Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Melihat Waktu Yang Dihabiskan Untuk Membuka Facebook

Berapa lama waktu yang kamu habiskan setiap hari untuk membuka facebook? pernahkah selama ini kamu menghitung? Jangan-jangan selama ini kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk facebook daripada aktifitas yang lebih produktif.

Facebook telah merilis fitur 'Your Time on Facebook / Waktu Anda di Facebook', fitur ini memungkinkan Kamu melihat berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk membuka aplikasi facebook. Fitur ini layaknya 'Your Time' di Instagram yang telah lebih dulu diluncurkan

Selain dapat melihat banyaknya waktu yang kamu habiskan di facebook, fitur ini juga dapat kamu gunakan untuk mengontrol waktu penggunaan. Saat ini fitur 'Waktu Anda di Facebook' hanya tersedia di Facebook versi aplikasi mobile saja, tidak bisa ditemui di versi web.

Nah, bagaimana cara melihat waktu yang dihabiskan dan mengatur lama penggunaan facebook tersebut? Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka aplikasi facebook di perangkat kamu
2. Pada tampilan awal aplikasi, tekan opsi menu hamburger (tiga garis horizontal di kanan atas)
3. Geser ke bawah pilih 'Settings & Privacy / Pengaturan & Privasi' dan klik menu 'Your time on Facebook / Waktu Anda di Facebook'


                                   Alt Text!
 
4. Akan tampil 3 menu, yaitu Waktu per Hari, Kelola Waktu Anda dan Kelola Notifikasi Anda. 

5. Pada bagian 'Waktu per Hari' kamu dapat melihat graffik yang menunjukan berapa durasi pemakaian aplikasi facebook dalam sepekan. Tertulis juga keterangan 'Anda menghabiskan rata-rata ... jam ... menit perhari menggunakan aplikasi Facebook pada perangkat ini minggu lalu.


Perlu Kamu ingat, penggunaan hanya dihitung dari satu perangkat saja, artinya tidak bisa diakumulasikan secara otomatis dengan durasi penggunaan Facebook di perangkat lain. 

6. Pada bagian 'Kelola Waktu Anda' kamu dapat membatasi penggunaan aplikasi facebook dengan cara pilih 'Setel Pengingat Harian', atur waktu yang kamu inginkan kemudian klik 'Setel Pengingat'. Ketika mencapai batasnya, aplikasi pun tidak akan bisa diakses.


Alt Text! 
Namun demikian untuk memblokir akses Facebook, kamu harus memiliki fitur Screen Time di iOS versi 12 atau Digital Wellbeing di Android Pie 9.0 pada perangkat. Jika tidak memiliki, maka hanya akan muncul  pengingat 'Anda sudah menghabiskan waktu .... di Facebook'

Selain fitur pengingat waktu, di menu 'Preferensi Kabar Beranda' kamu juga bisa mengatur siapa yang kamu prioritaskan melihat postingannya, memilih kiriman oranglain yang ingin berhenti kamu lihat, terhubung kembali dengan orang yang berhenti kamu ikuti dan menyembunyikan aplikasi

7. Pada bagian 'Kelola Notifikasi Anda', kamu dapat mengatur notifikasi apa saja yang ingin kamu terima

Pembatasan waktu ini diluncurkan dengan maksud agar pengguna facebook bisa mengatur waktunya dalam menggunakan media sosial secara bijak dan tidak berdampak pada kesehatan mental.

Demikian artikel tentang Cara Melihat Waktu Yang Dihabiskan Saat Menggunakan Facebook. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Waktu Yang Dihabiskan Untuk Membuka Facebook"