi jika dibandingkan proporsinya, maka sistem motor listrik di mobil hybrid akan sering bekerja dibandingkan dengan mesin. Hal ini karena pada mobil hybrid yang melaju dengan pelan tentunya hanya memanfaatkan energi listrik saja. Tetapi jika kecepatannya sudah tinggi dan ingin lebih maksimal maka mesin bensin akan langsung bekerja untuk membuat kecepatan menjadi lebih cepat lagi.

Bahkan tidak sedikit ada juga yang beranggapan bahwa mobil hybrid merupakan mobil listrik, padahal antara keduanya jelas berbeda. Untuk mengindarai kekeliruan antara kendaraan listrik atau EV dengan hybrid, maka berikut ini akan dijelaskan secara rinci terkait dengan beda antara hybrid dan EV yang belakangan ini semakin populer dan dikenal masyarakat luas.

Mobil hybrid

Sekarang banyak mobil hybrid yang mengkombinasikan antara fungsi dari motor listrik dengan mesin konvensional. Kedua komponen penting tersebut tentu memiliki fungsi yang sama yaitu agar mobil bisa melaju dengan baik di jalan. Saat mobil melaju dengan lambat dibawah 40 kilometer per jam maka mobil akan memanfaatkan energi listrik saja dan mesin bensin tidak bekerja. Tetapi jika kecepatannya sudah melebihi 40 kilometer per jam maka mesin bensin akan langsung bekerja untuk mendukung kecepatan. Untuk sistem pengereman mobil hybrid dinamakan dengan regenerative braking yaitu sistem pengereman yang akan mengubah energi gerak menjadi listrik yang dapat langsung disimpan di dalam baterai.

Mobil listrik

Jika sebelumnya sudah membahas tentang mobil hybrid, maka selanjutnya akan membahas tentang mobil listrik yang tentunya membuat banyak orang penasaran sekarang ini. Perlu diketahui oleh setiap orang bahwa di dalam mobil listrik sudah tidak terdapat mesin pembakaran sehingga tidak perlu lagi pergi ke SPBU. Untuk mengisi ulang baterai di mobil listrik, maka pemilik bisa datang langsung ke SPKLU yang memang jumlahnya masih terbatas. Solusi lainnya adalah dengan memasang charger khusus baterai mobil di rumah sehingga bisa diisi ulang dengan mudah untuk aktivitas harian. Memang harga dari mobil listrik sekarang ini masih mahal tetapi bisa dipastikan bahwa mobil listrik minim perawatan apalagi jika dibandingkan dengan mobil bensin.

Jika sudah jelas memahami perbedaan antara mobil listrik dan juga hybrid serta tertarik beli salah satunya maka bisa langsung buka aplikasi mobbi. Saat pertama kali diperkenalkan ke masyarakat, namanya bukan mobbi melainkan adalah mo88i yang sampai sekarang masih menjadi platform jual beli kendaraan bekas untuk semua orang termasuk mobil listrik maupun hybrid. Apalagi proses pembelian kendaraan roda empat di mobbi dijamin sangat mudah untuk semua orang.