Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Logo PT KAI (Kereta Api Indonesia) dari Masa ke Masa

Inilah Logo PT KAI (Kereta Api Indonesia) dari Masa ke Masa

Logo Kereta Api terbaru diumumkan pada momentum HUT KAI ke 75 pada tanggal 28 September 2020. Ada yang sudah lihat logo terbaru Kereta Api Indonesia?
75 tahun perjaIanan Kereta Api Indonesia sebagai salah satu tulang punggung transportasi massal di Indonesia telah bertransformasi melalui beragam masa. Logo perusahaan adalah salah satu saksi transformasinya. Yuk kita lihat logo Kereta Api Indonesia dari masa ke masa. 

Logo Era Tahun 1953 - 1988

Logo ini mungkin masih sangat diingat oleh Kakek, Nenek atau Orang Tua kalian, karena dipakai dalam kurun waktu yang cukup panjang yakni 35 Tahun. 

Salah satu logo pertama dan paling ikonik yang pernah dipakai, menggambarkan Roda dengan sayap kembar berjumlah 5 helai dan ditempatkan di Lokomotif CC 200 tahun 1953, yang merupakan lokomotif modern pertama di Indonesia. Logo ini dipakai saat perusahaan bernama Djawatan Kereta Api (DKA), Perusahaan Nasional Kereta Api (PNKA) dan Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJ KA). 

Logo Era Tahun 1988 - 1990

Tahun 1988 perusahaan berganti logo. saat bernama PJKA logo menjadi bentuk segilima dengan warna biru. Jika dilihat logo ini memiliki tulisan dengan huruf "KA" yang merupakan akronim dari Kereta Api yang dibentuk dari roda boogie kereta Api. 

logo pt kai kereta api indonesia dari masa ke masa

Logo Era Tahun 1991 - 2011

Nah ini juga salah satu logo perusahaan yang juga Iegendaris nih. siapa yang masa kecilnya masih melihat logo ini dipakai oleh kereta api? Logo ini dipakai saat peresmian perusahaan menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (PERUMKA) pada 2 Januari 1991 logo dipertahankan saat perusahaan berubah menjadi PT Kereta Api (PT. KA). 

Logo ini berbentuk sepertu huruf Z atau angka 2, namun sebenarnya logo berupa jajar genjang berwarna oranye yang di dalamnya terdapat siluet dua kereta cepat berujung runcing yang menggambarkan arah bolak-balik kereta api dan juga simbol pelayanan kereta api yaitu "memberi dan menerima", di bawahnya tertulis "KERETAPI". 

Logo Era Tahun 2011 - 2020

Bertepatan dengan Ulang Tahun yang ke-66 tanggal 28 September 2011. PT KAI meluncurkan logo baru setelah sebelumnya mengadakan kontes logo terbuka. Logo tersebut merupakan karya dari Farid Stevy Asta. 

Logo berbentuk Garis melengkung dengan fiIosofi melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya. Anak panah melambangkan Nilai Integritas yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima. Sementara warna Orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. 

Logo KAI Tahun 2020 (Saat Ini)

Dalam momentum HUT KAI Yang ke 75 pada tanggal 28 September 2020 lalu, KAI mengumumkan logo baru perusahaan. Melalui logo baru ini diharapkan memberikan spirit baru bagi Kereta Api Indonesia untuk mewujudkan visi berlandaskan pada nilai-nilai utama yang baru yaitu AKHLAK: Amanah, Kompeten, Harmonis. Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. 

Logo baru KAI ini terinspirasi dari bentuk rel kereta yang digambarkan dengan garis menyambung ke atas pada huruf A. KAI diharapkan terus maju dan menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik yang terintegrasi, terpercaya, bersinergi, dan kelak dapat menghubungkan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. 

Dengan menggunakan typeface italic yang dinamis dan modifikasi pada huruf A menggambarkan karakter KAI yaitu progresif, berpikiran terbuka, dan terpercaya. Grafik yang tegas namun ramah dengan perbedaan warna pada huruf diharapkan dapat mencerminkan hubungan yang harmonis dan kompeten antara KAI dan seluruh pemangku kepentingan. Sementara perpaduan antara warna biru tua yang menunjukkan stabilitas. profesionalisme, amanah, dan kepercayaan diri, yang ditambah dengan aksen warna oranye yang menunjukkan antusiasme, kreativitas, tekad, kesuksesan, dan kebahagiaan. 

Nah itu tadi adalah perjalanan logo perusahaan PT. Kereta Api Indonesia dari masa ke masa. sebuah logo mencerminkan identitas, visi dan misi  perusahaan yang terhubung dengan semangat melayani pelanggan Kereta Api. 

Posting Komentar untuk "Inilah Logo PT KAI (Kereta Api Indonesia) dari Masa ke Masa"