Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Monetisasi Channel YouTube Agar Menghasilkan Uang

Panduan cara memonetize channel youtube agar menghasilkan uang

Bagaimana cara agar channel YouTube bisa menghasilkan uang? Ini salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pemilik channel YouTube. Untuk menghasilkan uang melalui YouTube sebenarnya ada beragam cara, salah satunya melalui monetisasi channel dengan Google Adsense. 

Langkah untuk memulai menghasilkan uang di channel YouTube dengan Google Adsense inilah yang akan saya tuliskan di artikel ini. Artikel mungkin hanya singkat, kalau saya tuliskan semua langkah mungkin tidak akan cukup dengan satu artikel. Langkah lainnya mungkin akan saya tuliskan di lain kesempatan 

Namun, jangan berkecil hati, jika kamu ingin mendapatkan semua materi tentang cara menghasilkan uang melalui channel YouTube, kamu bisa mengikuti e course berikut

Di e course ini kamu akan diajarkan step by step agar menghasilkan uang dari channel Youtube mulai dari nol

Kembali ke bahasan awal, untuk menghasilkan uang di YouTube melalui Google Adsense setidaknya ada empat syarat  yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Memiliki 1.000 subscriber 
  • Memiliki 4.000 jam tayang selama 12 bulan terakhir
  • Mematuhi kebijakan dan pedoman YouTube
  • Menyiapkan akun AdSense

Persyaratan Program Mitra YouTube

Untuk dapat bergabung dalam Program Mitra YouTube, atau singkatnya YPP, kamu harus memenuhi keempat persyaratan sebelum channel diterima. 

Persayaratan pertama adalah memiliki 1.000 subscriber. Yang satu ini cukup mudah, tidak peduli berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mendapatkan 1.000 subscriber, setelah kamu mencapainya berarti kamu telah mencapai persyaratan ini

Selain 1.000 subscriber, kamu juga memerlukan 4.000 jam waktu tonton di video kamu selama 12 bulan terakhir. Saya tegaskan sekali lagi ya, 4.000 jam waktu tonton 12 bulan terakhir. Jadi sangat mungkin saat berganti bulan, jumlah jam waktu tonton ini akan berkurang jika di bulan terakhir tidak ada peningkatan.

Saat kamu cek, bisa saja channel memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton sepanjang waktu, namun sekali lagi hanya 12 bulan terakhir yang dihitung untuk persyaratan Program Mitra YouTube. Terkait ini seringkali saya temui pertanyaan, koq jam waktu tonton saya berkurang ya? 

Beberapa hal lain terkait jam waktu tonton yang perlu kamu perhatikan:

  • Siaran langsung diperhitungkan dalam total jam waktu tonton. 
  • Video tidak publik juga diperhitungkan dalam total jam waktu tonton. 
  • Menghapus video akan mengurangi jam waktu tonton

Kira-kira channel saya kurang berapa subscriber dan jam waktu tonton ya? Untuk mengetahuinya kamu mengeceknya secara langsung lewat akun kamu 

Caranya setelah login, klik logo kamu di pojok kanan atas halaman YouTube, lalu mklik YouTube Studio. Di layar ini akan ditampilkan semua analisis channel kamu, untuk memeriksa kemajuan monetisasi dengan cepat, arahkan mouse kamu ke menu bagian kiri, lalu klik "Monetisasi". Pada layar ini, kamu akan melihat kotak monetisasi, dan kamu dapat langsung mengetahui dengan tepat posisi kamu saat ini dengan subscriber dan jam waktu tonton.

Mengikuti Aturan YouTube untuk Monetisasi

Jika ingin memonetisasi channel, kamu harus memastikan bahwa channel mematuhi aturan Youtube, seperti yang dinyatakan YouTube:

Saat Anda mendaftar untuk Program Mitra YouTube, Anda akan melalui proses peninjauan standar untuk melihat apakah channel Anda memenuhi kebijakan dan pedoman YouTube. Hanya channel yang sesuai dengan mereka yang akan diterima dalam program ini.

Tidak hanya saat mendaftar saja, namun YouTube terus-menerus memeriksa channel untuk melihat apakah channel tersebut terus memenuhi kebijakan dan pedoman YouTube. Kebijakan dan pedoman ini sangat komprehensif, mengingat semua kesulitan yang dialami YouTube dalam menemukan keseimbangan yang tepat antara pembuat, pemirsa, dan pengiklan. Silakan pelajari semua aturan yang ada terlebih dahulu sebelum kamu memonetisasi channel 

Hak Cipta dan Kebijakan Monetisasi di YouTube

Di antara kebijakan dan pedoman YouTube yang lain adalah materi berhak cipta. Youtube sangat melindungi konten seseorang, pastikan video yang kamu buat tidak mengandung konten hak cipta orang lain, semisal lagu, video atau hal lainnya yang mempunyai hak cipta. 

Jika kamu melanggar, Youtube memberikan notifikasi dan saran terkait pelanggaran yang kamu lakukan. Pelanggaran yang terus menerus dilakukan dapat mengakibatkan channel kamu didemonetisasi

Semangat kebijakan ini adalah untuk memastikan bahwa YouTube memberikan insentif pada konten unik dan asli ke dalam Program Mitra YouTube, dan bahwa YouTube melindungi dan memberi penghargaan kepada pembuat konten yang bekerja keras pada konten asli.

Sekarang, coba kamu bayangkan. Kamu menghabiskan waktu berhari-hari, berjam-jam untuk membuat sebuah konten lalu menjadi viral di YouTube. Kemudian ada orang mencuri konten kamu, mengunggahnya, hingga menghasilkan ratusan ribu penayangan, dan akhirnya mendapat untung besar darinya. Bagaimana perasaan kamu jika hal itu terjadi? Itulah yang coba dilindungi YouTube - konten asli dari pembuat video.

Pada akhirnya, YouTube adalah penjaga gerbang. Mereka memegang semua kunci. kamu berada di tanah sewaan, dan jika kamu memamerkan peraturan ini, dan melanggarnya, maka jangan kaget saat YouTube mengejar kamu.

Menautkan Akun Google Adsense dengan channel YouTube

Jika ingin menghasilkan uang dari channel Youtube, kamu harus memilik akun Adsense. Bagaimana cara untuk memilikinya? Silakan cari di search engine, sudah cukup banyak artikel yang membahas tentang ini. Kamu dapat menghubungkan beberapa channel ke satu akun AdSense, dan jika kamu belum memiliki akun AdSense, kamu dapat menyiapkannya selama proses aplikasi Program Mitra YouTube.

Mendaftar ke Program Mitra YouTube

Sekali lagi, untuk dapat menghasilkan uang dari channel YouTube kamu harus memenuhi persyaratan:

  • 1.000 subscriber di channel YouTube kamu
  • 4.000 jam waktu tonton di video kamu selama 12 bulan terakhir
  • Mematuhi semua kebijakan dan pedoman YouTube
  • Menyiapkan akun AdSense

Saat kamu mendaftarkan channel mungkin diperlukan waktu hingga satu bulan bagi YouTube untuk membuat keputusan. Hal itu karena peninjauan channel dilakukan secara manual. Beberapa channel bisa saja disetutujui dalam beberapa hari. Namun, jika memang membutuhkan waktu lebih dari sebulan, maka channel kamu biasanya akan ditinjau lebih lama. 

Ditolak dari Program Mitra YouTube: Langkah Berikutnya?

Jika kamu sudah mendaftar untuk Program Mitra YouTube, namun ditolak. Apa yang bisa dilakukan?

Jika kamu ditolak dari Program Mitra YouTube, YouTube akan memberi kamu alasan umum mengapa. Sayangnya, mereka tidak akan memberi tahu kamu secara spesifik video atau konten mana yang menyebabkan masalah, jadi kamu mungkin dibiarkan menyesuaikan channel secara membabi buta. Setelah memperbaiki masalah yang ada, kamu dapat mendaftar kembali untuk program ini dalam waktu 30 hari.

Hal yang paling mudah untuk menemukan masalah adalah jika menurut kamu ada video yang melanggar pedoman komunitas dan kebijakan, kamu perlu menyesuaikannya. Jika ada video yang memiliki konten hak cipta di dalamnya, maka itu mungkin juga menyebabkan masalah dengan YouTube, jadi kamu harus menghapusnya.

Posting Komentar untuk "Cara Monetisasi Channel YouTube Agar Menghasilkan Uang"