6 Cara Mengecek Kebocoran Data Pribadi di Internet - maswarsito.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Cara Mengecek Kebocoran Data Pribadi di Internet

6 Cara Mengecek Kebocoran Data Pribadi di Internet

Cara mengecek kebocoran data pribadi di internet berikut setidaknya harus kamu ketahui, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan data pribadi bocor dan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Data pribadi kita memang rentan untuk diretas dan disalahgunakan seiring semakin luas dan mudahnya akses internet. 

Selain itu seringkali  korban tidak menyadari data pribadi berupa email, kata sandi, hingga nomor ponsel telah dicuri peretas. Korban baru sadar datanya dicuri apabila peretas telah melancarkan serangan untuk mengambil alih akun media sosial hingga melakukan pengurasan rekening.

Bagi kamu yang sering menggunakan berbagai akun atau platform dan memiliki saldo di dalamnya harus ekstra hati-hati. Kalau tidak, bisa-bisa saldo kamu akan terkuras. Ada banyak celah yang digunakan para peretas. 

Saya sendiri pun pernah mengalami hal demikian, saat itu tiba-tiba ada notifikasi yang masuk ke email dari Bukalapak. Email dari Bukalapak menginformasikan pengubahan nomor telepon, pengubahan password, pembayaran budget promoted push, dan pengubahan alamat email. 

Padahal saat itu saya pribadi tidak pernah melakukan berbagai hal diatas. Nah, kejadian seperti itu sangat mungkin terjadi pada kita. Berikut saya tuliskan cara untuk mengecek kebocoran data pribadi, langkah pencegahan dan apa yang harus kamu lakukan jika data pribadi kamu bocor

6 Situs Cek Kebocoran Data di Internet


Nah, untuk mengetahui apakah data pribadi kamu seperti email dan password sudah pernah bocor dan diperjualbelikan di internet, kamu bisa mengecek melalui enam situs berikut.

1. Periksa Data


Untuk mengecek kebocoran data pribadi kamu di internet, kamu cukup memasukkan alamat email kamu pada kolom yang tersedia. Lebih jelasnya, berikut langkahnya:

Tunggu sebentar, maka situs akan memberikan informasi mengenai data milik kamu, apakah sudah pernah bocor atau belum. Jika ada data yang bocor maka akan ditampilkan informasi akun apa saja yang bocor, data apa saja yang bocor dan waktu terjadinya kebocoran data

2. Google 


Google memiliki fitur pemeriksaan password yang disinkronkan dengan Chrome dan Android. Untuk menggunakan layanan ini langkahnya sebagai berikut:
  • Akses passwords.google.com
  • Klik Buka Pemeriksaan Sandi
  • Verifikasi email dengan login ke email kamu dengan memasukkan pasword yang benar
  • Akan tampil keterangan apakah sandi pernah dibobol atau belum

Melalui situs ini kamu juga bisa melihat beberapa tautan aplikasi yang pernah atau terhubung dengan e-mail kamu, lalu kamu juga bisa mengecek keamanan dari password yang digunakan. Jika Google menilai kurang aman, kamu bisa langsung mengganti password e-mail disana. Jadi tidak perlu repot lagi membuka situs sana-sini.

3. Avast Hack Check


Kamu bisa memeriksa kebocoran data melalui avast.com, situs keamanan internet lintas platform untuk Microsoft Windows, macOS, Android dan iOS. Caranya hampir sama dengan cara pertama diatas, langkahnya sebagai berikut
  • Akses situs https://www.avast.com/hackcheck/.
  • Masukkan alamat email kamu kemudian klik 'Check Now"
  • Cek email kamu, Avast akan melaporkan berapa kali password email kamu bocor. 

Avast juga menginformasikan email kamu bocor saat terhubung dengan situs apa saja, misalnya Gmail hingga berbagau layanan e-commerce.

4. Have I Been Pwned?


Have I Been Pwned bekerja untuk melacak pelanggaran yang menggunakan email kamu. Hampir sama dengan Avast, kamu hanya perlu memasukkan alamat email dan situs akan melakukan pengecekan apakah email kamu  terancam. Lebih jelasnya, berikut langkahnya

Tunggu sebentar, maka akan ditampilkan data yang terkait dengan email kamu lengkap dengan data apa saja yang mengalami kebocoran semisal alamat email, nama, kata sandi, dll

5. Firefox Monitor


Situs cek peretasan besutan peramban Firefox ini memungkinkan pengguna untuk mengecek apakah email dan kata sandi telah bocor. Sama seperti situs cek peretesan pada umumnya, kamu tinggal memasukkan email. Langkahnya sebagai berikut:

Tunggu sebentar, maka kebocoran data yang terjadi akan terlampir

6. DeHashed


DeHashed dapat diakses di link https://dehashed.com. Situs ini paling lengkap untuk mencari rekam data-data kamu dalam peretasan yang terjadi. 

Namun meskipun paling lengkap, untuk menggunakan situs ini cukup rumit bagi pemula, kecuali kamu mau berlangganan layanan.
 

Cara Antisipasi Pencurian Data


Berikut beberapa cara antisipasi agar terhindar dari pencurian data, diantaranya

  • Jangan mudah untuk klik tombol "setuju" pada suatu aplikasi atau website. Sebaiknya baca terlebih dahulu ketentuan yang ada
  • Gunakan password yang unik 
  • Ganti password secara berkala untuk mengamankan akun. 
  • Jangan gunakan kata-kata umum untuk password kamu. 
  • Gunakan kombinasi huruf, angka dan symbol untuk membuat password kamu tetap unik.

Lakukan Hal Berikut Jika Data Bocor


Apabila data pribadi kamu bocor, kamu bisa melakukan langkah berikut:

  • Segera ganti password kamu . Agar lebih aman, gunakan kombinasi huruf, angka dan symbol
  • Aktifkan verifikasi 2 langkah agar akun kamu lebih aman. 
  • Jika kesulitan mengingat banyak password yang kamu gunakan untuk berbagai macam platform, kamu bisa menggunakan password manager.
Demikian artikel tentang 6 Cara Mengecek Kebocoran Data Pribadi di Internet saya tulis. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengecek Kebocoran Data Pribadi di Internet"

Berlangganan via Email